Cara Memilih Susu Formula yang Bagus dan Terbaik Untuk Bayi

Cara Memilih Susu Formula yang Bagus Untuk Bayi Terbaik

Ada sebagian ibu yang tidak bisa memenuhi kebutuhan ASI, sehingga alternatifnya si Kecil harus diberi susu formula. Untuk itu, para ibu perlu mengetahui cara memilih susu formula yang bagus untuk bayi. 

Kandungan nutrisi yang ada di susu formula pun diharapkan bisa memenuhi kebutuhan gizi si Kecil supaya dapat tumbuh secara optimal. Saat ini sudah banyak susu formula yang di jual di pasaran, harganya juga sangat bervariatif. Tetapi, bagaimana cara memilih susu formula dengan benar? Berikut ini cara memilihnya. 

Tips Pilih Susu Formula untuk Si Kecil 

Memilih susu formula untuk si Kecil tidak dapat dilakukan secara sembarang, karena mereka tidak dapat mencerna makanan dengan sempurna. Sehingga, ini dianjurkan lebih memperhatikan lagi saat memilih susu formula. 

Susu yang bagus tidak dilihat dari harga dan merek, namun yang penting yaitu kandungan didalam susu tersebut. Menurut U.S News Health, di bawah ini beberapa tips memilih susu untuk bayi seperti: 

1. Pilih Susu Sapi 

Mungkin kamu juga sudah mengetahui jika susu kedelai lebih populer untuk orang dewasa, namun untuk bayi, cobalah untuk memulainya dengan susu formula atau susu yang terbuat dari susu sapi biasa. Banyak bayi menerima susu formula ini dengan baik sehingga kamu dapat memberikannya secara rutin. 

2. Susu Kedelai 

Apabila bayi terlihat tidak bisa mengkonsumsi susu sapi karena menyebabkan ruam, perut kembung dan lainnya. Tentu saja kamu bisa mengganti susu sapi dengan susu kedelai. Protein yang ada di dalam kedelai sangat kontroversial, sebab paparan secara berlebihan berdampak mempunyai efek seperti hormon. Tetapi, tidak sedikit orang yang memakai susu kedelai sebab mempunyai manfaat yang mirip dengan susu sapi. 

Hal yang perlu kamu ketahui jika yaitu American Academy of Pediatrics menganjurkan penggunaan susu formula kedelai untuk hal yang begitu spesifik, misalnya saat bayi mempunyai alergi susu. Tetapi, ada baiknya konsultasikan dahulu ke dokter anak. 

3. Perhatikan Proteinnya 

Cara memilih susu formula selanjutnya yaitu kamu harus memperhatikan jenis protein yang ada di produk susu tersebut. Ada jenis protein yang sangat dianjurkan seperti whey, tetapi kamu dapat memilih produk susu yang mengkombinasikan jenis protein casein dan whey. Komposisi whey wajib lebih tinggi dibandingkan casein, yakni sebesar 60:40. Ukuran tersebut setara seperti kandungan protein yang ada di ASI. 

4. Pilih Susu Sesuai Usia

Pastikan kamu memilih susu formula berdasarkan usia si Kecil. Biasanya susu formula untuk bayi dengan usia 0 bulan mempunyai komposisi mineral dan vitamin yang tidak sama dengan formula untuk bayi berusia 6 bulan. Oleh karena itu, kamu perlu diteliti saat memilih susu agar tidak salah membeli. 

5. Tidak Harus Membeli Susu Organik 

Ternyata kurang dianjurkan untuk para ibu mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli susu organik. Karena, faktanya belum terdapat data yang memperlihatkan jika ada perbedaan dari susu formula reguler dan organik. 

Cara Kenalkan si Kecil dengan Susu Formula 

Mungkin sebagian bayi akan menolak saat diberikan susu formula sebab dia telah terbiasa dengan ASI. Biasanya dia akan menolak jika diberikan susu lewat botol, sebab saat berdekatan dengan sang ibu, bayi otomatis berharap diberikan ASI. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu: 

  • Campurkan susu formula dengan ASI. Perlahan-lahan kamu bisa meningkatkan takaran susu formula. 
  • Teteskan ASI di dot bayi sebelum digunakan untuk menarik perhatian si Kecil. 
  • Pakailah dot yang mirip dengan puting payudara ibu supaya bayi menganggap dot tersebut adalah puting. 
  • Minta bantuan kepada suami atau anggota keluarga lainnya guna memberikan botol susu ke si Kecil supaya ia terbiasa mengkonsumsi susu formula. 

Sebagus-bagusnya susu formula, tentunya tidak bisa bersaing dengan manfaat ASI. Tetapi, bila kamu tidak dapat memberikan ASI eksklusif, tentunya jangan terbebani dengan hal tersebut. Kamu tidak perlu cemas, sebab susu formula pun mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk si Kecil. 

Yang paling penting yaitu pilih jenis susu formula yang telah terdaftar pada BPOM RI. Bila kamu masih bingung ingin membeli kebutuhan ibu & bayi seperti susu formula berkualitas dimana, maka kamu bisa membelinya di aplikasi Astro! 

Astro merupakan sebuah aplikasi belanja online yang bisa kamu gunakan untuk membeli berbagai kebutuhan di Kecil atau kebutuhan sehari-hari. Astro menyediakan berbagai susu formula berkualitas yang tentunya aman untuk dikonsumsi si Kecil. 

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya di App Store atau Play Store, pesan susu formula yang diinginkan, dan kurir akan datang hanya dalam 15 menit saja ke rumah untuk mengantarkan belanjaan kamu. Sangat membantu untuk kamu yang repot, bukan? Untuk itu, tunggu apalagi? Unduh aplikasi Astro sekarang juga dan rasakan manfaatnya!

Referensi:

5 Tips Memilih Susu Formula untuk Bayi

Panduan Memilih Susu Formula untuk Bayi

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu