Tips Diet untuk Ibu Menyusui Agar Langsing dan Sehat, Sudah Pasti Aman

Tips Diet untuk Ibu Menyusui Agar Langsing dan Sehat, Sudah Pasti Aman

Ketika sedang hamil, pada umumnya ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan dan hal tersebut sangatlah normal. Kendati demikian, masih banyak ibu hamil atau ibu yang baru melahirkan tersebut tidak memiliki kepercayan diri yang kuat dengan adanya badan yang telah berubah menjadi tidak langsing seperti waktu sebelum menikah.

Hal tersebut tentu saja memicu keinginan bagi para mama muda untuk menjalankan diet atau program berupa menurunkan berat badan. Pasca melahirkan, tentu pada umumnya seorang ibu sedang dalam tahap menyusui. Secara umum, bayi yang baru saja dilahirkan dapat menyusu di saat 1 hingga 2 jam sekali di tiap saat. Sebab itulah maka payudara para ibu menyusui akan memicu adanya produksi ASI.

Saat ibu sedang dalam tahap menyusui, tidak disarankan untuk menjalankan diet yang ketat. Sebab, demi kebaikan sang buah hati maka sang ibu harus tetap mengkonsumsi makanan dan sumber yang bergizi dengan porsi yang tidak sedikit. 

Memang saat masih menyusui, ibu menyusui tidak dilarang menjalankan diet tetapi sangat tidak disarankan apabila harus menjalankan diet yang ketat. Ibu menyusui tidak boleh memangkas jam makan. Saatnya sarapan ya harus sarapan dan saatnya makan siang atau malam ya lakukanlah.

Ibu menyusui akan membutuhkan makanan yang mengandung banyak kandungan kalori dan nutrisi. Tentu semua demi nutrisi yang tercukupi demi sang buah hati tercinta dan juga untuk ibu menyusui. 

Sebagai ibu menyusui yang hendak menjalankan program diet dengan mengecilkan angka berat badan tentunya juga harus memperhatikan berbagai keamanan untuk diri dan juga keadaan sang buah hati. Terdapat tips diet untuk ibu menyusui agar langsing dan sehat. Kamu tidak boleh buru-buru menjalankan diet khususnya saat baru melahirkan

Lakukan ini untuk Diet Mengurangi Berat Badan Pasca Melahirkan

Ibu menyusui masih boleh diet untuk menurunkan berat badan. Namun, jangan hanya asal melakukannya tanpa memikirkan bagaimana akibatnya. Maka dari itu, jangan khawatir ibu-ibu, berikut ini ulasan dan panduannya mengenai hal-hal yang harus kamu perhatikan saat hendak melakukan diet pasca melahirkan dengan cara yang sehat dan keamanan yang terjamin.

  1. Pertama, kamu tidak boleh melewatkan waktu makan dengan sengaja. Saatnya makan harus makan, sarapan ya harus segera sarapan dan seterusnya.
  2. Kamu harus mengonsumsi makanan dengan takaran porsi yang sedikit dan dalam jangka waktu yang terus menerus atau sering.
  3. Lalu cobalah untuk menentukan camilan yang sehat. Contohnya macam-macam buah dan sayur. Selain itu kamu juga bisa menambahkan camilan seperti bahan dasar kacang-kacangan.
  4. Coba untuk tidak mengonsumsi minuman dengan kadar gula yang banyak dan berkalori. Contohnya pada jus, pada minuman seperti soda dan kopi dan juga teh yang mengandung banyak kadar gulanya.
  5. Kamu harus menjauhi makanan atau jangan mengonsumsi makanan yang gorengan dan kamu harus mencoba memilih makanan yang proses memasaknya dengan cara direbus, ditumis dan pilih juga masakan yang pengolahannya dengan cara dipanggang.
  6. Kemudian coba lebih banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat dan makanan yang memiliki kandungan protein yang besar.
  7. Kalau bisa jangan sampai terbiasa mengkonsumsi makanan siap saji.
  8. Kamu harus berusaha untuk selalu aktif dengan cara menggerakkan badan atau berolahraga. Lakukan olahraga yang memang tepat dan bagus untuk keadaan badan ibu menyusui.

Berdasarkan 8 hal di atas kamu sebagai ibu menyusui tentunya tidak perlu khawatir saat menjalankan program diet terutama saat masih dalam tahap menyusui. Dengan begitu kamu akan menjadi lebih hati-hati dan juga tidak akan terjebak dalam pemikiran yang bingung saat hendak mengurangi berat badan pasca melahirkan.

Jika mampu, coba lakukan perlahan dari tip-tips tersebut dan lakukan setiap hari dalam takaran yang konsisten. Tidak boleh berlebihan dan tidak boleh kekurangan. Ibu menyusui jangan sampai terlalu banyak kehilangan berat badannya.

Oleh karena itu, kamu harus tetap menjaga kesehatan selain olahraga juga harus menjaga pola makan yang sehat. Pola makan yang sehat juga harus diimbangi dengan mengonsumsi buah dan sayur yang bergizi dan memiliki banyak kandungan nutrisi agar gizi ibu menyusui dan buah hati tidak kekurangan.

Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting, maka akan lebih baik jika kamu menambah asupan gizi dengan mengonsumsi buah-buahan yang masih segar dan berkualitas bagus. Kamu tidak mungkin hanya asal membeli buah tanpa memikirkan bagaimana kualitas buahnya. 

Kamu bisa lakukan pembelian aneka macam buah-buahan yang segar dan memiliki kualitas buah yang berkualitas di aplikasi Astro. Astro memberikan pelayanan terbaik khususnya jika kamu membutuhkan produk buah-buahan, dijamin kesegaran dan kualitasnya terjamin baik. 

Selain itu kamu juga tidak perlu khawatir mengenai pesan antar, karena proses mengantar produk akan sampai dengan waktu yang singkat untuk sampai di depan rumah kamu dan kondisi buah yang masih segar sesuai pesanan dan bisa kamu lakukan pemesanan kapan saja sebab Astro selalu melayani dalam 24 jam non-stop.

Referensi:

Bolehkah Ibu Menyusui Melakukan Diet?

Sebelum Ibu Menyusui Diet Menurunkan Berat Badan, Ketahui Dulu 7 Aturan Pentingnya

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu