Ini Cara Pendinginan Setelah Olahraga yang Benar

Mengetahui cara pendinginan setelah olahraga yang benar sangat dibutuhkan. Karena, ketika berolahraga detak jantung akan meningkat. Secara tiba-tiba berhenti sesudah olahraga bisa mengakibatkan pusing, bahkan kamu bisa pingsan. 

Pendinginan pun berguna untuk mempercepat pemulihan sesudah berolahraga. Aktivitas ini pun bisa mengurangi intensitas rasa sakit. Kamu bisa melakukan sekitar 5-10 menit. Sesudah itu, akhiri pendinginan dengan melakukan peregangan supaya tubuh bisa rileks kembali. 

Di bawah ini ada cara pendinginan sesudah olahraga yang benar dan bisa kamu lakukan sesudah berolahraga. 

Baca Juga: 8 Manfaat Olahraga Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Langkah-langkah Pendinginan Sesudah Olahraga 

Semua gerakan ini harus kamu lakukan dengan intensitas yang cukup rendah dari olahraga. Dengan gerakan yang pelan saja, kamu dapat mengambil napas lebih dalam. Gerakan yang bisa dilakukan, yaitu: 

1. Berjalan santai atau jogging 

Gerakan ini bisa kamu lakukan sesudah olahraga lari. Melakukan jogging ringan sekitar 3 hingga 5 menit. Lalu, iringi dengan jalan santai selama 3 hingga 5 menit saja. 

2. Meregangkan tubuh area atas 

Dari posisi duduk atau berdiri, rekatkan kedua tangan dan naikkan ke atas kepala dengan posisi lurus. Gerakan ini memiliki tujuan guna mempertahankan bentuk tulang belakang supaya tetap lurus.

3. Duduk dan membungkuk lurus ke depan 

Posisikan tubuh mu dengan duduk di atas matras dengan posisi kaki yang lurus ke arah depan. Sesudah itu, bungkukkan atau condongkan badan mu depan diikuti dengan tangan sambil memang kaki. Tahan posisi ini sampai 1 menit. 

4. Posisi lutut ke dada 

Kamu bisa terlentang atau berbaring dengan kaki kiri ditekuk sampai dada. Tahan posisi seperti ini selama 1 menit saja. Lakukan juga pada sisi kaki kanan dengan durasi yang sama. 

5. Posisi kupu-kupu 

Posisikan tubuhmu berbaring dengan kaki yang menekuk ke arah samping. Lalu, gabungkan semua bagian telapak kakimu. Kemudian, letakkan tangan di atas kepala atau samping tubuh. Tahan posisi ini sampai 5 menit. 

6. Membungkuk ke depan

Untuk melakukan gerakan membungkuk condong ke depan mulai dari kaki sampai ke lutut ini, kamu bisa melakukannya gerakannya sambil duduk. Dimulai dengan meluruskan kaki sebelah kanan ke depan, lalu kaki kiri ditekuk di atas paha kanan. 

Bungkukkan badanmu diiringi kedua tangan lurus ke arah depan. Tahan posisi ini sampai 1 menit. Ulangi pada kaki sebelah kiri yang berlawanan. 

7. Berdiri dan membungkuk ke arah depan 

Kamu bisa melakukan gerakan ini mulai dari posisis berdiri. Lalu, bungkukkan badan ke arah depan. Lemaskan tanganmu sampai ke lantai. Tahan posisi seperti ini selama 1 menit. Lalu, kembalikan pada posisi semula. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Manfaat Pendinginan Sesudah Olahraga

Ketika olahraga, jantungmu akan berdetak sangat kencang dari detakan normal guna meningkatkan peredaran darah dan menjadi sumber oksigen ke semua bagian tubuh. 

Apabila gerakan-gerakan ketika fase olahraga yang sedang kamu lakukan dihentikan tanpa kamu melakukan pendinginan, maka darah yang menumpuk pada anggota gerak bisa mengalir dengan lebih lambat. 

Nah, keadaan tersebut bisa mengakibatkan sakit kepala, pusing sampai pingsan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu harus melakukan pendinginan. Jika kamu melakukan pendinginan ini, maka peredaran darah mu menjadi lebih lancar. Hal ini pun membantu kamu mengembalikan keadaan tubuh seperti semula. 

Pendinginan tidak hanya bisa membantu mempercepat proses pemulihan, hal ini pun mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, seperti: 

1. Meredakan detak jantung 

Berolahraga mengakibatkan detak jantung meningkat. Oleh karena itu, pendinginan bisa mengembalikan detak jantung mu ke semula. Kamu bisa melakukan gerakan pendinginan secara bertahap dan perlahan-lahan selama beberapa menit. Hal ini bisa membantu tubuhmu merasakan pusing atau bahkan pingsan. 

Oleh karena itu, penting sekali untuk kamu melakukan pendinginan setelah melakukan olahraga. Tidak hanya untuk mengembalikan mu dalam keadaan normal saja, hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari beberapa kondisi berbahaya karena tidak melakukan pendinginan sesudah berolahraga. 

2. Memperlambat pernapasan 

Meningkatnya detak jantung diikuti dengan laju pernapasan yang ikut semakin cepat. Keadaan ini biasa dikenal dengan “ngos-ngosan”. Apabila kamu merasakan hal tersebut, ini bisa menjadi pertanda jika tubuhmu sedang bekerja keras untuk membakar kalori. 

Melakukan pendinginan bisa membantu ritme napasmu agar normal kembali seperti sebelum kamu memulai olahraga. Sehingga kamu tidak lagi merasakan “ngos-ngosan” yang rasanya mirip seperti kehabisan napas. 

3. Mencegah cedera 

Pendinginan sesudah berolahraga bisa membantu kamu terhindar dari cedera, salah satunya sobekan pada otot. Hal ini pun bisa mempercepat proses pemulihan otot sesudah latihan mengangkat beban. 

Tentunya, kamu tidak ingin mengalami cedera sesudah olahraga, bukan? Sebab rasanya sangat tidak nyaman. Untuk itu, kamu wajib melakukan pendinginan sesudah berolahraga. 

4. Relaksasi dan menghilangkan stres

Melakukan olahraga memang bisa menunjang kognitif dan fisik seseorang. Ketika pendinginan, tubuhmu akan masuk dalam situasi rileks. Lalu, otak mulai melepaskan serotonin dan dopamin. Keduanya merupakan hormon yang mendorong perasaan senang. 

Itu dia beberapa saran cara pendinginan setelah olahraga yang bisa kamu lakukan mulai sekarang sesudah melakukan olahraga dengan intens. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang banyak untuk mengganti cairan yang keluar karena kamu habis berolahraga. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Hidup sehat tidak hanya harus melakukan olahraga saja, kamu juga harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan sehat. Dapatkan berbagai produk makanan dan minuman yang menyehatkan dengan memesannya di aplikasi Astro! Kamu bisa unduh aplikasi Astro sekarang juga di Google Play Store & App Store dan dapatkan berbagai promo menarik sebagai pengguna baru.

Arie Wahyu
Arie Wahyu