Aturan Makan Nasi Untuk Diet Sehat yang Harus Diketahui

Aturan Makan Nasi Untuk Diet Sehat yang Harus Diketahui

Ada beberapa ketentuan ketika kamu sedang fokus untuk menurunkan berat badan. Namun ada beberapa orang yang tidak ingin konsumsi nasi putih dan harus dihindari. Padahal, jika kamu sedang menjalani program diet, tidak ada salahnya dengan memperhatikan tolak ukur yang ada. Terpenting kamu memiliki aturan makan nasi untuk diet. 

Pada dasarnya, memang nasi putih sendiri mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi, tapi rendah akan kalori lainnya. Untuk kamu yang sedang diet, maka lebih baik untuk kamu perhatikan adalah dengan memperhatikan pola yang tepat. Pada tahap ini, kami akan menjelaskan beberapa ketentuan yang bisa kamu lihat dan pahami secara menyeluruh. 

Panduan Diet Makan Nasi Putih 

Mengganti semuanya dan mencari alternatif karbohidrat lainnya terasa sangat sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Pada tahap ini, jika kamu tidak ingin mengubah nasi menjadi sumber karbohidrat utama dalam memenuhi nutrisi dalam tubuh, maka ada beberapa ketentuan yang harus dipahami. Jika melansir dari liputan6.com ada beberapa aturan yang bisa kamu lakukan jika ingin tetap diet dan makan nasi putih. 

1. Mengatur Porsi Makan

Ukuran atau takaran nasi memang harus kamu kurangi dan hindari makan terlalu banyak, karena tindakan tersebut akan membuat program diet akan terasa sia-sia. Untuk permulaan yang bisa kamu lakukan adalah mengatur porsi dan menguranginya secara perlahan. Dengan demikian, energi yang kamu butuhkan tidak langsung lemas dan masih semangat menjalani program diet. 

Porsi yang bisa kamu lakukan adalah penuhi piring dengan ¼ nasi, lalu tambahkan beberapa lauk yang sehat dengan mengandung banyak serat dan protein. Sisi lainnya, pastikan beberapa lauk pauk tersebut menjadi alternatif untuk mengenyangkan perut kamu. Perlu dicatat juga, hindari makan karbohidrat tinggi, baik sebelum atau sesudahnya. 

2. Perbanyak Jumlah Sayuran Segar

Untuk takaran orang Indonesia, makan nasi putih menjadi kebutuhan utama. Sehingga untuk mengganti dan melepaskan semuanya akan terasa sangat sulit, apalagi jika kamu baru mencoba program diet, sehingga benar-benar menguras energi. Langkah paling baik memang mengurangi jumlah konsumsinya dan kombinasikan dengan jumlah sayur segar yang lebih banyak. 

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan sayuran yang tinggi akan serat dan protein, sehingga memberikan dampak baik untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Menariknya lagi, konsumsi sayuran membuat kamu akan lebih cepat kenyang dan tidak mudah lapar. Namun, tetap pastikan juga sayuran yang tidak berminyak dan pilih yang segar. 

3. Ketahui Cara Memasak Sayuran 

Nasi yang berlebihan memang tidak baik untuk program diet dan menggantinya dengan ragam sayuran yang diperlukan oleh tubuh. Namun tidak kalah penting untuk kamu lihat adalah mengetahui cara memasak sayuran yang ada tersebut. Hal ini menjadi sangat penting, rasanya akan percuma apabila kamu mengurangi porsi nasi, tapi tetap konsumsi sayuran yang berminyak. 

Alternatif yang bisa kamu lakukan adalah mencari cara memasak dengan direbus, dikukus, atau dipanggang. Beberapa pilihan di atas memberikan kamu manfaat yang baik untuk tubuh, serta juga kandungannya akan lebih rendah kalori dan tidak membuat badan kamu naik lagi. Dengan demikian, semua proses yang ada harus kamu lihat dan tidak boleh sembarangan. 

4. Ketentuan Makan Malam 

Pada dasarnya tidak ada permasalahan untuk konsumsi nasi putih jika sedang diet, namun perlu untuk diingat juga terkait ketentuan makan malam. Nasi termasuk bahan makanan yang mudah sekali dicerna oleh tubuh, sehingga jika kamu tidak memahami beberapa ketentuan yang ada akan berdampak pada rasa lapar ketika kamu bangun pagi. 

Cara yang paling pas untuk kamu lakukan adalah mencari dan memilih makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga lebih baik untuk menghindari nasi putih. Dengan demikian, kamu mungkin konsumsi sup sayur, roti gandum, atau ragam olahan lainnya. 

Banyak orang menghindari nasi putih saat sedang menjalani diet. Tetapi kamu tetap bisa melakukannya asal memahami jumlah takaran dan ketentuannya. Sebenarnya, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan dengan tujuan mendapatkan hasil yang optimal. Oleh karena itu, jika kamu sedang diet dan kesulitan lepas dari nasi putih, beberapa saran diatas bisa kamu lakukan. 

Terpenting kamu penuhi diri kamu dengan kandungan yang sehat dan berkualitas, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, atau lainnya. Semua kebutuhan yang ada tersebut bisa langsung kamu dapatkan di aplikasi Astro sebagai solusi terbaik untuk memenuhi program diet yang kamu lakukan.

Referensi:

4 Tips Aman Makan Nasi Saat Jalani Diet

Bisa Turun 4 Kg dalam Seminggu Tapi Masih Makan Nasi, Begini Caranya!

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu