Ketahui Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil 

Pir adalah salah satu jenis buah yang sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini mempunyai rasa manis dan gurih, serta mempunyai tekstur yang sangat khas. Tidak hanya lezat, ternyata ada segudang manfaat buah pir untuk ibu hamil. 

Biasanya buah pir bisa dikonsumsi secara langsung sesudah dicuci, di buat menjadi rujak, salad buah, dicampur bersama yogurt sampai diolah menjadi smoothie atau jus. Sebelum kita mengetahui apa saja khasiat buah pir untuk ibu hamil, ada baiknya ketahui lebih dulu nutrisi yang terkandung dalam buah pir seperti berikut ini. 

Nutrisi Dalam Buah Pir 

Pada satu buah pir dengan ukuran sedang mempunyai kandungan sebanyak 120 ml air dan juga 85-100 kalori. Bukan hanya itu, pada satu buah pir juga mengandung berbagai macam nutrisi yang bagus untuk ibu hamil dan sang jabang bayi, diantaranya yaitu: 

  • Karbohidrat: 25-27 gram 
  • Serat: 6-6,5 gram  
  • Protein: 0,5-1 gram 
  • Vitamin C: 6,5 gram 
  • Kalium: 250 gram 
  • Vitamin K: 5 mg 

Buah pir pun mempunya kandungan mineral dan vitamin lain dengan jumlah yang sedikit seperti folat, vitamin B, vitamin A, magnesium, fosfor, kalsium dan tembaga. Selain itu, buah yang satu ini pun mempunyai kandungan antioksidan yang bagus untuk melawan bahaya dari radikal bebas. 

Khasiat Buah Pir untuk Ibu Hamil 

Sebab kandungan gizinya yang banyak, tidak heran bila ada banyak khasiat buah pir yang bisa didapatkan oleh ibu hamil. Di bawah ini ada sejumlah khasiat buah pir untuk semua itu hamil: 

1. Mencegah dan meredakan sembelit 

Sembelit adalah salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh para ibu hamil. Sembelit ketika hamil dapat disebabkan dari berbagai hal, mulai dari hormon yang berubah, rahim semakin membesar, jarang minum air putih, sampai kurangnya kebutuhan serat harian.  

Oleh sebab itu, ada cara guna mencegah dan meredakan sembelit yang dirasakan ibu hamil seperti dengan memakan asupan tinggi serat. Asupan tersebut dapat kamu peroleh dengan mengkonsumsi buah dan sayur, salah satunya yaitu buah pir. 

2. Meredakan gejala mual di pagi hari 

Buah pir mempunyai kandungan berbagai jenis vitamin B. Vitamin B3 berguna dalam melancarkan saluran cerna dan meringankan migrain, sementara vitamin B6 mempunyai peran penting untuk mendukung perkembangan sistem saraf dan fungsi otak bayi. 

Selain itu, kedua vitamin ini pun bisa meringankan muntah dan mual atau biasa dikenal dengan morning sickness saat masa kehamilan. 

3. Menghindari kram ketika hamil 

Keluhan kram kaki ini sangat umum terjadi pada ibu hamil mungkin disebabkan dari kurangnya mineral, yaitu magnesium dan kalium. Guna menghindari hal ini terjadi, ibu hamil harus mengkonsumsi banyak buah dan sayuran hijau seperti pir atau pisang yang mempunyai kandungan nutrisi tersebut. 

Kalium pun bisa menyeimbangkan cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh, sehingga organ dalam tubuh dapat berfungsi secara normal. Sedangkan, magnesium dalam pir mempunyai peran penting untuk memicu relaksasi otot sehingga para ibu hamil atau kamu tidak sering mengalami kram. 

4. Menguatkan kekebalan tubuh 

Vitamin C yang ada di dalam buah pir mempunyai peran menjadi antioksidan yang bisa menjaga kekebalan tubuh agar selalu kuat dan melindungi berbagai sel pada tubuh ibu hamil dan juga janinnya dari paparan radikal bebas yang berbahaya. 

Vitamin ini pun bagus guna membantu terserapnya zat besi, sehingga para ibu hamil terhindar dari anemia. Tidak hanya itu, kandungan zat tembaga dan vitamin C pada buah pir pun berguna untuk mendukung berkembangnya jaringan otot, tulang dan kulit pada janin dan ibu hamil. 

5. Mengurangi risiko bayi terlahir cacat 

Buah pir pun mempunyai kandungan folat yang bagus untuk tumbuh kembang janin pada rahim. Asam folat bagi ibu hamil bagus guna mendukung pertumbuhan sel darah merah dan sumsum tulang belakang serta perkembangan saraf otak janin. 

Dengan begitu, janin bisa terhindar dari berbagai resiko komplikasi kehamilan dan cacat tabung saraf. Tentunya semua ibu hamil tidak ingin sang jabang bayi terlahir dalam keadaan cacat. Untuk itu, perbanyak mengkonsumsi buah pir guna menghindari hal tersebut. 

6. Menekan dehidrasi ketika hamil 

Sering muntah atau sulit minum atau makan ketika hamil dapat menjadikan tubuh ibu hamil mudah dehidrasi atau kekurangan cairan. Demi mencegah dehidrasi, para ibu hamil dapat memperbanyak konsumsi air putih, makan dengan porsi sedikit tetapi sering, atau mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan air seperti buah pir ini. 

Sebelum mengkonsumsi buah berbentuk lonceng ini, kamu harus mencuci buah pir terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Supaya awet lebih lama, kamu harus juga dapat mencuci buah pir dan simpan pada tempat yang bersih dan masukan ke dalam kulkas. 

Biasakan untuk mencuci sayuran dan buah-buahan segar sebelum memakannya. Hal ini sebab sayuran dan buah-buahan yang kotor dapat memiliki bakteri yang bisa mengakibatkan ibu hamil keracunan makanan maupun parasit yang berbahaya dan bisa mengakibatkan penyakit toksoplasma. 

Untuk memperoleh seluruh khasiat buah pir bagi ibu hamil, kamu bisa mengkonsumsi buah pir dengan porsi yang cukup, yakni 1-2 buah setiap harinya. Tidak lupa pula untuk menjalani pola makan sehat dan bergizi. 

Demikianlah, ulasan mengenai manfaat buah pir untuk ibu hamil yang bisa kamu rasakan bila rajin mengkonsumsi buah pir ini. Kamu bisa dapatkan buah pir segar atau kebutuhan lainnya hanya di Astro. Belanja buah-buahan dan kebutuhan harian dengan cepat hanya dalam hitungan menit dengan Astro! Download aplikasinya di Google Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

Beragam Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *