Tidak Sulit, Ini Jadwal Makan Diet Untuk Remaja 

Tidak Sulit, Ini Jadwal Makan Diet Untuk Remaja 

Memasuki usia remaja memang tumbuh kembang tubuh sedang mengalami peningkatan, karena mengalami masa transisi. Tapi jika tidak diatur akan berdampak pada berat badan, sehingga membuat kamu harus memperhatikan program diet. Namun apabila kamu ingin melakukannya, ada jadwal makan diet untuk remaja yang bisa kamu praktekkan secara langsung. 

Apabila kamu ingin melakukannya, ada beberapa aturan dan jadwal yang tepat untuk dilihat. Dalam melakukan diet itu sendiri tidak hanya tentang porsinya saja, namun jadwal makan juga harus dipahami secara menyeluruh, sehingga menghasilkan program diet yang optimal. Pada tahap ini, kami akan memberikan beberapa jadwal untuk kamu umur remaja yang sedang menjalani diet, mari kita bahas. 

Jam Makan Memberikan Hasil Diet 

Bukan hanya tentang porsi diet yang bisa kamu perhatikan, tapi kamu juga harus melihat jam makan yang teratur dan terhindar dari berbagai risiko yang menimbulkan banyak penyakit nantinya. Hellosehat.com menjelaskan secara menyeluruh mengenai jadwal diet yang harus dipahami. Dengan demikian, bisa memberikan dampak yang tepat nantinya. 

Bahkan, melihat semua ketentuan yang ada tersebut ternyata memberikan dampak yang besar nantinya. Berikut ini jadwal makan untuk kamu yang sedang menjalani diet. 

1. Sarapan Pukul 06:00 – 09:45 Pagi 

Sarapan jika kamu sedang menjalani diet tidak boleh kamu lewatkan. Hal ini sangat penting untuk dilihat, karena apabila kamu melakukan sarapan memberikan dampak yang signifikan. Untuk kamu yang ingin diet dan mendapatkan hasil yang optimal, maka bisa membuat kamu akan mendapatkan hasil yang didapatkan secara maksimal nantinya. 

Apabila kamu melakukan sarapan, membuat kamu akan menekan rasa lapar secara palsu, sehingga membuat kamu akan lebih santai dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Menurut penelitian yang ada, sarapan lebih baik kamu lakukan satu jam setelah bangun dan pastikan untuk tidak melakukan sarapan lebih dari jam 10 pagi.

2. Makanan Ringan Setiap 2-4 Jam 

Biasanya beberapa orang yang terlalu pagi dalam melakukan sarapan, maka makanan ringan bisa menjadi alternatif yang bisa kamu pilih. Sebenarnya, bagian ini tidak menjadi permasalahan, karena memberikan dampak yang baik untuk didapatkan. Namun, hal paling penting untuk dilakukan adalah menyesuaikan waktunya antara 2 sampai 4 jam setelah sarapan. 

Kelola semuanya secara menyeluruh, beberapa ketentuan waktu yang ada tersebut membuat pencernaan dalam tubuh kamu tidak terganggu dan tidak mengganggu semuanya. Pastikan kamu pilih makanan ringan yang tidak mengandung karbohidrat tinggi, sesuaikan dengan camilan yang mengandung serat dan protein yang tinggi, bisa mencoba biji-bijian atau kacang-kacangan. 

3. Makan Siang Pukul 11:00 – 12:00 

Untuk kamu yang biasa melakukan sarapan pada pukul 07:00 pagi atau lebih pagi, lakukan makan siang pada pukul pada jam 11:00 hingga 12:00 siang. Tetapi apabila kamu tidak dapat makan tepat waktu, maka bisa dilakukan makan siang yang dianjurkan tidak boleh lewat dari jam 14:00 siang. Dengan demikian, lebih baik kamu pahami semuanya secara menyeluruh. 

4. Makanan Ringan Sore Hari 

Apabila program diet ini masih termasuk baru untuk kamu, terkadang sangat sulit untuk menekan rasa lapar antara makan siang dan menuju makan malam. Langkah yang paling tepat untuk kamu lakukan adalah siapkan makanan ringan yang lebih baik. Tindakan terbaik yang bisa kamu lakukan adalah 2 hingga 4 jam sebelum makan malam. 

Tetap diperhatikan dengan camilan yang jelas, jangan sampai kamu salah dalam menentukan makanan ringan yang sembarangan. Hindari makan gorengan dan beberapa camilan yang berlemak, lebih baik untuk pilih buah-buahan, sayuran, atau kacang-kacangan bebas dari garam. Mungkin bisa juga dengan susu yang rendah lemak atau pilih susu kedelai. 

5. Makan Malam Pukul 18:00 – 19:00 

Untuk kamu yang ingin makan malam, lakukan kegiatan tersebut lebih cepat. Hindari makan terlalu larut dan menjelang tidur, karena kondisi tersebut akan berpengaruh nantinya. Apalagi jika kamu makan menjelang tidur, hal ini akan meningkatkan gula darah dalam tubuh dan nantinya akan menimbulkan permasalahan pada kesehatan kedepan. 

Cara paling baik kamu lakukan adalah makan malam 3 jam sebelum tidur, kondisi tersebut akan jauh lebih baik dan waktu diet kamu tetap optimal. 

Masa remaja memang agak sulit untuk melakukan diet, apalagi kegiatan ini harus dilakukan secara konsisten, sehingga bisa mendapatkan hasil yang optimal. Tidak hanya dengan aturan waktu yang ketat, namun kamu harus memperhatikan juga porsi makanan yang sehat dan berkualitas, sehingga program yang kamu lakukan tersebut bisa tetap maksimal. 

Untuk mendukung pola diet yang ada tersebut, langsung saja kamu pilih berbagai makanan sehat dan berkualitas. Dalam memenuhi kebutuhan yang ada, mungkin kamu bisa langsung pesan dengan cepat dan mudah melalui aplikasi Astro. Disini kamu akan mendapatkan berbagai kebutuhan makanan yang berkualitas, murah, dan menguntungkan.

Referensi:

Jam Berapa Saja Kita Harus Makan Saat Sedang Berdiet?

Ini Jadwal Hidup yang Harus Dijalani Kalau Mau Kurus!

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu