Minum Whey Protein Tanpa Olahraga Apakah Efektif

Minum Whey Protein Tanpa Olahraga Apakah Efektif

Salah satu kebiasaan dari sebagian orang yang melakukan penambahan massa otot yaitu minum whey protein sesudah maupun sebelum berolahraga. Tetapi, bagaimana bila kamu minum whey protein tanpa berolahraga? Apakah hal tersebut mempunyai efek samping?

Nah, daripada membuat kamu semakin penasaran, berikut ini kami sudah rangkumkan ulasan mengenai efektifkah minum whey protein tanpa olahraga untuk kamu. Mari lihat ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga: 21 Contoh Makanan yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok Untuk Diet

Efektivitas Mengkonsumsi Whey Protein Tanpa Berolahraga 

Biasanya, manfaat utama dari minum whey protein yaitu guna membantu meningkatkan kekuatan dan massa otot. Hal tersebut sebab didalamnya ada kandungan leusin dan protein. Leusin merupakan asam amino yang berguna untuk membantu memperbaiki dan membangun otot. 

Tetapi, apakah mengkonsumsi whey protein tanpa berolahraga efektif untuk membentuk otot? 

Dilansir dari Healthline, whey protein terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan otot saat diminum pada saat, sebelum maupun setelah latihan. Karena, tahapan metabolisme protein otot bisa maksimal sesudah kamu melakukan latihan. 

Sehingga, jika kamu hanya mengkonsumsi whey protein tanpa perlu melakukan angkat beban dan mengelola makan yang bagus, bisa jadi otot akan susah untuk terbentuk. 

Efektivitas Diet Protein Tanpa Berolahraga 

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung protein merupakan sesuatu yang perlu dikonsumsi untuk kamu yang sedang menambah massa otot. Tetapi, kamu tidak bisa membuat otot semakin besar walaupun telah rajin mengkonsumsi protein ini. 

Meskipun begitu, ada salah satu metode yang banyak dilakukan untuk mengkonsumsi protein lebih banyak guna menurunkan berat badan. Kandungan ini bisa menjadikan kamu kenyang lebih lama dan bisa mengurangi rasa lapar sampai kebutuhan kalori yang masuk ke dalam tubuh hanya sedikit. Hal tersebut sebab protein bisa mempengaruhi rasa lapar, seperti GLP-1 dan ghrelin. 

Dilansir dari Live Science, ada sejumlah bukti yang memperlihatkan bila metode diet ini memang bisa membantu turunkan berat badan dengan cepat daripada diet rendah lemak. Walaupun begitu, belum ada kepastian mengenai tingkat kesuksesan dari cara yang satu ini untuk jangka panjang. Lalu, tidak semua orang memperoleh efek yang sama ketika melakukan diet protein ini.

Efek Samping Minum Whey Protein Terlalu Banyak 

Beberapa manfaat utama dari mengkonsumsi whey protein yaitu untuk meningkatkan asupan protein, menurunkan berat badan dan membantu pembentukan otot. Tidak hanya itu, manfaat lainnya yang bisa didapatkan untuk kesehatan yaitu menurunkan tekanan darah, meredakan stres dan menurunkan kadar gula darah. 

Walaupun begitu, tidak berarti kamu dapat minum whey protein secara berlebihan dan tidak sesuai dosis yang disarankan, serta tidak dibarengi dengan berolahraga. Dosis mengkonsumsi whey protein yang disarankan yaitu 1-2 sendok untuk satu hari atau kamu dapat mengikuti petunjuk yang tercantum pada kemasan. 

Berikut merupakan sejumlah resiko maupun efek samping masalah pencernaan yang bisa jadi terjadi bila terlalu banyak mengkonsumsi whey protein, diantaranya: 

  • Kram perut 
  • Nyeri perut 
  • Diare 
  • Perut kembung 
  • Mual 

Bukan hanya masalah pencernaan saja, minum whey protein secara berlebihan dengan jangka waktu yang lama bisa meningkatkan risiko efek samping yang lainnya, seperti: 

  • Terkena paparan kandungan logam berat 
  • Timbulnya jerawat 
  • Naiknya berat badan sebab asupan kalori yang berlebihan 

Pada dasarnya, minum whey protein tidak bisa sembarang. Khususnya jika kamu memiliki masalah kesehatan, seperti penyakit hati dan ginja. Ada baiknya menghindari atau melakukan sesi konsultasi langsung dengan para dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi susu whey protein. 

Baca Juga: Resep Protein Shake Sederhana yang Lezat dan Sehat

Cara Tepat Membentuk Massa Otot 

Rajin mengkonsumsi whey protein dan dibarengi dengan berolahraga secara rutin bisa membantu kamu untuk menambahkan massa otot. Supaya lebih maksimal lagi, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membentuk dan membangun massa otot dengan benar, seperti: 

1. Memperhatikan intensitas dan volume latihan 

Coba untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang dan volume yang tinggi. Volume merupakan jumlah set dan pengulangan, sementara intensitas merupakan jumlah berat beban yang kamu pilih. Misalnya, melakukan latihan beban dengan pengulangan sebanyak 10-15 kali dan beristirahat kurang dari 1 menit pada setiap set. 

2. Rutin latihan dan pilih yang tepat 

Demi menambah massa otot, manfaatkan latihan beban seperti bench press, deadlift, dan squat. Ketiga latihan tersebut bisa membangun massa dan kekuatan dalam tubuh. Lalu, lakukan olahraga atau latihan dengan rajib sebanyak tiga kali dalam seminggu. Ini merupakan sesi minimum guna memperoleh stimulus pembentukan otot. 

3. Atur pola makan 

Dengan mengatur pola makan pun dapat membantu meningkatkan massa otot. Jika kamu harus menurunkan asupan makanan, tetap penuhi kebutuhan protein dan kurangi mengkonsumsi makan tinggi karbohidrat dan lemak. Perhatikan makanan yang tinggi protein atau dapat mengkonsumsi susu whey protein. 

Selain itu, pilihlah makanan yang bernutrisi guna menghindari kurangnya kebutuhan mineral dan vitamin. Cara yang satu ini dijamin ampuh untuk kamu menambah massa otot dengan baik. 

4. Istirahat yang cukup 

Tidak lupa untuk istirahat dengan cukup. Hal tersebut sebab pembentukan, perbaikan dan pemulihan otot terjadi ketika kamu tidur atau beristirahat. Olahraga secara berlebihan juga bisa menghambat pembentukan sampai cedera otot. 
Itulah ulasan mengenai efektivitas minum whey protein tanpa olahraga yang harus kamu ketahui. Memang semua yang tidak seimbang pastinya tidak baik. Untuk itu, jika ingin berhasil untuk menambahkan massa otot, kamu harus menyimbangkan minum whey protein dengan berolahraga secara rutin, ya!

Baca Juga: 5 Resep Minuman Protein Untuk Tubuh Yang Makin Sehat

Belanja segala kebutuhan harian kamu di aplikasi Astro! Pesanan kamu akan diantar dalam waktu hitungan menit & Astro siap melayani kamu selama 24 jam penuh! Yuk belanja sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu