Kenali Dengan Benar, Ini Ciri Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Kenali Dengan Benar, Ini Ciri Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Para ibu harus tahu ciri-ciri bayi tidak cocok susu formula sebab menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya, bila gejala tersebut tidak diketahui dan susu formula terus kamu berikan, perlahan-lahan dapat mengganggu tumbuh kembang bayi. 

Tidak semua bayi cocok diberikan produk susu formula yang ada di pasaran. Bahkan sebagian produk dapat menimbulkan tanda-tanda bayi tidak cocok dengan susu formula. Biasanya, hal tersebut terjadi sebab bayi mempunyai alergi akan susu formula. 

Alergi susu formula merupakan respon dari imun bayi secara berlebihan akan salah satu protein yang ada di susu formula, sementara intoleransi laktosa adalah reaksi yang terjadi karena tubuh tidak sanggup mencerna laktosa, yakni gula alami pada susu hewani. 

Tanda-tanda masalah pencernaan yang muncul dari dua keadaan di atas bisa sangat sama, sehingga sangat membingungkan. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa ciri ciri bayi tidak cocok susu formula

Gejala Bayi Tidak Cocok dengan Susu Formula 

Ciri-ciri di bawah ini disebabkan karena alergi susu formula, apa saja itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

  • Terjadi masalah pencernaan, seperti konstipasi, diare, kolik, muntah, sakit perut sampai BAB berdarah. 
  • Reaksi akan kulit, misalnya gatal dan ruam merah sampai terjadi pembengkakan di wajah, bibir dan area mata. 
  • Gangguan pernapasan yaitu sesak napas, batuk, nafas berbunyi. 
  • Eksim yang tak kunjung membaik dengan berobat. 
  • Reaksi anafilaksis yang perlu penanganan medis secara langsung. 

Lalu, ada ciri-ciri bayi yang tidak cocok dengan susu formula karena intoleransi laktosa seperti: 

  • Perut kembung 
  • Diare 
  • Nyeri perut atau kram 
  • Muntah 

Semua ciri di atas biasanya terjadi dalam waktu dekat sesudah mengkonsumsi susu formula. 

Cara Mengatasinya 

Supaya kamu benar saat menyikapi kondisi bayi yang tidak cocok dengan susu formula, di bawah ini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. 

Kunjungi Dokter 

Saat bayi memperlihatkan reaksi alergi, langsung saja bawa ke dokter. Sehingga, dokter bisa memastikan penyebab dari alergi yang terjadi. Apabila memang benar disebabkan oleh susu formula, dokter bisa menganjurkan untuk mengganti susu formula lain yang cocok dengan keadaan bayi. 

Jangan Memberi Susu Formula Lainnya 

Ada baiknya sebelum mengunjungi dokter, jangan langsung memberikan susu formula lainnya kepada bayi, termasuk susu formula berbahan kedelai. Hal tersebut justru dapat mempersulit dokter saat ingin memastikan susu formula tersebut memicu reaksi alergi bagi bayi. 

Apabila bayi terbukti mengalami keadaan intoleransi laktosa, maka biasanya kamu dianjurkan untuk melakukan sejumlah cara guna mengatasinya seperti: 

  • Berikan si Kecil produk susu yang tidak memiliki kandungan laktosa. 
  • Batasi atau hindari seluruh produk susu dan juga makanan dengan kandungan laktosa. 
  • Lengkapi Mpasi dengan beberapa sumber kalsium yaitu salmon, brokoli, tahu, jus buah, sayuran hijau serta jeruk untuk mengganti asupan kalsium. 
  • Lengkapi asupan bayi dengan mineral dan vitamin lainnya seperti vitamin D, vitamin B, vitamin A dan juga fosfor. 

Apabila bayi memperlihatkan gejala tidak cocok dengan susu formula, maka kamu disarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter. Dengan demikian, penyebab reaksi tersebut bisa diketahui lebih awal dan kamu dapat mengganti jenis susu yang lebih bagus dan aman untuk si Kecil. 

Cara Ketahui Bayi yang Cocok Susu Formula 

Walaupun gejala bayi tak cocok dengan susu formula harus diketahui supaya bayi mendapatkan pengobatan segera, tetapi kamu juga harus tahu ciri-ciri bayi yang cocok dengan susu formula. 

Hal tersebut bertujuan supaya kamu bisa melanjutkan memberi susu formula demi melengkapi asupan nutrisinya, khususnya bila ibu hanya menghasilkan sedikit ASI. Di bawah ini tips ketahui bayi cocok susu formula. 

Tenang 

Bayi yang cocok susu formula maka ia akan menghabiskan susu hingga merasa kenyang, sehingga membuat bayi tenang. Apalagi, bila ia dapat menikmati susu sampai kenyang, yang berarti tidak muncul reaksi negatif yang timbul di saluran pencernaan sejak pertama kali ia menelannya. Oleh sebab itu, bayi rewel pun dapat terhindarkan. 

Tidak Rewel 

Bayi menjadi lebih mudah paham apa yang kamu katakan. Berarti, bayi sangat kooperatif. Ia tampak menikmati setiap tegukannya, bahkan ia tidak rewel dan terlihat ceria. 

Tidak Mengalami Sembelit atau Diare 

Sebab susu akan melewati sistem pencernaan bayi, jika tidak memperlihatkan gejala bayi tak cocok dengan susu formula, maka tidak terjadi tanda masalah pencernaan, misalnya bayi mengkonsumsi susu formula sering konstipasi atau buang air besar. 

Berat Badan Bertambah 

Sebab bayi merasa kenyang dan tidak terjadi masalah pencernaan, seperti muntah dan diare, sehingga asupan gizi dari susu dapat diserap dengan benar. Hal tersebut berefek dengan bertambahnya berat badan bayi. 

Nah, itu tadi ciri-ciri bayi tidak cocok susu formula yang harus kamu ketahui. Sesudah membaca ulasan di atas, kamu menjadi paham jika susu formula dengan kandungan yang bagus ini penting untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Kamu bisa dapatkan susu formula berkualitas hanya di Astro!

Dapatkan berbagai susu formula berkualitas terbaik, klik foto produk di bawah untuk belanja langsung di aplikasi Astro!

Referensi:

Tanda Bayi Tidak Cocok Susu Formula, Orang Tua Perlu Tahu

Kenali Ciri-Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula dan Cara Mengatasinya

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu