Tips Sehat Setelah Makan Gorengan, Biar Kolesterol Tetap Terjaga

Tips Sehat Setelah Makan Gorengan, Biar Kolesterol Tetap Terjaga

Tidak perlu khawatir jika kamu ingin memakan gorengan sebab terdapat tips sehat setelah makan gorengan yang bisa kamu coba. Memang benar jika gorengan menjadi jenis makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi secara berlebihan sebab mengandung banyak lemak, kolesterol dan minyak, tetapi makanan ini memiliki cita rasa yang lezat sehingga sayang bila dilewatkan begitu saja. 

Sekarang kamu bisa mengkonsumsi minuman yang bagus sesudah makan gorengan supaya efek buruknya bisa teratasi dengan benar. Selain itu, terdapat tips lainnya yang bisa kamu lakukan sesudah mengkonsumsi gorengan agar kolesterol tetap terjaga. Yuk, intip semua tipsnya berikut ini. 

Coba Tips Berikut untuk Jaga Kolesterol Sesudah Makan Gorengan 

Memang tidak mudah untuk menolak kehadiran makanan enak meskipun tidak sehat. Lantas, apa yang harus kamu lakukan sesudah makan gorengan? Sesudah mengkonsumsi gorengan, kamu bisa lakukan hal ini untuk membuang efek buruknya. 

1. Sarapan sehat  

Sarapan sehat dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat bisa membantu kamu untuk membuang lemak yang sudah masuk di dalam pencernaan karena telah mengkonsumsi gorengan. Selain itu, serat juga diyakini bisa menyerap zat racun dan melancarkan pembuangan zat sisa yang ada di sistem pencernaan sehingga tubuh menjadi lebih sehat. 

2. Olahraga 

Tidak hanya setelah makan gorengan saja kamu harus berolahraga. Namun, kamu harus berolahraga minimal 2 kali dalam seminggu untuk menjaga metabolisme tubuh. Sehingga tubuh bisa lebih mudah menetralisir zat berbahaya dari minyak dan lemak yang sudah kamu konsumsi sebelumnya. 

3. Konsumsi sayur dan buah 

Selain bisa dibuat menjadi smoothie atau jus, sayur dan buah juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Kamu bisa merebus sayur, membuat sup maupun lalapan sesudah mengkonsumsi gorengan sehingga bisa membantu tubuh untuk membuang zat yang tidak bagus di dalam tubuh kamu. 

Untuk buah-buahan, kamu bisa mengkonsumsi nya langsung, diolah menjadi sop buah, salad atau rujak yang menggugah selera. Masih banyak cara lain yang bisa kamu coba untuk mengkonsumsi buah. 

4. Hindari tidur sesudah makan 

Tidur sesudah makan bisa menghambat kerja sistem pencernaan. Organ di dalam tubuh kamu akan rileks dan melambat ketika sedang tidur, tidak terkecuali sistem pencernaan. Hal tersebut bisa menjadikan tubuh kamu menyimpan zat racun lebih lama. 

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengatur waktu makan dan ngemil supaya tidak berdekatan dengan waktu tidur. Setidaknya 2 jam sebelum tidur, kamu tidak mengkonsumsi makanan apapun, termasuk makanan yang tinggi akan lemak, gula dan karbohidrat. Hal ini demi meringankan beban kerja pencernaan yang ada di dalam tubuh. 

5. Konsumsi air putih hangat 

Cara untuk menghilangkan minyak di tenggorokan sesudah makan gorengan yaitu dengan minum air putih hangat. Cara ini bisa membantu menghilangkan rasa kurang nyaman di tenggorokan karena minyak gorengan. Dengan minum air putih hangat juga bisa melarutkan minyak dan lemak serta memperlancar sistem pencernaan. 

6. Minum air lemon 

Air lemon sudah lama dikenal menjadi minuman untuk detoksifikasi dan juga kaya akan vitamin C. Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa peras setengah butir lemon dan campurkan dengan air hangat. Nah, kamu bisa langsung meminumnya. 

Air lemon hangat dianggap bisa membuang zat buruk dan lemak yang berasal dari minyak gorengan. Selain itu, kebutuhan vitamin C dalam tubuh juga menjadi terpenuhi. Apabila kamu tidak suka dengan rasa asamnya, maka bisa dicampurkan dengan madu supaya rasanya lebih nikmat. 

7. Teh hijau 

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang ampuh untuk meluruhkan lemak dan minyak. Selain itu, teh hijau juga tinggi akan antioksidan yang bisa membantu imunitas tubuh supaya lebih kuat dan bisa menangkal radikal bebas akibat mengkonsumsi gorengan. Untuk itu, kamu bisa meminum teh hijau sesudah mengkonsumsi gorengan. 

8. Minum air kelapa 

Air kelapa memiliki kandungan ion, mineral dan elektrolit sehingga bisa membantu memproduksi leptin lebih banyak. Leptin merupakan hormon yang mencegah obesitas, metabolisme tubuh dan reproduksi. Air kelapa juga bisa mencegah lemak dan minyak dari gorengan tertimbun di sistem pencernaan. 

Menjaga kesehatan dengan mengelola pola makan yang sehat sangat penting supaya tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Mengkonsumsi makanan cepat saji atau gorengan sah-sah saja kamu lakukan tetapi dalam jumlah yang cukup atau tidak berlebihan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi beberapa minuman di atas supaya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. 

Untuk mendapatkan lemon dan bahan-bahan lainnya, kamu bisa beli di Astro, lho! Astro merupakan aplikasi layanan belanja kebutuhan harian yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari berbagai produk yang dibutuhkan hanya dari rumah saja! 

Selain produknya lengkap, dengan menggunakan aplikasi ini kamu hanya perlu menunggu 15 menit saja hingga barang belanjaan sampai di rumah. Yuk, tunggu apalagi, unduh aplikasi Astro sekarang juga hanya di App Store dan Google Play Store!

Referensi:

What To Do After Eating Oily Food – 10 Ways To Recover From The Effects

What To Do After Eating A Lot Of Oily Food – 7 Ways To Recover From The Effects

Had Too Much Oily Food? Do This For Damage Control

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu