6 Menu Sahur Ala Anak Kos Yang Lezat & Praktis, Patut Dicoba!

Pada bulan puasa, sahur merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Namun, bagi anak kos yang hidup sendiri di kota besar, mencari menu sahur yang enak dan murah bisa menjadi tantangan tersendiri. Karena pastinya kamu ingin menu sahur yang mengenyangkan tapi tidak bikin kantong jadi jebol, karena kalau kamu salah dalam memilih menu sahur, bisa jadi selama kamu berpuasa jadi tidak efektif karena merasa lemas dan kelaparan sepanjang hari. Oleh karena itu, dalam artikel ini, Astro akan memberikan beberapa ide menu sahur ala anak kos yang enak dan murah.

Baca Juga: 5 Resep Menu Buka Puasa Sederhana

Rekomendasi Menu Sahur Ala Anak Kos Yang Enak dan Murah

1. Nasi Goreng Sosis

Nasi goreng sosis merupakan salah satu menu sahur yang mudah dan cepat dibuat. Pertama, rebus sosis sebentar dan potong-potong. Selanjutnya, tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah hingga harum. Tambahkan nasi putih yang sudah matang, kecap manis, kecap asin, garam, dan merica. Aduk rata dan masukkan sosis yang sudah dipotong-potong. Tambahkan telur dadar yang sudah digoreng sebagai topping.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Menu Sahur kamu di ASTRO!

menu sahur anak kosan

2. Roti Telur

Roti telur merupakan menu sahur yang sangat mudah dan murah. Pertama, kocok dua butir telur bersama dengan garam dan merica. Celupkan roti ke dalam adonan telur hingga terbalut rata. Selanjutnya, goreng roti dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Sajikan dengan saus sambal atau mayones.

3. Martabak Omelet Mie

Kalau Kamu punya stok mie instan dan telur di kostan kamu, kamu bisa banget nih jadiin menu yang satu ini untuk santapan sahur kamu, cara buatnya pun gampang banget, tinggal rebus mie instan hingga matang lalu tiriskan, lalu kocok satu atau dua butir telur dan tambahkan bumbu mie instan hingga tercampur, setelah itu siapkan wajan panas yang sudah ditambahkan sedikit minyak goreng  dan masukan semua bahan kedalam penggorengan dan goreng hingga matang.

Baca Juga: 5 Menu Sahur Simpel Yang Lezat

4. Sup Sayur

Sup sayur juga bisa menjadi pilihan menu sahur yang sehat dan murah. Pertama, potong-potong sayuran seperti wortel, kentang, dan buncis. Selanjutnya, rebus sayuran dalam air hingga empuk. Tambahkan kaldu ayam bubuk, garam, dan merica sesuai selera. Aduk rata dan biarkan kuah mendidih. Sajikan sup sayur dengan potongan tomat dan seledri sebagai topping.

5. Oatmeal Topping Banana

Kalau kamu ingin menu sahur yang gak ribet dan mudah untuk dibuat serta membuat kamu kenyang lebih lama, menu yang satu ini bisa kamu jadikan andalan nih karena bahan yang dibutuhkan cuma pisang dan oats. Cara buatnya pun super gampang, kamu tinggal siapkan 5 sdm oats, lalu tambahkan air panas dan aduk-aduk hingga matang, setelah itu kamu bisa potong kecil – kecil pisang sesuai selera dan oats pisang siap dinikmati. Kamu juga bisa tambahkan sedikit gula atau susu kental manis untuk menambah kelezatan oatmeal kamu.

6. Banana Pancake

Masih ada satu lagi menu sahur ala anak kos yang enak dan murah yang menggunakan bahan dasar pisang, yaitu Banana Pancake!. Kamu tinggal siapkan 1 buah pisang matang yang dihaluskan,1 butir telur, tepung terigu, gula dan baking soda. 

Cara membuatnya pun sangat mudah! Pertama-tama, kocok telur hingga mengembang dan berbusa. Tambahkan pisang halus ke dalam adonan telur dan aduk rata. Kemudian, tambahkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan sejumput garam. Aduk rata hingga tercampur merata. Panaskan sedikit minyak di atas wajan anti lengket. Tuang adonan pancake secukupnya, lalu biarkan hingga bagian atasnya berbuih dan matang. Setelah itu, balik pancake dan biarkan bagian bawahnya matang. Ulangi proses ini hingga adonan pancake habis dan pancake kamu matang.

Baca Juga: 5 Resep Es Cincau Untuk Bikin Buka Puasa Jadi Tambah Nikmat

Nah, itulah beberapa menu sahur ala anak kos yang enak dan murah yang bisa kamu coba di kosan kamu. Selain mudah dan murah, menu-menu tersebut juga sangat mengenyangkan dan pastinya cocok untuk menemani kamu berpuasa. 

Oh iya, jika kamu ingin membeli pisang dengan kualitas terbaik dengan harga terbaik, coba deh cek produk Pisang Cavendish di aplikasi Astro. Di sana, kamu bisa mendapatkan pisang segar dan berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa belanja kebutuhan kamu  lainnya secara mudah di aplikasi Astro. Yuk, belanja sekarang juga!

Dapatkan Pisang Cavendish dengan Harga Terbaik Klik Banner untuk Belanja Sekarang!

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu