Ini Daftar Buah yang Dihindari Saat Diet, Bikin Berat Badan Sulit Turun

Ini Daftar Buah yang Dihindari Saat Diet, Bikin Berat Badan Sulit Turun

Ketika sedang menjalani diet, biasanya ada beberapa buah yang dihindari saat diet. Semua buah yang kaya akan nutrisi memang bagus untuk tubuh. Tetapi, jika takarannya tidak tepat atau berlebihan maka tidak baik untuk tubuh. Apalagi bagi kamu yang sedang menjalani diet, sebab sebagian buah memiliki kalori dan gula yang tinggi sehingga lebih baik untuk tidak dikonsumsi berlebihan. 

Lantas, apa saja buah-buahan yang harus kamu hindari ketika diet? Mari simak ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga: Kenali 10 Buah Tropis Indonesia yang Penuh Nutrisi dan Kesehatan

Buah yang Dihindari Saat Melakukan Diet

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka kamu harus menghindari beberapa buah berikut ini. 

1. Alpukat 

Prinsip yang selalu dipegang untuk semua metode diet yaitu mengurangi asupan kalori setiap harinya. Sehingga, kamu harus mengurangi mengkonsumsi buah dengan kandungan kalori yang tinggi seperti alpukat. Di dalam 100 gram alpukat sendiri telah mengandung 160 kalori. 

Alpukat merupakan sumber lemak sehat yang bagus untuk tubuh. Apabila kamu tetap ingin mengkonsumsi buah ini ketika diet, maka makanlah dalam jumlah wajar saja. Bila ingin mengkonsumsinya ketika diet, pertimbangkan lagi jumlahnya dan perhatikan makanan lain yang ingin kamu konsumsi nantinya. Dengan demikian, nutrisi pada alpukat bisa kamu dapatkan secara maksimal. 

2. Kurma 

Kurma memiliki kandungan gula paling tinggi dari seluruh buah. Buah yang satu ini mempunyai indeks glikemik 103 dan memiliki kandungan gula yang lebih banyak dibandingkan glukosa murni dengan indeks glikemik 100. Jika kamu ingin mengkonsumsi kurma, maka kamu harus memperhatikan asupan lain yang ingin kamu konsumsi setelahnya. 

3. Semangka

Buah selanjutnya yang harus kamu hindari ketika sedang menjalani diet adalah semangka yang memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Tetapi, ternyata kadar gula di dalamnya juga jauh lebih tinggi daripada buah lainnya. Indeks glikemik dari buah ini sekitar 72 dan sudah dianggap cukup tinggi. 

4. Buah kering 

Beberapa buah kering seperti kismis, prune dan lainnya, mempunyai kalori yang lebih banyak sebab tidak mengandung air. Untuk satu cangkir buah plum kering sudah mengandung 450 kalori dan satu cangkir kismis juga mengandung 500 kalori. Tentu saja jika kamu mengkonsumsi buah kering ini proses diet yang dilakukan akan gagal. Untuk itu, ada baiknya tidak mengkonsumsi nya sama sekali. 

5. Anggur

Walaupun buah anggur bagus untuk tubuh, tetapi anggur memiliki banyak kandungan lemak dan gula. Perlu kamu ketahui jika di dalam 100 gram anggur, terdapat 16 gram gula dan 67 kalori. Saat kamu sedang menjalani diet ketat maka mengkonsumsi anggur harus dibatasi guna tidak merusak proses diet yang sedang kamu jalani. 

6. Leci 

Leci adalah buah tropis yang berasal dari China selatan dan mempunyai skor glikemik yang tinggi. kamu bisa mengganti leci dengan ceri hitam yang memiliki skor glikemik yang lebih rendah. Buah yang satu ini memiliki kadar gula yang cukup tinggi, sehingga tidak bagus untuk dikonsumsi ketika kamu sedang diet. 

7. Mangga 

Tidak hanya anggur dan alpukat, bagi kamu yang sedang menjalani diet ketat juga harus mengurangi asupan buah mangga. Karena, jenis buah ini memiliki kalori yang tersembunyi dan bisa menghambat proses diet kamu. Ada baiknya untuk menggantinya dengan buah yang lain seperti apel. 

8. Durian 

Mungkin para pecinta durian akan sedih jika mengetahui hal ini. Tetapi, buah durian ada baiknya tidak dikonsumsi ketika sedang menjalani diet. Karena buah ini mempunyai kandungan kalori yang sangat tinggi. Untuk 243 gram buah durian saja mengandung 357 kalori. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, pastinya hal tersebut dapat menggalakan usaha kamu untuk menurunkan berat badan. 

Itu tadi beberapa buah yang dihindari saat diet. Hal yang harus kamu perhatikan yaitu kandungan gula yang ada di dalam buah dan jumlah konsumsinya. Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan, diimbangi dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori yang sehat, pastinya tidak masalah mengkonsumsi buah-buahan tersebut sesekali. 

Ada baiknya juga, kamu mengkonsumsi buah-buahan segar yang bukan buah kering. Karena, terdapat buah kering yang mengandung banyak gula tambahan saat proses pembuatannya. Dengan penambahan gula inilah yang bisa menggagalkan diet kamu. Untuk itu, kamu harus mengkonsumsi buah-buahan segar yang bisa kamu beli di Astro! 

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Yuk, Jangan Lupa Konsumsi Buah-Buahan Ini!

Astro merupakan aplikasi layanan belanja online yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja kebutuhan untuk diet. Dengan menggunakan aplikasi Astro, kamu bisa berbelanja dari rumah dan hanya perlu menunggu 15 menit saja, semua belanjaan kamu sampai di rumah dengan selamat! Yuk, tidak perlu menunggu lama lagi, langsung saja unduh aplikasinya di App Store atau Google Play Store sekarang juga! 

Arie Wahyu
Arie Wahyu