7 Kegiatan Kreatif untuk Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kegiatan Kreatif untuk Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

Meningkatkan kreativitas anak nggak selalu harus dilakukan di luar rumah. Apalagi di masa sekarang, aktifitas luar rumah harus dibatasi demi kesehatan anak dan keluarga. Nggak perlu khawatir, karena banyak juga aktifitas yang bisa dilakukan di rumah untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi mereka.

Tahukah kamu? Bahwa menurut para ahli tingkat kreativitas dan imajinasi anak punya peranan sangat penting untuk pertumbuhan mereka. Sebuah studi dari University of North Carolina at Chapel Hill yang dikutip dari Futurity dan Psychcentral, mengatakan bahwa imajinasi anak dapat membantu mengatasi rasa sakit lebih baik, memberikan rasa percaya diri dan menambah kemampuan belajar anak.

Nah, maka dari itu penting banget buat kamu melakukan kegiatan kreatif untuk anak diluar waktu sekolah mereka. Sebelum masuk ke kegiatan yang bisa dilakukan anak, kamu juga harus tahu nih, bagaimana cara agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang kreatif:

Bagaimana Cara Agar Anak Kreatif?

Menurut situs Psychcentral, beberapa cara dari ahli berikut bisa membuat anak menjadi lebih kreatif:

  1. Memberikan ruang kreatif untuk anak

Memberikan ruangan khusus untuk anak bermain dan berkreasi sangatlah penting untuk membuat anak jadi kreatif. Berikan ruang khusus anak dengan mainan, tujuannya agar mereka memiliki rasa kekuasaan dalam ruangan khusus tersebut. 

  1. Sediakan mainan yang sederhana

Untuk membantu kreatifitas anak, kamu tidak perlu memberikan mainan terbaru dengan harga mahal. Cukup mainan sederhana yang bisa membantu menstimulasi kreativitas anak seperti Lego atau crafting kit.

  1. Memberikan kebebasan waktu bermain

Berikan kebebasan waktu bermain untuk anak, khususnya ketika mereka berada dirumah. Biarkan anak bermain sepuasnya tanpa jadwal. Namun, tetap atur waktu untuk beristirahat untuk makan atau tidur siang.

  1. Luangkan waktumu untuk bermain bersama anak

Karena anak-anak banyak mencontoh perilaku dari orang tuanya, maka kamu juga harus membimbing dan membantu mereka ketika mereka ingin membuat suatu prakarya. Hal ini juga jadi kesempatan yang baik untuk bonding dan bersenang-senang dengan anak.

Nah, setelah kamu tahu tips agar anak bisa jadi lebih kreatif, langsung aja berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk menunjang prosesnya:

7 Kegiatan Kreatif Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

1. Mewarnai

Kegiatan mewarnai bisa jadi andalan kamu untuk membuat anak menjadi kreatif. Kegiatan ini sangat simpel, kamu hanya perlu menyiapkan spidol warna atau krayon dan kertas pola mewarnai lalu biarkan anak menuangkan imajinasi mereka. Kemampuan motorik anak juga bisa terlatih ketika memegang spidol/krayon dan mewarnai kertas pola. 

2. Memasak

Kegiatan memasak bisa dilakukan bersama dengan anak juga lho! Disini anak bisa mengembangkan kreativitasnya. Contoh kegiatan memasak yang bisa dilakukan adalah memasak kue, disini kamu bisa membantu anak mengembangkan bentuk dari kue yang mereka inginkan.

3. Bermain Lilin Plastisin

Kegiatan kreatif berikutnya adalah bermain lilin plastisin. Mirip dengan kegiatan memasak, disini anak bisa bebas membuat bentuk yang mereka inginkan. Bermain plastisin juga dapat memperkuat tangan anak, karena proses pembentukan plastisin menjadi sebuah karakter atau bentuk yang mereka inginkan.

5. Membaca Buku

Membaca buku bisa jadi aktivitas yang punya banyak manfaat untuk anak. Seperti melatih anak membaca, belajar kosakata baru, hingga menambah daya kreatifitas mereka ketika membayangkan karakter dalam buku tersebut. Untuk kegiatan ini, perlu bagi kamu untuk mendampingi anak ya!

6. Role Play

Kegiatan Role Play atau bermain peran bisa jadi kegiatan lanjutan setelah membaca buku. Posisikan diri kamu dan anak menjadi tokoh dalam buku tersebut. Bermain peran sangat membantu kreatifitas anak saat mendalami sebuah peran dan menguji pemahaman anak akan tokoh yang mereka perankan. 

7. Membuat Prakarya

Terakhir, kamu bisa membuat prakarya bersama dengan anak. Prakarya jadi kegiatan yang sangat penting karena bisa meningkatkan kreatifitas dan melatih motorik anak saat membuat prakarya yang mereka imajinasikan. Kegiatan membuat prakarya membutuhkan beberapa peralatan pendukung. Kalau kamu nggak mau repot untuk mencari peralatan satu persatu, kamu bisa nih mencoba produk terbaru dari Astro yaitu Astro Art & Craft! Astro Art & Craft adalah satu set prakarya anak yang punya tiga tema berbeda. Mulai dari fishing game, popsicle craft dan princess accessories kit, jadi kamu tidak perlu ribet menentukan tema prakarya untuk sang anak.

Itulah dia beberapa aktivitas kreatif anak yang bisa dilakukan di rumah. Yuk! Ajak anak tersayang untuk melakukan aktivitas kreatif di atas dan dampingi mereka ketika berkegiatan bersama, karena sangat penting bagi proses tumbuh kembang mereka dan mempererat  hubungan kalian. Jika kamu membutuhkan peralatan prakarya untuk kegiatan anak di rumah, kamu bisa langsung pesan melalui aplikasi Astro yang siap mengantarkan selama 24 jam penuh! 

Klik link berikut untuk dapatkan produk Astro Art & Craft:

Astro Art & Craft DIY My Fishing Game

Astro Art & Craft DIY Popsicle Stick Craft

Astro Art & Craft DIY Princess Accessories Kit

Referensi:

9 Ways to Support Your Child’s Creativity

Imagination Helps Kids Cope With Pain

9 Kegiatan di Rumah untuk Asah Kreativitas Anak

Ide Kegiatan Kreatif untuk Anak TK

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu