Jangan Sampai Salah, Ini Cara Mengatur Pola Makan Diet Ketat

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Mengatur Pola Makan Diet Ketat

Ada beberapa cara mengatur pola makan diet ketat. Karena tidak sembarangan dan harus memperhatikan beberapa bagian agar mendapatkan bentuk badan yang ideal. Tetapi iming-iming untuk melakukan diet sehat, hasil yang didapatkan ternyata tidak efektif dan maksimal. Diet ketat harus diimbangi dengan beberapa bagian yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. 

Pada dasarnya melakukan diet itu lebih baik dilakukan secara bertahap dan dampaknya jauh lebih menyehatkan. Namun apabila kamu ingin melakukan diet sehat untuk beberapa keadaan, maka ada beberapa bagian yang harus dilihat. Dalam pelaksanaannya sendiri, diet ketat tidak dianjurkan untuk jangka waktu yang panjang, karena memiliki resiko. 

Panduan Melakukan Diet Ketat

Dilansir dari alodokter.com apabila melakukan diet ketat jika tidak dipahami secara menyeluruh menimbulkan banyak permasalahan pada kesehatan seseorang yang melakukannya. Apabila kamu tetap ingin melakukan diet ketat, berikut ini ada beberapa panduan yang bisa dilakukan. 

Rutin Melakukan Sarapan 

Meskipun kamu sedang menjalani program diet ketat, bukan berarti kamu harus mengabaikan sarapan dan tidak melakukan aktivitas tersebut. Sarapan disini sangat diperhatikan dan disarankan, karena tetap membantu memberikan asupan kepada tubuh yang telah banyak kehilangan energi selama tidur sepanjang malam tersebut. 

Sisi lainnya, apabila kamu tidak melakukan sarapan pada pagi hari, pengaruhnya juga sangat besar dan memilih konsumsi makanan yang tidak sehat dan biasanya porsi makan siang yang terlalu banyak atau berlebihan, sehingga harus benar-benar kamu perhatikan. 

Membatasi Asupan Karbohidrat 

Jika kamu sedang menjalani program diet sehat, maka langkah yang paling baik untuk kamu lakukan adalah membatasi dan mengurangi asupan karbohidrat yang harus dikonsumsi. Lebih baik mencari kandungan karbohidrat kompleks, karena kandungan yang didapatkan akan jauh lebih lambat untuk kamu cerna dan membuat tubuh kamu tidak mudah lapar nantinya. 

Hal menarik lainnya dari karbohidrat kompleks sendiri memiliki kandungan yang lebih besar dan kaya, terutama pada kandungan vitamin, serat, dan mineral. Untuk mendapatkan beberapa kandungan yang ada tersebut bisa kamu temukan pada beberapa makanan, mulai dari roti gandum, kentang, kacang polong, biji-bijian, ubi, jagung, dan labu. 

Variasikan Jenis Makanan 

Untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh ketika sedang melakukan diet sehat adalah memilih dan memvariasikan makanan dengan beberapa jenis yang memiliki kandungan gizi yang seimbang. Hindari untuk mengkonsumsi gula dan garam yang terlalu banyak. Oleh karena itu, diet ketat memang harus memperhatikan kandungan dan kadar yang harus dimakan, bukan berarti tidak makan sama sekali. 

Beberapa saran yang ada, lebih baik untuk tetap makan dengan beberapa variasi yang ada, seperti buah-buahan segar, sayuran hijau, protein, dan beberapa makanan dengan olahan yang tidak mengandung kadar gula dan garam yang berlebihan. 

Banyak Minum Air Putih 

Air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh, khususnya ketika kamu sedang menjalani diet ketat. Tentukan waktunya, minum air putih sebelum makan, sehingga membuat rasa lapar kamu cepat berkurang dan membuat tubuh akan lebih mudah kenyang. Selain itu juga, air putih ternyata memberikan dampak yang baik untuk tubuh, karena selain ampuh menurunkan berat badan juga meningkatkan jumlah kalori. 

Lakukan Aktivitas Olahraga 

Jika kamu sedang menjalani diet ketat, pastikan kamu tetap melakukan aktivitas olahraga agar tubuh kamu tetap merasa sehat. Dampak positifnya jika kamu aktif dalam berolahraga adalah ampuh menurunkan berat, membuat kualitas tidur lebih baik, energi lebih meningkat, dan terhindar dari berbagai resiko penyakit yang mengganggu kesehatan. 

Lakukan olahraga minimal 30 menit saja setiap hari dan rutin melakukan olahraga, apabila kamu melakukan diet secara ketat juga terhindar dari beberapa penyakit berbahaya, mulai dari serangan jantung, diabetes, dan stroke. Apabila kamu lakukan sembarangan, bukan tambah sehat, tetapi berpengaruh pada gangguan kesehatan yang dihadapi. 

Oleh karena itu, diet ketat tetap harus lebih dipantau dan jangan sampai kamu salah dalam melakukannya, karena ada dampak besar jika tidak dipahami dengan jelas. 

Apabila kamu sedang menjalani diet ketat, tidak hanya penurunan badan saja yang menjadi fokus utama. Namun kesehatan tubuh menjadi sangat penting untuk dipantau. Diet ketat bukan berarti kamu membatasi konsumsi makanan, namun lebih baik untuk mengontrol dan memantau semuanya agar tetap sehat dan hasilnya mendapatkan berat badan yang ideal. 

Dukung juga diet ketat kamu dengan makan-makanan yang sehat, seperti sayur hijau, buah-buahan segar, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lainnya. Untuk memenuhi segala kebutuhan tersebut, Astro bisa menjadi pilihan untuk memenuhi makanan sehat yang diinginkan. Apalagi bisa dipesan online melalui aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store atau App Store!

Referensi:

Aturan Diet Ketat yang Perlu Diperhatikan agar Tetap Menyehatkan

10 Cara Mengatur Pola Makan Saat Diet, Bikin Sehat dan Langsing

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu