Jangan Sampai Salah, Ini Cara Diet Lemon yang Benar

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Diet Lemon yang Benar

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk turunkan berat badan salah satunya diet lemon. Saat ini berbagai campuran lemon dipercaya masyarakat menjadi ramuan yang bagus dikonsumsi untuk diet. Sehingga saat ini banyak masyarakat berbondong-bondong melakukan diet dengan lemon. Benarkan seperti itu? 

Nah, agar kamu tidak bingung, berikut ini ada beberapa cara diet lemon yang benar untuk kamu.

Tips Diet dengan Lemon 

Sebenarnya air lemon termasuk dalam minuman yang mudah untuk dikreasikan atau ditambah tanaman herbal maupun buah-buahan lainnya. Mungkin sebagian orang merasa cukup dengan mencampurkan lemon dengan air putih saja. Tetapi, banyak orang juga yang menambahkan bahan-bahan lain seperti kunyit, daun mint atau dibuat menjadi teh. 

Kabar baiknya, ternyata air lemon dapat dikonsumsi dengan es batu atau air hangat agar badan bisa lebih rileks seperti teh lemon atau infused water. Memang untuk diet dengan lemon ini belum terbukti menurut ilmiah. Tetapi, ada banyak sekali manfaat yang diberikan oleh lemon untuk kesehatan. Ada baiknya kamu konsultasi ke ahli diet untuk mengetahui solusi diet yang baik untuk kamu. 

Manfaat Lemon untuk Diet 

Tentunya tidak ada yang tahan dengan kesegaran yang diberikan air lemon. Perasan lemon kerap diyakini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, tidak sedikit orang yang menganggap jika dengan mengkonsumsi air lemon dapat menjadi sebuah cara untuk turunkan berat badan. Berikut ini adalah manfaat lemon untuk diet yang harus kamu ketahui. 

1. Rendah Kalori 

Salah satu alasan ada banyak orang yang menggunakan lemon untuk turunkan berat badan sebab kandungan kalorinya yang sangat rendah. Misalnya, untuk setengah perasan lemon yang dimasukan ke dalam air hanya mengandung 6 kalori saja.  

Oleh karena itu, mengganti minuman dengan kadar kalori tinggi seperti soda dengan perasan air lemon tentunya sangat tepat untuk mengurangi asupan kalori. Walaupun demikian, para ahli masih memerlukan penelitian lebih lanjut demi membuktikan manfaat ini. 

Apalagi, air lemon tidak masuk ke dalam minuman bebas kalori, namun setidaknya bisa memberikan efek yang tidak terlalu jauh berbeda. 

2. Membuat Tubuh Selalu Terhidrasi

Tidak hanya rendah kalori saja, lemon diyakini bisa membantu diet sebab menjaga tubuh selalu terhidrasi. Memenuhi asupan cairan adalah hal yang sangat penting, khususnya saat kamu sedang diet. 

Hal tersebut dikarenakan tubuh yang selalu terhidrasi bisa membantu mengatur fungsi tubuh. Bahkan, sebuah penelitian dari Frontiers in Nutrition menunjukkan jika memperbanyak asupan cairan bisa membantu membakar lemak dalam tubuh. 

Selain itu, selalu terhidrasi juga membantu meminimalisir retensi air yang dapat mengakibatkan bertambahnya berat badan dan perut kembung. 

3. Tingkatkan Metabolisme 

Sejumlah ahli memiliki pendapat jika peningkatan metabolisme pada tubuh bisa membantu untuk turunkan berat badan. Hal tersebut dapat dicapai dengan selalu menjaga asupan cairan seperti mengkonsumsi air lemon. 

Selanjutnya, mereka juga mengungkapkan bahwa tubuh yang sudah terhidrasi bisa meningkatkan fungsi dari mitokondria atau bagian sel yang dapat membantu menghasilkan energi. Tentu saja hal tersebut dibuktikan lewat penelitian yang ada pada International Journal of Obesity

Berdasarkan penelitian tersebut mengungkapkan dampak air minum di 21 anak dengan berat badan yang berlebih. Mengkonsumsi air minum 0,3 ons per 2,2 pon massa tubuh (10 l per kg) meningkatkan metabolisme sebesar 25% sampai 40 menit. 

4. Membantu Turunkan Berat Badan 

Lemon termasuk buah-buahan yang memiliki kandungan senyawa polifenol. Sehingga, antioksidan tersebut bisa mengurangi berat badan bertambah. Sebuah penelitian dari Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition mengungkapkan polifenol bisa mengurangi resiko seseorang terkena obesitas. 

Walaupun penelitian tersebut baru diuji coba pada hewan tikus, terdapat kemungkinan jika air lemon bisa membantu turunkan berat badan. Meskipun begitu, cara kerja lemon akan berat badan masih belum bisa diketahui secara pasti, entah sebab kandungan didalamnya atau merasa kenyang. 

5. Melancarkan Pencernaan 

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan air lemon untuk menurunkan berat badan sebab bisa melancarkan sistem pencernaan. Asam di dalam lemon akan membantu melarutkan makanan, sehingga perut mengandung asam guna membantu pencernaan. 

Lalu, asam pada lemon mungkin bisa membantu menambahkan tingkat asam lambung yang selalu akan menurun seiring dengan bertambahnya umur. Itulah mengapa, air lemon selalu dimasukkan menjadi selingan dalam menu diet. 

Nah, itu tadi ulasan mengenai cara diet lemon yang benar dan manfaat lemon untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu yang sedang menjalani program diet. 

Jangan lupa, untuk kamu yang ingin diet menggunakan lemon tetapi memiliki penyakit asam lambung. lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai cara diet yang satu ini.

Referensi:

Benarkah Lemon Ampuh untuk Diet?

Gunakan Manfaat Lemon untuk Diet yang Menyehatkan Tubuh

Sumber Gambar: Shutterstock