Ikuti Cara Olahraga Naik Turun Tangga yang Mudah dan Aman

Kamu kesulitan mengosongkan jadwal untuk berolahraga? Tidak perlu khawatir sebab kamu bisa mencoba cara olahraga naik turun tangga yang mudah dan aman. Sejumlah kalangan menganggap kegiatan yang satu ini menjadi aktivitas olahraga sebab sangat melatih otot kaki. 

Nah, berikut ini ada cara untuk olahraga naik turun tangga yang bisa kamu lakukan saat ada sedikit waktu luang. Kamu bisa mencobanya saat di rumah maupun di kantor. Untuk lebih jelasnya, simak caranya di bawah ini. 

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Langkah-langkah Olahraga Tangga 

Naik turun tangga dapat dianggap menjadi bagian dari aktivitas olahraga. Dilansir dari Mayo Clinic, naik turun tangga merupakan sebuah praktek kegiatan fisik harian yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Naik dan turun tangga sekitar 15 menit saja bisa membakar 65 kalori dalam tubuh. 

Kegiatan ini dapat kamu lakukan dimanapun, lalu kamu pun dapat menambahkan berbagai variasi, seperti meningkatkan kecepatan ketikan turun tangga maupun membawa beban dapat membantu lebih banyak pembakaran kalori. Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, maka olahraga ini bisa kamu coba. 

Namun, sebelum kamu melakukan latihan ini, kamu harus melihat seberapa bugar tubuhmu untuk melakukannya. Lalu, ingat juga jika latihan ini sangat beresiko karena kamu dapat cedera bila terjatuh ketika melakukan gerakan di tangga. 

1. Manfaatkan tangan untuk jogging atau berjalan kaki 

Apabila kamu pernah naik tangan ke beberapa lantai, kamu paham jika kegiatan ini dapat menjadi cara untuk melakukan olahraga yang pastinya bermanfaat. Sesudah kamu naik pada tangga ke beberapa lantai, irama nafas dan detak jantung menjadi sangat cepat. Itulah mengapa latihan fisik memakai tangga bermanfaat untuk kesehatan. 

Apabila memungkinkan, kamu bisa mencari bangunan dengan beberapa lantai supaya dapat naik tangga. Kamu dapat memulai naik turun tangga sebanyak 1 lantai dan ulangi selama 5-10 menit. 

2. Sprint di tangga 

Apabila kamu cukup bugar, maka kamu bisa melakukan sprint di tangga supaya latihan kardio mu semakin menantang dan intens. Sprint di tangga pun bermanfaat untuk melatih kardiovaskular dan detak jantung menjadi semakin meningkat. 

Jika ingin melakukan sprint di tangga, maka kamu bisa berlari dengan durasi yang lama sesuai kemampuanmu. Namun, tidak sedikit orang yang bisa melakukan sprint ini dalam beberapa menit saja.

Ayunkan tanganmu ke arah depan dan belakang bergantian guna mempertahankan kecepatan mu. Cara ini menjadikan kamu terus bersemangat dan tubuh akan bekerja semakin keras. 

3. Lompatlah di tangga 

Apabila kamu tidak senang berlari menaiki tangga atau tidak terdapat tangga yang panjang, maka kamu bisa melakukan lompat ketika naik tangga. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu pliometrik, gerakan ini sangat bermanfaat guna melatih kardiovaskular dan juga mempercepat detak jantung. 

Ketika melakukan gerakan ini, kamu bisa melompat menggunakan salah satu kaki maupun langsung kedua kaki. Lakukan dari tangga bagian bawah dan mulai melompat ke tangga berikutnya. 

Manfaat Olahraga Naik Turun Tangga 

Secara umum olahraga tangga ini berguna untuk melatih otot tubuh pada bagian bawah. Dengan menaiki tangga untuk sebagian orang akan terasa sangat berat dibandingkan ketika menuruninya. 

Ketika menuruni anak tangga, kamu pun sebenarnya sedang melatih otot paha bagian depan. Gerakan yang satu ini mendorong kontraksi sebab kaki ikut menopang tubuh di setiap anak tangga. 

Namun, pernahkah kamu merasakan, saat sering turun tangga kamu mengalami sakit bagian kaki tertentu? Gerakan menuruni tangga bisa menjadikan otot quadriceps cukup tegang. Tetapi, rasa sakit bisa berkurang saat kamu sering berolahraga naik turun tangan.

Salah satu riset dai Medicine and Science in Sports and Exercise mengungkapkan jika melakukan olahraga turun tangan memiliki dampak positif lebih banyak dibandingkan naik tangga. Riset ini melihatkan wanita obesitas dengan umur 60 sampai 82 tahun yang jarang melakukan aktivitas fisik. 

Tidak hanya itu, ada manfaat lain dari olahraga turun tangga yang bisa kamu dapatkan seperti berikut ini: 

  • Meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung yang bisa melancarkan aliran darah di dalam tubuh. 
  • Mengurangi risiko berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, tekanan darah tinggi dan jantung koroner. 
  • Meningkat kekebalan dan kekuatan tubuh guna mengurangi risiko terkena penyakit serta membangun kinerja ketika beraktivitas setiap hari. 
  • Membentuk dan membangun massa otot. 
  • Membakar lemak di dalam tubuh dengan sangat efektif, sehingga bisa mengurangi dan mengatur berat badan. 

Jenis olahraga aerobik yang satu ini dapat kamu lakukan 2 kali seminggu selama 12 minggu agar bisa merasakan manfaatnya secara maksimal. Apabila kamu sudah dapat melakukannya secara konsisten dan rutin, tambahkan lagi jam terbang dengan menambahkan intensitas dan durasinya. 

Tidak lupa untuk terus memastikan melakukan aktivitas fisik selama 150 menit intensitas sedang maupun 75 menit intensitas tinggi per minggunya guna menjaga kebugaran mu. Sekarang kamu telah mengetahui sejumlah hal yang harus diperhatikan ketika melakukan olahraga yang satu ini bersama manfaatnya. 

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk melakukan olahraga yang mudah dan murah ini di rumah menjadi rutinitas fisik harian mu saat memiliki waktu luang walaupun hanya sebentar saja. Melakukannya secara rutin dan konsisten, maka sudah pasti kamu akan memperoleh hasilnya secara maksimal. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Sesudah mengetahui cara olahraga naik turun tangga dengan segudang manfaat yang dimilikinya, tentunya kamu harus mencoba olahraga ini mulai dari sekarang atau besok untuk kesehatan dan kebugaran tubuh mu. Jangan lupa juga untuk konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk mendukung program olahraga sehatmu. Untuk mendapatkannya, kamu bisa andalkan aplikasi Astro yang punya pengantaran cepat hanya dalam hitungan menit, sehingga kamu nggak perlu nunggu lama. Yuk, langsung download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store untuk belanja kebutuhan makanan sehat dengan cepat dan praktis!

Referensi:

Olahraga Naik Turun Tangga Ternyata Baik untuk Kesehatan

Sumber Gambar: Pexels

Arie Wahyu
Arie Wahyu