Resep Soto Madura Bisa Jadi Menu Favorit Untuk Buka Usaha Kuliner

Ada banyak menu makanan yang mempunyai ciri khas untuk dijadikan usaha kuliner, salah satunya yang bisa dipilih adalah Soto Madura. Soto yang berasal dari Madura ini memiliki rasa dan aroma yang khas dan berbeda dengan soto pada umumnya. Soto ini dijamin enak dan gurih cocok disantap saat siang dan malam hari. Bagi kamu yang tertarik untuk buka usaha satu ini, maka bisa mempelajari terlebih dahulu resep Soto Madura yang akan diulas selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Coba Resep Asinan Buah Saat Kumpul Bareng Teman Dijamin Segar Bikin Melek

Bahan-bahan untuk 4 Porsi:

Bahan Bumbu Halus

Bahan Pelengkap

Cara Memasak Soto Madura

1. Panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga terasa aroma harum.

2. Lalu tambahkan daun jeruk, serai, dan lengkuas untuk ditumis sampai matang kemudian sisihkan.

3. Selanjutnya rebus daging sapi dengan bumbu yang sebelumnya sudah ditumis kemudian dimasak sampai daging terasa empuk.

4. Masukkan garam, kecap manis, gula, dan kaldu sapi lalu aduk hingga benar-benar merata.

5. Kemudian masukkan potongan daging beserta telur ke mangkuk lalu siram dengan kuah soto yang sudah matang.

6. Sajikan soto Madura dengan bahan pelengkap.

Biasanya resep Soto Madura akan terasa lebih lengkap ketika menggunakan tambahan perasan air jeruk nipis sehingga aromanya lebih terasa nikmat. Selain menjadi bahan tambahan di Soto Madura, jeruk nipis tentunya memiliki khasiat untuk tubuh kamu. Khasiatnya juga terbukti cukup banyak mulai dari mencegah penyakit batu ginjal karena mengandung asam sitrat yang mampu mencegah terjadinya batu ginjal.

Selain itu, manfaat lainnnya adalah bisa membuat kulit kamu lebih sehat karena kaya vitamin C. Berdasarkan penelitian yang dilakukan The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi vitamin C berisiko rendah mengalami keriput bahkan kerutan halus. Kemudian jeruk nipis juga memiliki manfaat mampu mencegah anemia karena dengan adanya vitamin C maka bisa menyerap zat besi secara baik sehingga produksi sel darah merah tidak terganggu dan kamu bisa tidur dengan nyenyak semalaman.

Baca Juga: Rahasia Resep Bakwan Jagung Renyah & Empuk Anti Alot!

Satu lagi manfaat jeruk nipis adalah melancarkan pencernaan kamu karena ada zat yang bernama flavanoid. Zat ini berfungsi untuk merangsang keluarnya enzim-enzim pencernaan sehingga pergerakan di usus jadi lebih lancar. Melihat manfaat jeruk nipis yang cukup banyak maka banyak orang yang menggunakan jeruk nipis ketika makan soto. Maka itu bagi penjual Soto Madura tentunya jangan lupa menyediakan jeruk nipis untuk menambah cita rasa pada soto yang bisa dibeli melalui aplikasi Astro. Ada banyak stok jeruk nipis dan bahan masakan lainnya dijamin segar dan harganya bisa dijangkau banyak orang termasuk untuk kamu yang memiliki usaha kuliner, segera buka aplikasi Astro sekarang.

Arie Wahyu
Arie Wahyu