Cara Menyimpan Susu Formula Agar Tahan Lama yang Benar

Cara Menyimpan Susu Formula Agar Tahan Lama yang Benar

Susu formula yang sudah lama menjadi sebuah sumber nutrisi untuk anak-anak. Untuk memberikan kepada anak pun penuh dengan berbagai aturan. Selain sangat tidak disarankan untuk diberikan ke anak secara sembarangan, pembuatan susu formula juga perlu kamu lakukan dengan benar. 

Begitu juga dengan cara menyimpan susu formula agar tahan lama. Karena ketahanan susu formula yang sangat pendek, membuat kamu harus lebih cermat saat menyimpan susu ini. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada tips untuk menyimpan susu formula dengan benar agar tahan lama seperti berikut ini. 

Begini Cara Simpan Susu Formula dengan Baik

Di bawah ini ada beberapa cara yang perlu kamu perhatikan untuk menyimpan susu formula agar tahan lama dan kualitasnya tetap terjaga: 

1. Simpan di Wadah Kedap Udara 

Apabila kamu membeli susu formula bubuk kemasan kardus atau plastik, maka harus segera memindahkan susu tersebut ke dalam wadah susu atau toples yang bisa menjaga susu agar tidak terpapar udara dari luar. Intinya, simpan pada wadah yang kedap udara dan rapat. 

Hal ini dilakukan supaya susu formula terlindungi dari bakteri yang dapat merusak kualitas dari susu bubuk tersebut. 

2. Jangan Menggunakan Wadah Tembus Pandang 

Sangat tidak disarankan menyimpan susu formula di wadah yang transparan atau tembus pandang. Wadah seperti itu mungkin tampak menarik dan rapat. Namun, susu formula yang kamu simpan pada wadah tembus pandang ternyata bisa lebih mudah rusak. 

Jika memang tidak memiliki wadah penyimpanan lain, sebaiknya kamu lapisi wadah tersebut menggunakan kertas maupun bahan lainnya supaya cahaya tidak bisa masuk ke dalam wadah. 

3. Jangan Masukan ke Lemari Pendingin 

Sebagian makanan mungkin bisa tahan lama ketika disimpan dalam lemari pendingin. Tetapi, berbeda dengan susu formula bubuk ataupun yang lainnya. Sebab, menyimpan susu pada tempat yang lembab seperti lemari pendingin ini bisa menjadikan susu mudah rusak dan menggumpal.

Selain itu, saat ingin membuat susu, kamu menjadi repot karena harus menunggu suhunya mereda dahulu saat ingin membuatkan susu untuk si Kecil. Oleh karena itu, simpan saja di tempat yang bersuhu stabil atau suhu ruangan saja.

4. Jangan Simpan Susu Lebih Dari 2 Minggu 

Sesudah kamu membuka susu formula bubuk maka lebih baik segera dihabiskan dan tidak boleh lebih dari 2 minggu. Ada pula sebagian susu bubuk yang dapat bertahan sampai satu bulan sesudah dibuka. Tetapi, untuk lebih amannya, konsumsi susu formula sebelum batas pemakaiannya berakhir. 

Menyimpan susu formula bubuk dengan benar bisa membuat susu tahan lama dan susu tidak mudah basi. Begitu juga dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Untuk itu, kamu harus menyimpannya dengan benar. 

5. Simpan di Tempat yang Sejuk 

Hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya yaitu simpan susu formula di tempat yang sejuk dan kering, namun bukan di lemari pendingin. Lalu, kemasan harus dalam keadaan tertutup rapat agar tidak ada kuman yang masuk. Jangan lupa untuk selalu melihat tanggal kadaluarsa susu saat ingin memberikannya kepada si Kecil. 

Cara Membuat Susu Formula yang Benar 

Sesudah kamu mengetahui cara menyimpan susu formula yang benar, maka selanjutnya kamu harus mengetahui cara membuat susu formula seperti berikut: 

  1. Masak air panas sampai suhu nya mencapai 70 derajat celcius, kamu dapat memakai bantuan termometer guna mengukur suhu air nya. Air panas berguna untuk membunuh bakteri yang mungkin terdapat pada botol susu atau susu bubuk.
  2. Masukkan air panas ke dalam botol susu formula yang sudah kamu takar jumlahnya, lalu tutup botol rapat-rapat dengan penutup dan dotnya. 
  3. Kocok botol tersebut agar susu dan air nya tercampur secara merata sampai tidak ada gumpalan di dalamnya. Ini adalah cara yang lebih bagus dan steril dibandingkan kamu mengaduknya menggunakan sendok. 
  4. Apabila susu yang kamu buat masih terlalu panas, kamu dapat merendam botol dengan air dingin tanpa harus mengenai dot nya. 

Kamu dapat mencoba teteskan susu pada bagian punggung tangan agar mengetahui suhu dari susu tersebut. Ketika ingin bepergian, kamu juga bisa menyiapkan susu formula siap minum dalam botol. Kamu dapat membuatnya sebelum berangkat dan meletakkannya di atas pendingin selama 2 jam saja. 

Jika lebih dari waktu tersebut, sepertinya si Kecil harus dibawakan susu yang sudah jadi sehingga ia tetap bisa menikmati susunya sambil kamu beraktivitas di luar rumah. 

Demikianlah, beberapa cara menyimpan susu formula agar tahan lama yang perlu para ibu ketahui agar kualitas susu terjaga dan susu tidak mudah rusak. Semoga ulasan di atas bisa membantu dan bermanfaat untuk kamu, ya! Oiya, buat kamu yang mau belanja susu formula dan kebutuhan ibu & bayi terbaik, kamu bisa langsung pesan lewat aplikasi Astro lho! Pesan susu formula di Astro dalam hitungan menit sampai di rumah! Yuk, belanja sekarang!

Dapatkan berbagai susu formula berkualitas terbaik, klik foto produk di bawah untuk belanja langsung di aplikasi Astro!

Referensi:

Tips Menyimpan Susu Formula Bubuk Agar Tahan Lama

6 Helpful Tips to Store Formula Milk

Storing Formula Milk

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu