Tips Lengkap Pola Makan Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Tips Lengkap Pola Makan Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Jika kamu ingin efektif menurunkan berat badan, pola makan diet sehat adalah solusi yang tepat. Diet dalam hal ini bukanlah mengurangi porsi makan secara berlebihan. Karena tubuh sendiri tetap membutuhkan asupan agar bisa menunjang aktivitas sehari-hari. 

Maka daripada itu, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan lebih baik berfokus pada pola makan untuk diet sehat. Ada beberapa tips yang bisa kamu jalankan agar program ini bisa berjalan dengan baik. Simak terus ulasannya di bawah ini, ya. 

Tips Pola Makan Diet Sehat, Dijamin Efektif Bikin Berat Badan Turun 

Memiliki bentuk tubuh yang ideal mungkin jadi impian banyak orang. Penting sekali untuk kamu yang ingin tubuh ideal dan bugar menjalani pola makan untuk diet sehat. Tentu saja, tidak mudah untuk melakukannya. Mengingat banyak sekali makanan lezat sekitar kita yang tidak bisa dilewatkan. Namun, jelas kamu harus mulai mengubah pola makan agar efektif menurunkan berat badan. 

Sebelum masuk ke tips untuk menjalankan pola makan diet sehat, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu beberapa hal. Salah satunya adalah asupan kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. 

Menurut data yang dirangkum oleh Kementerian Kesehatan RI, orang dewasa setidaknya membutuhkan asupan kalori sekitar 2.150 hingga 2.650 kal. Kebutuhan kalori ini bisa berbeda tergantung dari jenis kelamin serta usia. Namun, penting memang untuk memperhatikan berapa asupan kalori yang memang dibutuhkan. 

Dengan memahami asupan kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya, maka kamu bisa mulai menjalani pola makan untuk diet sehat yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus kamu jalankan: 

1. Jangan Menghindari Waktu Makan 

Tips pertama yang harus kamu jalankan adalah jangan pernah menghindari waktu makan. Kebanyakan orang akan melewatkan sarapan dan makan malam. Padahal kedua waktu makan tersebut sangatlah penting sekali. Sarapan adalah sumber energi yang kamu perlukan untuk dapat menjalani aktivitas. 

Dengan tetap sarapan, maka kamu akan mendapatkan asupan kalori yang cukup dan tidak akan lemas. Jelas hal paling utama adalah apa yang kamu makan. Mungkin kamu bisa memilih sarapan dengan jenis makanan yang lebih sehat. Misalnya sayur dan buah yang jelas mampu memberikan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh. 

Makan malam juga menjadi bagian penting yang juga tidak boleh dilewatkan. Makan malam yang sangat disarankan adalah 3 jam sebelum waktunya tidur. Dimana waktu yang terbaik adalah sekitar jam 18.30 hingga jam 19.00. 

2. Batasi Konsumsi Gula, Garam dan Lemak

Seperti yang dilansir dari Alodokter, ketika menjalankan pola makan untuk diet sehat lebih baik membatasi diri untuk mengkonsumsi gula, lemak dan garam. Kementerian Kesehatan RI pun telah memberikan saran jumlah konsumsi ketiga bahan tersebut, yaitu seperti berikut ini: 

  • Gula sekitar 50 gram dalam sehari atau 4 sendok makan. 
  • Garam 5 gram sehari atau 1 sendok teh.  
  • Lemak 67 gram dalam sehari atau 5 sendok makan. 

Dengan memperhatikan asupan gula, garam dan lemak, maka keinginan kamu untuk bisa mendapatkan tubuh yang ideal bisa tercapai. Tapi, memang sudah terbukti mengkonsumsi garam, gula dan lemak berlebih akan menyebabkan berbagai macam penyakit, dari diabetes, stroke, jantung dan lain sebagainya. 

3. Hindari Junk Food

Tips selanjutnya agar pola makan diet sehat bisa efektif menurunkan berat badan adalah dengan menghindari junk food atau makanan cepat saji. Hal ini sendiri karena kandungan kalori yang ada pada makanan cepat saji terbilang tinggi dan tidak sebanding dengan nilai gizi yang terkandung. Kebiasaan makan junk food bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada tubuh. Dimana jelas kamu juga akan sulit sekali menurunkan berat badan. 

4. Pilih Camilan Sehat 

Kebiasaan ngemil memang sudah jadi bagian dari kita. Terkadang kita ingin makan camilan yang memang terbilang lezat, misalnya gorengan, makanan kemasan dan lain sebagainya. Tapi, semua makanan tersebut tidaklah baik untuk kesehatan. Apalagi jika kamu ingin menjalankan pola makan untuk diet sehat. Makanan-makanan tersebut harus dihindari. 

Jika kamu ingin ngemil, lebih baik memilih camilan yang terbukti sehat. Ada banyak sekali camilan sehat yang bisa kamu pilih. Misalnya adalah dengan memakan buah-buahan segar di antara waktu makan, yoghurt, telur rebus dan lain sebagainya. Hal yang paling penting adalah tetap memperhatikan kalori yang masuk dalam tubuh.

5. Konsumsi Makanan yang Tinggi Serat 

Serat adalah jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dimana serat memang tidak mudah dicerna, tapi mampu memberikan energi kepada tubuh. Serat juga terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk pencernaan. Mengkonsumsi serat yang cukup akan membantu kamu terhindar dari gangguan pencernaan. 

Ada banyak jenis makanan yang mengandung serat tinggi, terutama pada buah dan sayur. Untuk buah sendiri contohnya seperti alpukat, buah beri, apel, nanas, pepaya dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk sayur contohnya adalah seledri, kangkung, bayam, wortel, kentang dan lain-lain. 

Dengan menjalankan tips di atas, maka kamu bisa menjaga pola makan diet sehat menurunkan berat badan yang efektif. Tapi, selain dari pola makan, kamu juga harus memperhatikan gaya hidup. Akan lebih efektif jika kamu tetap berolahraga, minum air putih yang cukup dan juga beristirahat dengan baik. 

Apabila kamu membutuhkan bahan makanan untuk mendukung pola makan diet sehat, maka bisa berbelanja di Astro. Kamu dapat berbelanja dengan cara online yang mudah, dimana Astro memberikan pengantaran selama 24 jam 7 hari. Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang! 

Referensi: 

Tips Pola Makan untuk Diet Sehat

25 Makanan Tinggi Serat yang Menyehatkan

22 Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan : Dampak Mematikan

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu