Ngantuk Saat Puasa? Ternyata 3 Hal Yang Jadi Penyebabnya!

Puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim pada bulan Ramadhan. Namun, tidak jarang puasa membuat seseorang merasa ngantuk dan lelah. Apalagi jika aktivitas yang dilakukan sehari-hari cukup padat, membuat tubuh semakin mudah mengantuk. Oleh karena itu, kita perlu tahu apa saja yang menjadi penyebab ngantuk saat puasa dan tips agar tidak mengantuk saat puasa.

Baca Juga: Tips & Trik Ramadhan Produktif: Lawan Mager Saat Puasa!

3 Hal Yang Jadi Penyebab Ngantuk Ketika Puasa

Kurangnya asupan cairan

Ketika berpuasa, kita tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam. Hal ini membuat tubuh kekurangan cairan, sehingga membuat kita merasa ngantuk dan lelah. Kekurangan cairan ketika puasa juga akan membuat kamu dehidrasi dan cepat merasa haus.

Tidak cukup istirahat

Aktivitas yang padat selama puasa dapat membuat kita kekurangan istirahat. Kondisi ini membuat tubuh semakin mudah mengantuk. Disamping. itu, kita juga akan merasa kurang fokus ketika beraktivitas

Makanan sahur yang salah

Makanan yang terlalu berat atau berlebihan dan kurang nutrisi dapat membuat tubuh semakin sulit mencerna makanan. Akibatnya, tubuh semakin kekurangan energi dan mudah merasa ngantuk. Disamping itu, kamu juga perlu memperhatikan nutrisi yang yang kamu konsumsi saat sahur, dari mulai, protein, karbohidrat hingga serat. Pastikan asupan nutrisi kamu ketika sahur bergizi seimbang, yah!

Tips Yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Mengantuk Saat Puasa

1. Konsumsi air putih yang cukup

Ketika berpuasa, tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu, kita perlu mengonsumsi air putih yang cukup ketika sahur agar tubuh tidak dehidrasi dan tetap segar.

2. Konsumsi makanan yang tepat dan bergizi seimbang

Makanan yang tepat dapat memberikan asupan gula dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari makanan yang terlalu berat dan tidak mudah dicerna.

3. Istirahat yang cukup

Agar tubuh tetap bugar selama puasa, kita perlu memberikan waktu istirahat yang cukup untuk tubuh. Jangan terlalu banyak mengeluarkan energi selama puasa. Kalau kamu sempat, kamu juga bisa melakukan power nap di siang hari selama 15-20 menit agar kamu kembali bugar

4. Lakukan aktivitas yang ringan

Ketika berpuasa, sebaiknya kita melakukan aktivitas yang ringan agar tubuh tidak terlalu lelah. Hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat seperti berolahraga terlalu intens agar energi kamu tetap terjaga dengan baik sepanjang hari.

5. Konsumsi kopi atau teh

Kopi atau teh mengandung kafein yang dapat membantu mengurangi rasa ngantuk dan membuat tubuh terasa lebih segar. Namun, konsumsi kopi atau teh tidak boleh berlebihan dan jangan dijadikan sebagai pengganti air putih karena justru akan membuat kamu sering merasa haus berlebih

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan kamu dapat tetap segar dan bugar selama puasa. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan tidak berlebihan dalam melakukan aktivitas selama puasa.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar tidak mengantuk saat puasa. Namun, selain mempersiapkan diri dengan baik, kamu juga perlu mempersiapkan kebutuhan puasa seperti makanan dan minuman yang tepat.

Baca Juga: Jangan Salah Waktu! Kenali Waktu yang Paling Tepat untuk Olahraga saat Puasa

Nah, untuk memudahkan persiapanmu selama puasa, kamu bisa menggunakan aplikasi Astro. Di dalam aplikasi Astro, kamu bisa menemukan berbagai macam kebutuhan puasa yang kamu butuhkan dengan gampang dan pengiriman yang cepat.

Tunggu apalagi? Yuk, segera download aplikasi Astro dan dapatkan kebutuhanmu untuk puasa dengan mudah dan cepat. Semoga puasamu kali ini menjadi lebih menyenangkan dan bermanfaat. Happy fasting!

Arie Wahyu
Arie Wahyu