Ingin Turunkan Berat Badan? Ini Jam Makan Untuk Diet Pemula 

Ingin Turunkan Berat Badan? Ini Jam Makan Untuk Diet Pemula 

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, melakukan diet menjadi pilihan yang bisa dilakukan. Apalagi jika kamu baru memulainya, maka harus ada ketentuan yang harus dibuat. Salah satunya adalah jam makan untuk diet pemula. Aturan ini menjadi sangat penting, supaya program atau kegiatan diet yang kamu laksanakan dapat maksimal dan memiliki bentuk badan yang diinginkan. 

Dalam melakukan diet sendiri memang kompleks, karena tidak hanya fokus pada satu bagian saja. Perlu kamu ketahui juga, diet tidak hanya perkara memilih makanan yang sehat semata. Namun jam makan harus dipahami secara menyeluruh. Nah, apabila ini pengalaman pertama kamu dalam melakukan diet, berikut ada beberapa aturan jam makan yang bisa dilakukan, mari kita bahas. 

Jadwal Makan Diet Pemula

Jika kamu termasuk dalam menjalankan diet, memang ada beberapa bagian yang harus diperhatikan. Ternyata penelitian juga menyebutkan waktu makan memiliki peranan dalam menurunkan berat badan. Dilansir dari cnnindonesia.com menjelaskan seseorang yang melakukan diet harus makan tiga kali dalam sehari, mulai dari pagi, siang, dan malam. Berikut ini beberapa ketentuan yang bisa kamu lihat. 

1. Rutin Sarapan ( 1 Jam Setelah Bangun)

Untuk kamu yang baru menjalankan diet sendiri, aturan untuk sarapan pagi lebih baik dilakukan maksimal satu jam setelah bangun tidur. Selama tidur, tubuh menghabiskan banyak energi, sehingga untuk memenuhi metabolisme dalam tubuh, sarapan menjadi faktor utama. Dengan demikian, rutin melakukan sarapan menjadi bagian yang harus kamu jalankan setiap harinya. 

Supaya aktivitas sarapan kamu maksimal dan mendapatkan hasil optimal, pilih sarapan yang kaya akan nutrisi. Pilih saja beberapa makanan yang tinggi akan serat dan protein, misalnya telur rebus, olahan roti gandum, dan lainnya. Waktu pagi lebih baik menghindari makanan yang berat, seperti gorengan, nasi putih atau beberapa makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak. 

2. Tidak Melewatkan Makan Siang (Jam 12 – 13 Siang)

Mungkin kamu akan beranggapan apabila makan siang itu bagian terburuk ketika sedang menjalani diet, padahal tindakan tersebut akan memperburuk kesehatan tubuh saja. Sebenarnya, jika kamu sedang diet penting sekali untuk makan siang, karena setelah beraktivitas panjang tubuh sudah mengalami pembakaran kalori, tubuh sudah melakukan pencernaan, dan hormon telah diatur. 

Apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka lebih baik untuk makan siang pada waktu jam 12 hingga 13 siang, karena paling pas untuk meningkatkan energi dalam tubuh nantinya. Menunya sendiri bisa kamu sesuaikan, namun sangat disarankan untuk makan yang rendah gula dan lemak, mungkin kamu bisa kombinasikan dengan dada ayam, daging merah, sayuran segar, dan buah-buahan. 

3. Tetap Makan Malam (3 Jam Sebelum Tidur) 

Ada banyak orang yang sedang diet tidak lagi makan malam, padahal bagian ini termasuk penting supaya tubuh kamu tetap sehat dan program diet bisa lancar. Hal yang harus dilakukan adalah mengatur porsi dan menentukan waktunya. Apalagi makan malam sendiri sangat bermanfaat dan penting bagi tubuh kamu jika sedang menjalankan program diet. 

Sebaiknya pilih yang kaya akan nutrisi dan hindari makanan mengandung gula berlebih, alkohol, dan natrium. Waktunya sendiri lebih baik dilakukan 3 jam sebelum kamu tidur atau standarnya bisa dilakukan antara pukul 18:00 hingga 19:00. Jangan sampai makan terlalu larut juga, karena akan membuat tubuh kamu kesulitan untuk tidur, karena gula darah mengalami peningkatan. 

4. Boleh Makan Camilan 

Banyak orang yang baru memulai sangat menghindari melakukan camilan, jika mengacu pada situs klikdokter menjelaskan juga apabila cemilan tidak menjadi permasalahan. Asal kebutuhan dan porsinya terukura serta dibarengi juga dengan makanan yang sehat. Pilih saja beberapa camilan dari kacang-kacangan, buah kering, atau biji-bijian. 

Hindari untuk mengisi camilan antara makan siang dan makan malam dengan gorengan atau makanan tinggi lemak, sehingga proses atau program diet kamu akan terhambat nantinya. Bisa juga pilih buah-buahan dan sayuran yang segar, terpenting yang memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi, tentunya membuat diet yang dijalankan bisa maksimal. 

Diet untuk yang baru memulai memang sangat sulit untuk dilakukan, karena harus mengatur waktu dan konsisten dalam menjalankannya. Apabila tidak teratur akan berdampak pada hasil yang diinginkan, sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama. Bagian inilah yang harus kamu pahami, jika ingin hasilnya optimal, maka lebih baik untuk mengatur jadwal makannya. 

Sisi lainnya, makanannya juga memiliki peranan yang sangat penting juga. Pilih makanan yang sehat dan berkualitas, karena membantu proses penurunan berat badan. Pastikan kamu lebih banyak konsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan sayuran yang segar. Semua itu bagian dari faktor pendukung untuk kesuksesan diet yang dijalankan. 

Untuk memenuhi semua kebutuhan yang ada, kamu bisa dapatkan produknya di Astro yang menyediakan aneka makanan seperti sayur dan buah berkualitas, sehat, dan terjangkau. Langsung pesan di aplikasi Astro, semua kebutuhan makanan bisa didapatkan dengan mudah dan sampai dalam waktu singkat!

Referensi:

Tips Diet Menurunkan Berat Badan untuk Pemula

Aturan Jam Makan yang Baik untuk Diet

Ini Jadwal Makan Diet Ketat, Berat Badan Turun dan Tubuh Tetap Sehat

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu