Tips Badan Berisi dan Sehat Agar Terlihat Ideal

Tips Badan Berisi dan Sehat Agar Terlihat Ideal

Salah satu penyebab kurangnya rasa percaya diri pada sebagian orang adalah bentuk badan yang tidak ideal. Misalnya terlalu gemuk atau terlalu kurus hingga cenderung terlihat seperti kekurangan gizi. Tapi, apapun alasannya, Anda perlu menjaga berat badan tetap normal agar tidak menyebabkan masalah kesehatan seperti anemia, masalah kesuburan, daya tahan tubuh lemah, hingga tulang rapuh.

Maka dari itu ketahui beberapa tips badan berisi dan sehat secara alami bila ingin memiliki berat badan ideal. Bukan Cuma sekedar menambah asupan makan, namun juga dilihat dari nilai gizinya dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing. Langkah pertama adalah menghitung indeks massa tubuh, jika menunjukkan hasil di bawah berat badan ideal maka coba perbaiki pola makan atau konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sehingga Anda dapat mengetahui cara tepat menambah berat badan yang aman.  

7 Tips Badan Berisi dan Sehat Agar Tampil Lebih Percaya Diri

Ada sebagian orang yang makan sedikit saja bisa menambah berat badan, dan ada juga yang sudah makan banyak namun tetap kurus. Mungkin disebabkan oleh kondisi metabolisme atau penyakit tertentu yang membuat tubuh tidak mengalami kenaikan berat seperti pada umumnya. Seperti:

  • Penyakit kanker stadium lanjut.
  • Gangguan pencernaan kolitis ulseratif dan Crohn.
  • Malabsorbsi makanan.
  • Diabetes dan hipertiroidisme.
  • Infeksi tuberkulosis dan HIV.
  • Kurang gizi.
  • Depresi dan stres.
  • Anoreksia nervosa.
  • Diet ekstrim.

Anda dapat mudah menambah berat badan jika kondisi penyakit di atas sembuh. Atau mencoba cara lain yang lebih aman dan sehat tentunya, seperti berikut ini.

1. Pilih Makanan yang Kaya Nutrisi

Makanan penambah berat badan harus mengandung lemak, protein, karbohidrat, dan gula alami. Tidak wajib yang tinggi kalori, asal bergizi seimbang. Seperti ikan, telur, tempe, tahu, daging tanpa kulit, kacang-kacangan, buah, dan sayur. Paling mudah ditemui adalah nasi, sumber karbohidrat yang memang berperan dalam kenaikan berat badan seseorang. Untuk jenis buah yang dapat dicoba ada pisang, kelapa, dan alpukat paling banyak mengandung lemak.

2. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga tentu tidak hanya membantu menurunkan berat badan namun juga saat ingin membuat badan lebih berisi. Lakukan secara rutin karena baik untuk menstimulasi nafsu makan. Anda bisa fokus pada latihan berorientasi kekuatan seperti angkat beban dan selingi kardio. Disarankan dalam satu minggu sebanyak 2-4 kali.

3. Makan Lebih Sering

Dikutip dari Mayo Clinic, menambah frekuensi makan dalam porsi kecil sepanjang hari adalah salah satu cara membuat badan berisi yang efektif bagi sebagian orang. Kalau biasanya 2-3 kali maka tingkatkan menjadi 5-6 kali makan. Tujuannya adalah memasukan lebih banyak kalori dari yang dibakar tubuh. Coba konsumsi kentang, roti gandum, oats, dan buah pisang sebagai sumber karbohidrat. Sementara lemak sehat dapat ditemukan dari ikan berlemak tinggi seperti tuna dan salmon, buah alpukat, atau produk olahan susu seperti keju dan yogurt.

4. Menjalani Pola Hidup Sehat

Tubuh bisa cepat berisi bila Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Mulai dari sekarang coba untuk menghindari makanan tinggi gula, kurangi makan makanan cepat saji, dan memastikan istirahat yang cukup setiap malam. Idealnya bagi orang dewasa adalah 7-9 jam setiap malam sehingga proses pembentukan jaringan tubuh berjalan lancar.

5. Makan Dulu Baru Minum

Minum sebelum makan biasanya dianjurkan untuk menekan nafsu makan berlebih bagi orang-orang yang sedang program penurunan berat badan. Tapi jika Anda ingin menambah berat, maka silahkan makan dulu baru minum. Hindari jenis minuman tinggi kalori seperti smoothies, kopi, jus, osda koktail, atau minuman berenergi, setidaknya 30 menit sebelum waktu makan tiba.  

6. Pilih Camilan Sehat

Anda dapat menambah berat badan dengan mengkonsumsi camilan sehat sebagai sumber kalori yang kaya nutrisi. Misal buah-buahan dan coklat hitam untuk menjaga perut tidak kosong. Sebaiknya hindari jenis camilan seperti gorengan yang mengandung kolesterol dan minyak tinggi. Kalau dikonsumsi dalam porsi besar tentu berisiko terhadap kesehatan jantung, diabetes, bahkan kanker.

7. Berhenti Merokok

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang berhenti merokok lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Itu karena kandungan nikotin yang mengacaukan kadar hormon tidak lagi membuat nafsu makan menurun. Kebiasaan merokok juga terbukti negatif karena beresiko meningkatkan penyakit mematikan. Anda harus lebih menyayangi diri sendiri dan peduli terhadap kesehatan orang sekitar dengan berhenti merokok.  

Setelah mengetahui tips badan berisi dan sehat di atas, Anda sudah tak perlu bingung untuk memulai dari mana. Ingat bahwa langkah terpenting adalah menjaga keseimbangan menu makanan kaya nutrisi yang sehat bagi tubuh. Tidak perlu repot mencari bahan makanan penambah berat badan satu persatu ke pasar atau supermarket karena semua tersedia di platform belanja online Astro. Yuk! Download aplikasi Astro yang sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Referensi:

Cara Menambah Berat Badan yang Cepat, Aman, dan Sehat

Cara Menggemukkan Badan secara Alami

How to Maintain a Healthy Body

Ways to Keep Your Body Healthy

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu