Jamu Cekok Untuk Anak Susah Makan, Masih Bisa Jadi Solusi atau Tidak

Anak yang sulit makan memang dapat membuat orang tua kebingungan. Lalu, bila dibiarkan saja, anak yang tidak suka makan dapat kekurangan nutrisi, sehingga menghambat pertumbuhannya. Oleh karena itu, tidak sedikit orang tua yang memilih jalan alternatif dengan memberinya jamu cekok untuk anak susah makan

Untuk sebagian keluarga, jamu ini bisa membantu anak menjadi nafsu makan kembali. Bahan yang dipakai seperti adas manis, beras, kencur, lempuyang, temulawak, kunyit, brotowali, temu hitam dan daun pepaya. Tetapi, kembali lagi dengan kebutuhannya. 

Tidak hanya untuk menambah nafsu makan, jamu yang satu ini juga dianggap bermanfaat guna menjaga sistem kekebalan tubuh, supaya anak tidak mudah kembung, diare, batuk pilek hingga penyakit cacingan. Kenapa dijuluki jamu cekok? Sebab cara memberikannya yaitu dengan dimasukkan secara paksa ke dalam mulut anak.

Baca Juga: Ini Dia Berat Badan Ideal Untuk Anak Menurut WHO

Tetapi, apakah jamu ini dapat menjadi solusi untuk menambah nafsu makan anak? 

Faktanya nya memang campuran bahan dari jamu tersebut seperti yang sudah disebutkan sebelumnya memang bisa menambah nafsu makan anak. Tetapi, anak tetap harus melakukan pemeriksaan ke dokter bila susah makan untuk dicari tahu penyebabnya supaya dapat diberikan solusi yang sesuai dengan permasalahannya. 

Meskipun secara komposisinya jamu cengkok ini dapat menambah nafsu makan. Tetapi, cara pemberiannya yang memaksa anak bisa menyebabkan pengalaman yang traumatis. Sehingga, kamu sebagai orang tua harus lebih kreatif supaya anak tidak mengalami trauma. 

Mungkin ada baiknya diberikan dalam bentuk rasa yang membuat anak penasaran, seperti dibuat menjadi smoothie atau jus, dapat pula berbentuk es. Sehingga, jika anak sulit makan, coba lakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter guna mengetahui penyebabnya. Jangan lupa juga untuk membuat jadwal makan yang benar supaya anak mengerti siklus lapar dan kenyangnya. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu jika jamu cekok bisa diberikan dengan catatan tidak memaksa anak untuk meminumnya yang membuatnya trauma. Tidak hanya memberikan jamu cekok saja, kamu juga dapat menggunakan cara lainnya supaya anak menjadi nafsu makan seperti berikut ini. 

Tips Jitu Membuat Anak Nafsu Makan 

Sebagai orang tua, kamu perlu bisa mengetahui asupan kalori untuk anak sudah cukup atau belum supaya kebutuhan gizinya terpenuhi. Setiap anak memerlukan kalori yang tidak sama, tergantung dengan keadaan kesehatan, jenis kelamin dan usia.

Apabila anak sulit untuk makan, maka kamu bisa lakukan beberapa tips berikut ini agar nafsu makannya bertambah. 

1. Jangan memaksa anak 

Mungkin saat akan tidak ingin makan, kamu menjadi tidak sabar dan memaksanya untuk tetap makan. Padahal, mengatasi anak sulit makan dengan cara memaksanya tidak membuat nafsu makan mereka menjadi bertambah. 

Yang terjadi adalah sebaliknya, anak akan terus menghindar dan malas makan. Sehingga, kamu bisa melakukan cara lain yang sangat efektif guna membuat anak ingin makan, seperti merayunya dengan cara yang halus. 

2. Buat makanan yang menarik dan menggugah selera 

Anak bisa saja bosan bila kamu selalu membuatkan makanan yang sama. Ada baiknya, kamu buatkan makanan sehat yang bervariasi, seperti pasta pelangi. Makanan tersebut pastinya membuat anak penasaran dan memakannya. 

Semakin banyak menggunakan bahan, maka semakin banyak nutrisi yang didapatkan anak dalam makanannya. Tidak lupa untuk selalu buat sajian makanan yang menarik seperti menghiasnya atau membuat makanan tersebut berwarna-warni. Cara yang satu ini dapat membantu meningkatkan nafsu makan nya. 

Baca Juga: Apa Itu Sugar Rush Pada Anak dan Akibatnya 

3. Buat jadwal makan rutin 

Terapkan jadwal makan rutin sejak anakmu masih kecil. Hal yang satu ini bisa menolong kamu saat anak tidak ingin makan. Dengan demikian, mereka sudah terbiasa makan di waktu yang sudah diterapkan sebelumnya. Dengan adanya jadwal makan ini bisa berdampak bagus pada pola makannya saat ia mulai beranjak dewasa. 

4. Sediakan cemilan lezat yang sehat 

Kamu takut si Kecil makannya sedikit? Mungkin kamu dapat mencari cara alternatif lainnya seperti memberikan berbagai cemilan lezat yang sehat. Camilan bisa membantu untuk memenuhi asupan nutrisi anak tidak hanya dari makanan pokok mereka. 

Supaya dapat menjamin jika camilan tersebut sehat, ada baiknya kamu membuatnya sendiri. Misalnya, kamu bisa membuatkannya puding dengan buah-buahan. Sehingga, kamu tahu apa saja kandungan pada camilan tersebut. Tidak hanya itu, kebersihan camilan nya juga sangat terjamin. 

5. Berikan porsi makan sedikit tetapi sering 

Apabila memang anakmu sangat sulit untuk makan, jangan memberikan mereka makan berporsi besar, ada baiknya berikan makanan porsi kecil namun sering diberikan.

Hal tersebut juga dapat diterapkan bila anakmu mudah bosan dengan makanannya. Berikan mereka porsi yang sedikit, lalu tiga sampai empat jam setelahnya berikan kembali makanan dengan menu yang lain. 

6. Jangan minum sebelum makan 

Pada umumnya, anak senang minum sebelum makan. Hal tersebut bisa membuatnya kenyang dan nafsu makannya menurun. Sehingga, beritahu mereka supaya jangan minum terlebih dahulu sebelum selesai makan. Kamu dapat membatasi minumnya ketika mereka makan, seperti memberikannya satu gelas saja. 

Sesudah makan selesai, kamu bisa memberikannya lagi minum tambahan. Ini dapat menjadi cara untuk menambah nafsu makan anak supaya ingin terus makan. Lalu, jangan memberikannya minuman berasa sebab bisa membuatnya semakin kenyang. Demikianlah, ulasan mengenai jamu cekok untuk anak susah makan yang masih efektif digunakan, tetapi tidak dengan cara memaksanya dan beberapa cara untuk menambah nafsu makan anak yang bisa kamu coba terapkan mulai sekarang. Semoga ulasan ini bisa membantu para ibu, ya!

Baca Juga: Resep Camilan Apel Untuk Anak yang Pasti Enak

Mau belanja kebutuhan memasak hidangan lezat & bergizi untuk penuhi nutrisi anak? Astro solusinya. Astro menyediakan ribuan produk kebutuhan harian berkualitas yang bisa kamu pesan secara online, melalui aplikasi Astro. Pesan di Astro sekarang, pesanan kamu akan sampai dalam waktu hitungan menit saja. Yuk, download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu