Resep Pudding yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Jika suasana dengan panas, terkadang memang nikmat rasanya memakan puding dingin. Puding mempunyai tekstur yang lembut dan dingin menjadi cemilan yang pas untuk kita semua. Dibandingkan membuat puding polos, kamu dapat  membuat varian puding lain yang lebih menarik. 

Saat ini sudah banyak resep puding yang mudah dibuat dan menggunakan bahan yang sederhana. Namun, kali ini kita akan membuat puding yang cocok untuk semua kalangan. Di bawah ini ada beberapa resep puding yang bisa kamu buat di rumah. 

Baca Juga: Ini Resep Brownies Kukus Anti Gagal

Berbagai Resep Puding Lezat yang Mudah Dibuat 

Bahan yang murah bukan berarti jika rasanya biasa saja. Tentunya kamu dapat mengejutkan semua orang jika membuat resep puding di bawah ini.

1. Puding brownies coklat 

Memang terlihat sangat klasik sekali untuk membuat puding coklat. Namun, semua orang pastinya tidak akan menolak untuk menyantapnya. Supaya tidak polosan, maka kamu dapat menyulap puding coklat biasa ini menjadi puding brownies coklat yang padat, namun tetap lembut. 

Tekstur dari puding yang satu ini mirip seperti kue sebab terdapat tambahan roti tawar didalamnya. Tidak hanya itu, rasa coklatnya pun sangat legit. Pastinya sangat lezat. Tidak perlu berlama-lama lagi, di bawah ini cara membuat puding brownies coklat. 

Bahan-bahan: 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Pudding kamu di ASTRO!

resep puding

Cara membuat: 

  • Hancurkan roti tawar yang telah dibuang pinggirannya dan masukan ke blender. Masukan 500 ml susu dan haluskan sampai merata. 
  • Siapkan panci dan masukan sisa susu, bubuk coklat, coklat batang, gula dan campuran susu dengan roti. Aduk menggunakan api kecil supaya tidak gampang gosong. 
  • Saat adonan mendidih, ambil 1 sendok agar-agar dan masukan dengan kuning telur. Kocok cepat dan masukan kocokan tersebut pada adonan. Aduk kembali sampai puding meletup-letup. 
  • Masukan adonan ke loyang dan diamkan sampai mengeras sedikit dan berikan taburan kacang mete di atasnya. Setelah puding tidak panas, masukan ke kulkas guna didinginkan. 
  • Potong sesuai selera mu dan hidangkan. 

2. Puding regal 3 lapis 

Belum lama ini, puding regal sedang hits di kalangan masyarakat Indonesia. Setelah itu, hampir seluruh toko roti menawarkan menu yang satu ini dan menjadi puding terfavorit hingga sekarang. 

Membuat puding redam ini memang sedikit membutuhkan waktu, tetapi bahannya mudah didapat dan terjangkau. Sebab resep ini untuk 1 loyang ukurang besar, kamu bisa memberikannya kepada teman-temanmu. 

Bahan-bahan untuk lapisan pertama: 

Bahan untuk lapisan kedua:  

Bahan untuk lapisan ketiga: 

Baca Juga: Belajar Membuat Kue Lapis Legit yang Sempurna dengan Resep Ini

Cara membuat: 

  • Tata regal di bagian bawang loyang puding. Atur regal dengan saling bertumpuk. 
  • Buat puding bening dengan memasak seluruh bahan untuk lapisan pertama hingga mendidih. Jangan berhenti aduk puding supaya tidak gosong. Masukan lapisan ini di atas regal. 
  • Lalu, buat lapisan kedua yang berisikan susu dan telur. Kocok kuning telur, mentega yang sudah dilelehkan, susu dan perasa menggunakan whisker. Sesudah itu sisihkan.
  • Masak puding, air dan gula hingga mendidih. Masukan ke dalam kocokan kuning telur dan kocok dengan cepat. Masak hingga mendidih. Masukan ke atas lapisan bening pada loyang. 
  • Masak seluruh bahan untuk lapisan ketiga hingga mendidih. Terus aduk agar tidak mudah gosong. Lalu, masukan di atas lapisan kuning telur. Biarkan hingga mencapai suhu ruang dan masukan ke kulkas hingga mengeras. 
  • Potong puding sesuai keinginanmu. Hidangkan. 

3. Puding buah mangga dengan vla 

Jika kamu pecinta mangga, maka wajib membuat puding mangga yang satu ini. Sebetulnya puding ini mirip seperti panna cotta, tetapi lebih murah dan mudah dibuat. 

Untuk resep ini, kamu bisa memakai Nutrisari rasa mangga. Sebab aromanya lebih manis dan wangi, sehingga kamu bisa menguranginya dengan memakai 3 bungkus saja. Jika memakai mangga biasa, ada baiknya kamu menggunakan 2 buah mangga ukuran sedang yang dihaluskan bersama 600 ml susu. 

Bahan-bahan puding: 

  Bahan vla: 

Cara membuat: 

  • Masukan seluruh bahan untuk mengolah puding mangga. Masak dengan api sedang hingga mendidih. Tidak lupa untuk aduk terus supaya tidak mudah gosong. Setelah mendidih, masukan pada cup puding. 
  • Cara membuat vla: masukan seluruh bahan pada panci, kecuali kuning telur. Masak hingga mendidih memakai api kecil. Setelah itu, ambil 1 sdm cairan, masukan di atas kuning telur dan kocok cepat. Masukan lagi ke panci dan aduk hingga mendidih. 
  • Masukan vla ke atas puding mangga dan masukan semua puding ke kulkas. Keluarkan puding ketika ingin disajikan saja. 

Baca Juga: 5 Resep Kue Lebaran Kekinian Ini Bikin Lidah Dimanjakan!

Nah, itu dia beberapa resep puding terpopuler yang simple dan mudah dibuat. Bagi kamu yang ingin mencoba resep di atas, demi semakin memudahkan mu, kamu dapat berbelanja bahan-bahan puding di aplikasi Astro, maka belanjaanmu akan tiba di rumah hanya hitungan menit saja. Yuk belanja di aplikasi Astro sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu