Kenali Ciri Ciri Buah yang Segar, Harus Kamu Ketahui

Kenali Ciri Ciri Buah yang Segar, Harus Kamu Ketahui

Kamu tidak tahu cara memilih ciri-ciri buah yang segar? Memang, memilih buah yang matang dan segar cukup sulit, sebab bila salah memilih kamu akan mendapatkan buah dengan kualitas kurang bagus. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mulai mengenal cara memilih buah yang tepat. 

Apabila kamu memilihnya dengan benar, maka kamu bisa mendapatkan buah-buahan yang masih segar. Mulai saat ini bila ingin membeli buah-buahan, kamu bisa terapkan beberapa caranya berikut ini. 

Baca Juga: Daftar Buah yang Baik Untuk Lambung, Aman Untuk Penderita Asam Lambung

Ini Cara Memilih Buah dengan Kualitas Terbaik 

1. Pilih Buah Berwarna Cerah 

Cara pertama yang dapat kamu lakukan saat memilih buah yaitu dengan melihat warna buah tersebut. Karena, warna buah dapat menentukan tingkat kematangannya. Buah yang mulus dan berwarna cerah biasanya mempunyai kualitas terbaik. 

Sebaliknya, jangan memilih buah yang warnanya tua atau terlalu pucat. Biasanya buah dengan warna tersebut menandakan jika buah belum terlalu matang. Sementara buah yang warnanya sangat tua kemungkinan besar buah sudah mulai membusuk. 

2. Lihat bentuk dan ukuran buah 

Ciri-ciri buah yang masih segar selanjutnya yaitu kamu bisa lihat dari bentuknya. Biasanya pada waktu layak petik, buah memiliki ukuran maksimal dan bentuk yang sangat khas. Tidak hanya ukurannya saja, bentuk juga bisa menjadi tanda untuk menentukan kualitas dari tersebut. 

Buah yang masih bagus memiliki bentuk sesuai seperti bentuk normalnya. Buah tidak normal atau cacat memiliki rasa yang kurang lezat juga. Untuk itu, kamu harus memperhatikan hal ini dengan cermat. 

3. Periksa Kulit Buah 

Untuk mengetahui apakah buah tersebut sudah matang atau belum, maka kamu dapat lihat dari kulitnya. Buah segar umumnya mempunyai kualitas yang bagus. Sedangkan buah yang tidak bagus biasanya bisa dilihat dari kulitnya yang mulai berkerut, rusak dan lembek. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan buah-buahan segar dan sehat untuk kamu di ASTRO!

10 Buah Tropis Indonesia yang Penuh Nutrisi

4. Tekan Buah dan Lihat Teksturnya 

Sesudah melihat kulit dan warnanya, ciri-ciri buah yang masih segar selanjutnya yaitu kamu bisa melihat teksturnya. Coba tekan buah tersebut, biasanya buah yang sudah matang akan mempunyai tekstur yang empuk namun tidak lembek. 

Ada baiknya jangan memilih buah dengan tekstur yang masih keras sebab umumnya belum bisa kamu makan langsung atau masih mentah. 

5. Cium Aromanya 

Ciri-ciri buah segar yang perlu kamu ketahui berikutnya yaitu dengan mencium aroma nya. Buah yang berkualitas dan sudah matang biasanya mempunyai aroma segar dan manis. Sementara buah yang belum matang akan memiliki aroma sepat atau tidak mempunyai aroma sama sekali. 

Tidak hanya itu, kamu juga jangan memilih buah yang baunya menyengat dan asam sebab kemungkinan besar buah tersebut sudah busuk. Tentunya kamu tidak ingin membeli bunga yang sudah busuk, bukan? Untuk itu, kamu harus teliti saat mencium aroma buah tersebut. 

6. Kerapatan Duri dan Rambut 

Buah yang berduri atau berambut sudah bisa dipetik untuk dikonsumsi jika duri atau rambutnya sudah merenggang. Oleh karena itu, jika kamu membeli buah rambutan, durian atau nanas, kamu harus perhatikan kerapatan duri dan rambutnya untuk memastikan buah tersebut sudah matang. 

Jika kamu mendapati duri dan rambut dari buah tersebut masih rapat, maka ada baiknya untuk tidak memilih buah tersebut. Karena kemungkinan besar buah belum matang dan tidak bisa kamu konsumsi langsung. 

7. Periksa Kelopak Khusus Buah Naga

Jika kamu ingin membeli buah naga, sama dengan daun, ketika membeli buah yang satu ini pastikan juga kelopak yang ada di buah naga berwarna cerah dan tidak mempunyai tanda seperti warna kecoklatan, guna memastikan buah naga berkualitas bagus dan masih segar. 

Baca Juga: Rekomendasi 10 Buah Paling Sehat untuk Kamu Konsumsi, Sehat & Enak!

8. Lihat Letak Biji Alpukat 

Ciri-ciri buah alpukat yang sudah matang berikutnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan melihat letak biji nya. Tentu kamu akan bingung bagaimana cara nya melakukan cara ini saat alpukat belum kamu belah, bukan? Cara ini sebenarnya merupakan cara lama atau tradisional yang biasa dipakai saat memilih alpukat

Biji buah yang telah matang umumnya mudah terlepas dari daging buahnya. Oleh karena itu, kamu bisa goyangkan alpukat dan simak pantulan bijinya. Biji yang telah matang pada umumnya tidak menempel di daging alpukat sehingga bisa terdengar bunyi pantulan jika digoyangkan.

Lalu, biasanya alpukat yang sudah matang lebih ringan daripada alpukat yang masih mentah. 

9. Perhatikan Bagian Bawah Alpukat 

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan guna memastikan kembali alpukat yang kamu beli tersebut sudah matang yaitu dengan melihat bagian bawah alpukat, yang mana menjadi tempat tumbuhnya batang alpukat. Bila tempat tersebut berwarna hijau, maka alpukat telah matang. Sementara bila berwarna kecoklatan berarti alpukat belum matang. 

10. Dengarkan Bunyi Ketukan 

Untuk mengetahui ciri-ciri buah yang masih segar, kamu dapat mengetahuinya dengan mengetuk buah tersebut. Bunyi yang keluar tersebut dapat menjadi tanda untuk menentukan kematangan dari buah. Melon dan semangka merupakan dua buah yang dapat ditentukan kematangannya melalui ketukan. 

Keduanya, bila diketuk dengan jari dan mengeluarkan bunyi yang nyaring, biasanya buah tersebut masih mentah. Melon dan semangka yang matang, bila diketuk menggunakan jari, maka bunyi yang keluar seperti tepukan di dada. Adapun bila bunyi terlalu kecil, berarti kemungkinan besar buah tersebut terlalu matang dan akan segera membusuk. 

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Yuk, Jangan Lupa Konsumsi Buah-Buahan Ini!


Nah, itu tadi ulasan mengenai ciri-ciri buah yang segar, dengan membaca ulasan di atas semoga kamu dapat memilih buah dengan benar sehingga bisa memakan buah nya langsung tanpa harus menunggu lagi untuk buah tersebut matang dengan sempurna.

Buat kamu yang mau belanja buah segar dari rumah, kamu bisa andalkan aplikasi Astro. Astro menyediakan berbagai buah-buahan yang terjamin kesegarannya dengan komitmen Jaminan Segar. Buah-buahan yang kamu pesan di Astro, pasti terjamin kualitas dan kesegarannya sampai ke tangan kamu. Nggak hanya itu, kamu juga bisa menikmati layanan pengantaran Astro yang cepat dalam hitungan menit & waktu pelayanan selama 24 jam penuh. Tunggu apa lagi? Yuk belanja buah-buahan segar di aplikasi Astro sekarang!

Belanja aneka buah-buahan dengan Jaminan Segar dari Astro! Klik foto dibawah untuk belanja sekarang!

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu