Kamu Harus Tahu, Ini Jam Makan Siang Untuk Diet 

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Mengatur Pola Makan Diet Ketat

Menentukan waktu jam makan siang untuk diet memang harus diperhatikan. Kebanyakan orang mungkin terlalu fokus dengan porsi makanannya. Padahal, tidak hanya itu saja, waktu makan ketika menurunkan berat badan tidak kalah penting untuk dilihat. Hal ini sebagai faktor pendukung kesuksesan agar mendapatkan bentuk badan yang proposional. 

Sebenarnya, jadwal makan tersebut tidak hanya berfokus pada jam makan siangnya saja. Namun dalam sehari, baik dari pagi hingga malam harus diatur secara tepat. Kegiatan ini untuk mendapatkan hasil yang optimal dan program diet yang dijalankan bisa berhasil. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk makan jika sedang diet? Yuk kita bahas. 

Aturan Jam Makan Program Diet

Jika dilansir dari halodoc.com menjelaskan faktor utama dalam mendukung diet itu harus makan antara pukul 3 sampai 4 jam, karena perut mampu mencerna secara baik dan optimal. Bagian ini berkaitan dengan sarapan, makan siang, dan makan malam. Jika ditentukan waktunya, membuat tubuh bisa adaptasi dan tidak mudah lapar, sisi lainnya pencernaan akan lebih sehat. 

Berikut ini beberapa aturan jam makan ketika kamu sedang menjalani diet: 

1. Tidak Melewatkan Sarapan 

Langkah pertama kali yang harus kamu lihat adalah tidak boleh melewatkan sarapan, karena tubuh membutuhkan asupan makanan dan isi ulang energi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan sarapan setelah 1 jam bangun tidur. Idealnya antara jam 7 pagi hingga 8 pagi dengan waktu tidur enam sampai delapan jam setiap harinya. Ketentuan sarapannya juga harus diperhatikan, lebih baik hindari makanan yang mengandung karbohidrat dan pastikan rendah gula. Saran terbaik yang bisa kamu lakukan adalah konsumsi makanan dengan kandungan yang tinggi protein. Pilih saja oatmeal dengan irisan buah segar atau roti gandum utuh dan selai kacang yang membuat pencernaan akan jauh lebih lancar dan sehat. 

2. Waktu Makan Siang 

Pada dasarnya kebutuhan makan siang setiap orang berbeda-beda, tapi jika kamu sedang menjalani diet lebih baik untuk makan sesuai ketentuan waktu yang ada. Aturan terkait makan siang sendiri tidak boleh kurang dari jam 12:00 dan tidak lewat dari jam 15:00 Waktu yang tepat untuk makan siang bisa kamu lakukan rentang pukul 12:30 hingga 13:00. 

Menurut informasi dari American Journal of Clinical Nutrition melihat lebih dari 300 orang yang menjalankan program diet dengan menjalankan waktu makan siang yang lebih awal, hasilnya berat badan mengalami penurunan yang signifikan. 

3. Makan Malam Tepat Waktu 

Tidak hanya makan siangnya saja, waktu untuk makan malam juga tidak kalah memiliki peranan penting dalam proses penurunan berat badan. Jika sedang menjalani program diet, sebaiknya kamu tidak makan 3 jam sebelum tidur atau pukul 6 sore waktu yang dianjurkan. Apabila kamu makan dan dekat pada waktu tidur, maka membuat gula darah meningkat, sehingga menyebabkan kamu kesulitan untuk tidur. 

Pilihan makanannya sendiri bisa kamu sesuaikan dan mirip dengan makan siang, seperti sayur-sayuran, protein, buah-buahan, dan kandungan makanan yang karbohidrat kompleks. 

4. Makanan Ringan yang Sehat

Terkadang, jeda antara waktu makan siang dan makan malam itu sendiri sangat panjang dan tidak semua orang sanggup menjalaninya. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, langkah terbaik yang dilakukan adalah memberikan asupan tubuh dengan beberapa pilihan camilan yang sehat. Terpenting pilih snack yang rendah kalori. 

Rekomendasi makanan ringan yang bisa dicoba adalah yoghurt, pisang, irisan buah apel, atau kacang tanpa kandungan garam. Hal ini bisa memberikan hasil yang baik dan tidak membuat lemak dalam tubuh menumpuk, asal kamu melakukannya sekitar 3 jam setelah sarapan dan 3 jam habis makan siang. Dengan demikian, rasa lapar bisa kamu atasi dan menjalani program diet tidak terlalu berat. 

Pilihan untuk menjalankan diet ternyata juga harus diimbangi dengan waktu yang tepat. Konsumsi makanan sehat juga termasuk faktor penting, terutama makanan yang mengandung serat dan protein yang tinggi. Beberapa buah-buahan dan sayuran bisa menjadi alternatif untuk kamu yang sedang melakukan program diet. 

Semuanya memang harus diperhatikan secara menyeluruh, baik dari waktu makan dan asupan yang dikonsumsi nantinya. Dengan demikian, apabila ingin program diet berjalan lancar dan mendapatkan hasil maksimal, waktu makan dan konsumsi makanan yang sehat memiliki peranan yang sama pentingnya  

untuk mendukung agenda diet kamu tersebut. 

Apabila ingin mendapatkan hasil maksimal, pilih makanan yang sehat dan berkualitas. Kamu bisa langsung membelinya di aplikasi Astro yang memberikan layanan belanja cepat dan beroperasi selama 24 jam penuh.

Referensi:

Ini Aturan Jam Makan Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Perlu Tahu, Ini Alasan harus Mengatur Jam Makan saat Diet

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu