5 Manfaat Konsumsi Pisang Saat Sahur Agar Puasa Tetap Lancar

Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia, di mana mereka menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Dalam menjalankan puasa, sahur adalah waktu yang penting untuk memulai puasa seharian. Konsumsi makanan yang tepat di saat sahur sangat penting untuk memastikan energi yang cukup sepanjang hari. Kalau kamu sembarangan konsumsi makanan saat sahur, maka puasa kamu bisa jadi tidak efektif karena cepat lapar ataupun lemas.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, salah satu makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur adalah pisang. Pisang adalah buah yang mudah didapatkan, terjangkau, dan sangat kaya akan manfaat. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai manfaat dari konsumsi pisang saat sahur ketika puasa. Langsung aja yuk simak manfaat konsumsi buah yang satu ini saat sahur!

Berbagai Manfaat Penting Konsumsi Pisang Saat Sahur

1. Sebagai Sumber Energi Saat Puasa

Ketika kita berpuasa, tubuh kita membutuhkan energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Makan pisang di saat sahur dapat membantu tubuh kita untuk mendapatkan energi yang cukup dan menjaga stamina kita. Pisang mengandung karbohidrat kompleks yang dapat diubah menjadi energi secara bertahap dan stabil, sehingga membuat kita tetap merasa kenyang dan bertenaga selama berpuasa.

2. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Ketika kita berpuasa, tubuh kita dapat kehilangan cairan dan elektrolit yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Pisang mengandung elektrolit seperti kalium, magnesium, dan natrium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh kita. Konsumsi pisang saat sahur dapat membantu menghindari dehidrasi dan memastikan kesehatan tubuh kita tetap terjaga selama berpuasa.

3. Meningkatkan Mood

Siapa dari kalian yang selalu merasa mager dan moody-an ketika berpuasa? Kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan konsumsi pisang yang mengandung triptofan, salah satu zat yang dapat meningkatkan mood dan membuat kita merasa lebih bahagia. Konsumsi pisang saat sahur dapat membantu menjaga mood kita selama berpuasa dan menjaga mood kamu agar tidak mager ketika berpuasa.

4. Membuat Kamu Tetap Konsentrasi dan Fokus

Seringkali saat berpuasa kita merasa susah untuk fokus dalam aktivitas sehari – hari seperti bekerja atau belajar, kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi pisang karena buah ini mengandung vitamin B6 yang sangat baik untuk kesehatan otak kita. Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus, sehingga membuat kita lebih produktif dan efektif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Konsumsi pisang saat sahur dapat membantu menjaga konsentrasi dan fokus kita saat melakukan aktivitas keseharian selama berpuasa.

5. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Pisang mengandung zat besi yang sangat penting untuk produksi sel darah merah dalam tubuh kita. Konsumsi pisang saat sahur dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah resiko terkena anemia. Sehingga kamu tidak perlu khawatir kena anemia jika mengkonsumsi pisang saat sahur

Pisang adalah buah yang sangat kaya akan manfaat dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur ketika berpuasa. Jika kamu rajin konsumsi pisang saat sahur, maka nantinya kamu dapat beraktivitas dengan lancar tanpa terkendala ketika berpuasa. Pastikan kamu memilih jenis pisang yang berkualitas yah, seperti Pisang Cavendish Conventional yang bisa kamu dapatkan dengan harga terbaik hanya di aplikasi Astro. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung pesan sekarang lewat aplikasi Astro agar sahur kamu jadi lebih sempurna.

Dapatkan Pisang Cavendish dengan Harga Terbaik Klik Banner untuk Belanja Sekarang!

Referensi:

Simple Carbohydrates vs. Complex Carbohydrates

Bananas

5 Power Foods to Boost Your Mood

Do Bananas Improve Your Concentration?

Fruits for Anaemia: Load Up on these 6 Fruits to Boost Your Haemoglobin

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu