Tips Memulai Diet OCD Untuk Pemula

Tips Memulai Diet OCD Untuk Pemula

Bagi kamu yang hendak menjalankan diet untuk menurunkan berat badan, tentu banyak referensi yang bisa kamu ambil dan ikuti. Salah satunya adalah program diet OCD.

Diet OCD merupakan cara yang digunakan untuk diet. Sistem yang digunakan pada diet OCD adalah jendela makan atau seperti puasa. Agar kamu lebih mudah memahaminya, jendela makan yang dimaksud pada diet OCD adalah lamanya jangka waktu kamu saat kamu boleh makan.

Jangka waktu jendela makan bagi yang sedang menjalankan diet OCD cukup beragam. Bisa disesuaikan dengan keinginan saja, ada yang memiliki jendela makan 8 jam, ada jendela makan 6 jam dan ada yang hanya di 4 jam.

Diet bisa dikatakan sukses jika dijalankan dengan cara yang baik dan benar, khususnya untuk kamu yang memang akan menjalankan diet OCD. Diet OCD untuk pemula memiliki trik khusus supaya berjalan lancar dan hasil yang sukses. 

Jika kamu belum pernah menjalankan diet OCD sebelumnya, maka kamu perlu waspada. Alasannya adalah diet OCD dilakukan secara bertahap, tahapan itulah yang membutuhkan proses supaya tubuh kamu bisa memprosesnya dan menyesuaikan dengan diet OCD.

Makanan yang Harus Dikonsumsi Ketika Diet OCD Untuk Pemula

Tubuh yang sedang diet tentu saja harus memperhatikan pola makan dan asupan gizi yang akan dikonsumsi. Agar diet berjalan lancar dan sukses maka kamu juga harus memperhatikan gizi dan asupan nutrisi pada makanan yang akan kamu konsumsi selama masa diet OCD, khususnya kamu yang memang masih pemula.

Makanan yang wajib kamu konsumsi sebagai pemula saat sedang menjalankan diet OCD tentu saja harus makanan yang mampu memberikan energi pada tubuh kamu. Makanan yang menghasilkan energi berasal dari sumber karbohidrat.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang baik maka, tubuh kamu akan mengalami adanya proses metabolisme tubuh yang memang sangat diperlukan oleh tubuh. Metabolisme tubuh bisa berproses apabila tubuh kamu memiliki kandungan energi.

Selanjutnya tubuh kamu membutuhkan adanya nutrisi berupa protein yang nantinya berguna agar massa otot kamu tetap terjaga. Kamu bisa mendapatkannya dengan cara mengkonsumsi makanan dari sumber hewani atau daging, kemudian bisa mengkonsumsi tempe, telur dan tahu. Serta makanan yang mengandung protein lainnya.

Setelah itu, tubuh kamu juga sangat membutuhkan vitamin harian yang wajib terpenuhi. Kamu bisa mengkonsumsi buah dan sayur pada setiap kali kamu sedang makan makanan besar. 

Supaya kamu tidak mengalami kekurangan gizi dan vitamin, kamu juga bisa memenuhi vitamin harian dengan cara mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan.

Kunci terpenting pada setiap hal agar kamu tetap sehat adalah selalu meminum air mineral. Jika dalam masa diet OCD, kamu diperbolehkan minum air mineral sebanyak 1 hingga 2 gelas setiap jam pada saat masa puasa (diet OCD).

Apabila kamu sampai kekurangan, maka kamu hanya akan dehidrasi. Agar tubuh selalu dalam keadaan yang semangat dan tidak lemas, maka kamu juga harus menjalankan aktivitas kebugaran. Bisa dengan cara yang sederhana atau yang ringan-ringan saja.

Cara Diet OCD yang Benar Untuk Pemula

Setelah sudah mengetahui makanan apa saja dan kandungan apa saja yang harus kamu konsumsi selama kamu menjalankan diet OCD, sekarang adalah tahapan selanjutnya. Agar kamu bisa lebih jelas, berikut ini adalah diet OCD untuk pemula yang bisa kamu coba ikuti secara benar dan efektif.

Bagaimana tipsnya, mari simak dan yuk!

Jendela Makan 8 Jam 

Bagi kamu yang masih pemula, sangat disarankan menjalankan jendela makan 8 jam tersebut atau 16:8. Maksud dari poin pertama ini yakni kamu akan diperbolehkan makan selama delapan jam penuh kemudian berhenti lanjut puasa selama enam jam.

Menghitungnya selama 24 jam, jadi bisa dikatakan kamu boleh makan apa saja selama 8 jam dan dilanjutkan puasa selama 6 jam (hanya boleh air putih saja). Catatan khusus, kamu tidak boleh makan secara berlebihan.

Sebaiknya kamu coba terlebih dahulu selama kurang lebih jangka waktu dua minggu. Serta kamu harus mau melakukannya secara rajin dan teratur.

Jendela Makan 6 Jam

Jika dalam kurun waktu dua minggu berturut-turut dan teratur, kamu sudah mencoba diet OCD dengan jendela makan 6 jam atau 18:6. Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, bahwa bagi pemula harus menjalankan diet OCD dalam tahapan dan trik khusus agar tubuh mudah menyesuaikan dengan mudah.

Maka dari itu, kamu harus menjalankan diet OCD dengan jendela makan 8 jam terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu bisa coba untuk tahapan kedua yaitu jendela makan 6 jam. Kamu juga harus menjalankan diet OCD tahapan ini selama 2 minggu asalkan tetap teratur.

Sama halnya dengan diet sebelumnya, kamu bebas mengkonsumsi makanan apa saja dalam waktu enam jam. Selanjutnya kamu harus melanjutkan puasa dan tetap minum air mineral selama 18 jam ke depan.

Jendela Makan 4 Jam

Tahapan ketiga adalah jendela makan 4 jam yang bisa kamu lakukan setelah selesai menjalankan 2 minggu jendela makan 8 jam dan 2 minggu jendela makan 6 jam. Selanjutnya, kamu bisa coba tahapan yang satu ini adalah jendela makan 4 jam atau 20:4 selama 2 minggu.

Pada tahapan jendela makan ketiga ini, kamu akan memiliki jangka waktu jendela makan yang lebih singkat daripada sebelumnya. Kamu hanya boleh makan selama 4 jam kemudian dilanjutkan puasa, sama dengan dua tahapan sebelumnya.

Jika kamu merasa tidak kuat atau merasa diet tahapan ini tidak bisa efektif bagi tubuh, kamu bisa kembali ke cara seperti sebelumnya.

Demikian tips memulai diet OCD untuk pemula. Bagi kamu masih pemula dalam menjalankan program diet maka kamu harus hati-hati. Jika sampai tidak dijalani secara teratur dan sembarangan hanya akan membuat kondisi tubuhmu tidak sehat.

Jika kamu sedang menjalankan diet OCD, bisa langsung saja melakukan pemesanan dan beli segala macam kebutuhan bahan makanan sehat dan bergizi di Astro yang akan selalu siap melayani kamu dalam 24 jam non-stop. Pesanan kamu juga akan diantar dalam waktu singkat. Yuk! Download aplikasi Astro di Google Play Store atau App Store sekarang!

Referensi:

Ini Cara Diet OCD yang Benar dan Efektif untuk Pemula

Panduan dan Tahapan Diet OCD agar Aman untuk Tubuh

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu