Makan Setelah Olahraga Untuk Diet, Pastikan Tahu Aturannya

Makan Setelah Olahraga Untuk Diet, Pastikan Tahu Aturannya

Apakah boleh makan setelah olahraga untuk diet? Mungkin beberapa dari kamu masih merasa kebingungan dan merasa ragu untuk langsung makan. Olahraga termasuk bagian yang utama jika sedang menjalani program diet, sehingga memberikan dampak yang baik dan mampu menurunkan berat badan yang optimal. 

Jika kamu tidak ingin ragu-ragu atas permasalahan tersebut, sebenarnya ada beberapa ketentuan yang menjadi pandangan untuk kamu apabila sedang menjalani penurunan berat badan. Apabila melihat penjelasan dari situs hellosehat.com, ada beberapa aturan yang perlu dilihat dan dipahami secara menyeluruh mengenai makan setelah olahraga, simak penjelasan lengkapnya. 

Aturan Makan Setelah Olahraga

Berdasarkan beberapa penjelasan yang ada, makan setelah olahraga memang tidak memberikan pengaruh apapun terhadap tubuh, terutama ketika sedang menjalani diet. Nah, untuk lebih mudah dalam memahaminya, maka ada beberapa aturan yang bisa kamu lihat. Aturannya, langkah yang paling tepat untuk kamu lakukan adalah setelah 45 menit sampai 1 jam selesai olahraga. 

Waktu yang ada tersebut termasuk yang paling ideal dan tepat, karena mampu dalam mengganti energi tubuh setelah melakukan aktivitas yang berat. Selain itu juga, berpengaruh dalam proses membangun massa otot dan membentuk jaringan baru lagi kedepannya.

Penelitian juga menyebutkan, makanan yang disarankan dengan karbohidrat tinggi, kaya akan protein, dan sedikit lemak. Hal tersebut bisa kamu dapatkan pada telur, daging rendah lemak, dada ayam, roti gandum, atau nasi. 

Rekomendasi Makan Diet Setelah Olahraga

Jika kamu sedang diet dan aktif olahraga untuk bisa mendapatkan hasil maksimal adalah memilih beberapa pilihan makan yang tepat. Menurut sumber dari sehatq.com, berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan yang bisa kamu coba, mari kita bahas selengkapnya. 

1. Roti Gandum 

Pilihan pertama yang bisa menjadi alternatif makanan yang bisa kamu coba adalah roti gandum. Kandungan serat yang tinggi dalam roti tersebut membuat kamu akan mendapatkan hasil optimal. Rasa kenyang dalam tubuh dan program diet tetap maksimal dilakukan. Selain itu, kandungan kadar gula dalam makanan tersebut terbilang rendah, sehingga bisa mengaturnya. 

Untuk menambah cita rasa yang lebih nikmat, mungkin kamu bisa juga menambahkannya dengan beberapa tambahan dengan telur, karena terdapat protein yang tinggi dan membuat kamu akan merasa kenyang dan bisa juga membentuk massa otot. 

2. Nasi Merah, Dada Ayam, dan Sayuran Segar

Beberapa kombinasi diatas dapat menjadi referensi yang menarik, nasi merah, dada ayam, dan sayuran yang segar bisa menjadi pilihan tepat, apalagi untuk kamu yang sedang diet. Semua kebutuhan dalam tubuh tetap tercukupi, mulai dari karbohidrat kompleks, vitamin D, dan protein yang tinggi, sehingga semuanya sangat lengkap dan membuat tubuh kamu dalam performa terbaik. 

Bukan hanya itu saja, beberapa kandungan vitamin dan mineral juga terdapat dalam makanan tersebut, sehingga benar-benar pas untuk kamu yang ingin mengembalikan energi ketika lapar habis olahraga dan panduan menu terbaik juga ketika sedang menjalani penurunan berat badan. 

3. Buah-Buahan Segar dan Yogurt

Buah-buahan memang dikenal pilihan paling aman untuk kamu makan setelah olahraga, apalagi jika kamu fokusnya untuk mendapatkan berat badan ideal. Ada banyak pilihan buah yang bisa kamu santap, terpenting yang memiliki kandungan zat gizi yang tinggi. Rekomendasi terbaik yang bisa dicoba adalah buah berry, buah pisang, buah alpukat, atau beberapa jenis lainnya. 

Buah tersebut memiliki kebutuhan penting bagi tubuh, karena terdapat karbohidrat dan antioksidan yang sangat sehat bagi tubuh. 

Lalu, kombinasikan juga dengan yoghurt, karena sebagai pendukung untuk meningkatkan protein dalam tubuh secara menyeluruh. Berdasarkan informasi yang ada, segelas yoghurt sendiri mengandung 20 gram protein, sehingga semua yang dibutuhkan oleh tubuh akan tercukupi secara maksimal. Menariknya lagi, apabila kamu konsumsi yogurt, tentunya kamu akan mendapatkan rasa segar dan meningkatkan mood. 

Melakukan makan setelah olahraga saat diet itu tidak menjadi persoalan, asal kamu memilih makanan yang tepat dan tidak mempengaruhi pencernaan nantinya. Beberapa menu diatas bisa menjadi pilihan menarik dan menguntungkan, semuanya sangat mudah juga kamu dapatkan. Dengan demikian, membuat kamu akan tetap mendapatkan energi terbaik dan memiliki badan yang ideal. 

Semua kebutuhan menu yang ada bisa juga kamu dapatkan secara langsung, melalui Astro sebagai penyedia bahan makanan berkualitas, mulai dari buah, sayur, dan daging yang lengkap. Tentunya dengan penawaran harga terjangkau dan praktis untuk mendapatkannya. Langsung saja download aplikasi Astro dan dapatkan promosi terbaik dari layanan yang tersedia. 

Referensi:

Makan Setelah Olahraga Beserta Manfaat dan Aturannya

Mana Lebih Baik: Makan Sebelum atau Setelah Olahraga?

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu