Cara Memilih Buah Semangka yang Manis dan Matang Sempurna

Cara Memilih Buah Semangka yang Manis dan Matang Sempurna

Selalu dapatkan buah semangka dengan kematangan sempurna dengan rasa yang manis dengan tips-tips memilih semangka berikut ini.


Halo AstroFriends! Pernah nggak sih kamu membeli buah semangka dan ternyata rasanya hambar dan tidak manis? Pastinya kamu bakalan kecewa, kan? Nah, itu tanda kamu memilih semangka yang belum matang. Untuk menghindarinya, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut untuk memilih semangka yang manis dan matang.

Baca Juga: Semangka, Buah Segar yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Cara Memilih Semangka yang Matang dan Manis

Infografis Cara Memilih Semangka yang Matang dan Manis

1.Perhatikan Motif Garis 

Buah semangka mempunyai ciri khas motif garis. Motif garis ini juga jadi pertanda buah semangka sudah matang. Sebaiknya kamu memilih semangka yang punya motif garis yang kuat dan konsisten. Motif garis hijau harus berwarna gelap, sedangkan garis pucat harus berwarna krem dan kuning muda.

2. Temukan Field Spot

Salah satu ciri semangka yang berkualitas, matang, dan manis adalah dari field spot-nya. Field spot sendiri merupakan perubahan warna yang besar di permukaan semangka, yang menunjukkan letak buah semangka di tanah saat matang. 

Semangka yang matang dan manis biasanya memiliki field spot berwarna kuning krem atau mendekati oranye. Jika warnanya putih atau kuning muda, menandakan buah semangka belum matang dan kurang manis. 

3. Ketuk Buah Semangka

Mengetuk buah semangka dapat membantu menemukan semangka dengan kualitas baik dan manis. Caranya adalah dengan mengetuk buah semangka dengan lembut dan dengarkan suaranya. Jika terdengar dalam dan berongga, kandungan air dalam semangka lebih tinggi dan kemungkinan besar sudah matang. Sebaliknya, jika suara ketukan lebih nyaring dan padat, ini menandakan kulitnya terlalu tebal dan buah semangka belum matang sepenuhnya.

4. Periksa Batangnya

Untuk memilih semangka yang matang dan manis, kamu sebaiknya memeriksa bagian batangnya. Semangka yang manis memiliki batang kering dan berwarna kuning kecoklatan. Jika batang berwarna hijau mungkin menandakan semangka belum matang dan kurang manis.

5. Bintik/Jaring Pada Semangka

Bintik-bintik berbentuk seperti jaring pada semangka merupakan ciri-ciri buah semangka yang sangat manis. Bintik-bintik jaring ini menunjukkan di mana gula merembes keluar dari buah. Oleh karena itu, pastikan untuk cek keseluruhan sisi semangka untuk menemukan bintik-bintik jaring ini. 

6. Berat dan Kepadatan Buah Semangka

Salah satu cara lain untuk memilih semangka yang manis adalah dengan memperhatikan berat dan kepadatan buah. Semangka yang manis akan terasa lebih berat daripada yang terlihat, menandakan bahwa semangka tersebut padat. Semakin padat buah semangka, semakin tinggi kandungan airnya, sehingga menghasilkan semangka yang lebih manis.

7. Perhatikan Bentuk Semangka

Bentuk semangka juga memengaruhi tingkat kemanisannya. Carilah semangka yang lebih bulat dan simetris, bukan lonjong. Semangka bulat lebih manis, sedangkan semangka lonjong cenderung lebih berair dan hambar. Periksa juga permukaan semangka. Semangka dengan permukaan bergumpal tidak beraturan menandakan kekurangan sinar matahari atau air selama penanaman. Hindari semangka dengan ciri tersebut.

8. Warna Semangka

Cara memilih semangka yang baik berikutnya adalah dari warnanya. Pilih buat semangka berwarna gelap dan kusam, yang menandakan bahwa buah semangka sudah matang. Jika semangka mengkilap, menandakan semangka belum matang.

9. Beli Semangka Saat Musimnya

Tips terakhir untuk memilih semangka adalah membelinya saat musimnya. Musim panen semangka berlangsung antara bulan Mei hingga September. Inilah waktu yang tepat untuk membeli semangka. Kamu bisa menerapkan cara-cara di atas untuk menemukan semangka yang sempurna saat musimnya!

Baca Juga: Cara Mudah dan Praktis Membuat Jus Semangka Segar Dirumah

Itu dia cara memilih semangka yang manis dan matang, Astro Friends! Dengan mengikuti cara-cara di atas, kamu bisa memilih semangka yang manis dan matang sempurna dengan mudah, jadi nggak perlu bingung dan kecewa lagi saat membeli semangka, ya.

Buat AstroFriends yang nggak punya banyak waktu untuk belanja buah semangka berkualitas dan matang, kamu juga bisa andalkan Astro yang menyediakan buah semangka berkualitas yang matang sempurna. Cukup download aplikasi Astro sekarang dan pesan buah semangka yang akan diantar dalam hitungan menit aja! Yuk, cobain Astro sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu