Ini Tips Hamil Sehat Sampai Melahirkan, Bumil Harus Tahu

Ini Tips Hamil Sehat Sampai Melahirkan, Bumil Harus Tahu

Tentu saja semua bumil ingin mempunyai kehamilan sehat hingga melahirkan. Untuk bisa mendapatkan hal tersebut, pastinya terdapat banyak tips hamil sehat sampai melahirkan yang dapat dilakukan. Caranya sederhana, sebenarnya kehamilan yang sehat dapat kamu mulai dengan merawat kesehatan fisik dan emosional. 

Jika sang bunda sudah terjaga kesehatan dan kebahagiaan nya, maka janin yang berada di kandungan juga akan merasakan hal yang sama. Apabila kamu bingung dari mana memulainya, maka kamu bisa mengikuti beberapa tipsnya seperti berikut ini. 

Terapkan Pola Hidup Sehat untuk Jaga Kesehatan Ibu Hamil

Menjadi hal yang cukup susah untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Tetap, hal ini bukan tidak mungkin terwujud bila sang bunda menjalani semua pola hidup sehat seperti: 

1. Konsumsi makanan bergizi 

Selama kehamilan kondisi kesehatan sangat bergantung dengan pola hidup sehat yang dilakukan oleh ibu hamil. Untuk itu, konsumsilah makanan sehat dan bergizi demi mendukung kesehatan diri sendiri dan janin yang ada di dalam kandungan kamu. 

Dengan mengkonsumsi makanan bergizi, maka bisa membantu menambah stamina kamu, mengelola berat badan ketika hamil agar tetap sehat dan terhindar dari komplikasi kehamilan. Dengan melakukan pola makan sehat, membuat kesehatan kamu menjadi jauh lebih baik. 

2. Konsumsi vitamin prenatal 

Untuk ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin prenatal guna menjaga kesehatan dan juga menjadi usaha untuk menerapkan pola hidup sehat. Sebenarnya dengan mengkonsumsi makanan sehat setiap hari sudah memenuhi asupan nutrisi bagi ibu hamil. 

Tetapi, vitamin bisa membantu memenuhi dan memberikan tambahan nutrisi yang diperlukan janin dalam kandungan. Pada umumnya vitamin hamil mengandung asam folat yang berasal dari vitamin B. Asam folat memiliki peran penting untuk perkembangan sumsum tulang belakang dan otak bayi. 

Selain itu, asam folat juga bisa menjaga kesehatan kamu dan mencegah resiko bayi terlahir cacat. Sebaiknya, vitamin ini diminum saat sebelum hamil. Kamu bisa melakukan konsultasi kepada dokter mengenai vitamin prenatal yang kamu butuhkan. 

3. Rutin berolahraga 

Hamil bukan menjadi penghalang bagi kamu untuk berolahraga. Olahraga merupakan hal yang sangat penting dari pola hidup sehat untuk kamu demi menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Olahraga juga bisa membantu melancarkan oksigen dan sirkulasi darah dalam tubuh, mengurangi stres ketika hamil dan memperkuat otot. 

Luangkanlah waktu selama 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga demi kesehatan kamu. Terdapat banyak pilihan olahraga untuk ibu hamil yang aman. Kamu tidak harus berolahraga berat. Cukup lakukan olahraga yang ringan seperti yoga, berenang atau jalan santai. 

4. Tidak minum alkohol dan merokok 

Jangan mengkonsumsi alkohol dan merokok demi menjaga kesehatan kamu dan janin selama 9 bulan. Sebab, jika banyak mengkonsumsi alkohol dan rokok ketika hamil resiko keguguran akan semakin meningkat. 

Dua hal buruk tersebut juga bisa mengakibatkan bayi lahir cacat, prematur hingga meninggal. Untuk itu, pastikan kamu tidak merokok dan minum alkohol selama proses kehamilan. 

5. Kelola berat badan agar tetap ideal 

Semua perempuan yang sedang mengandung disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatan kamu. Tidak hanya itu, makan dengan teratur pun memiliki tujuan untuk menambah berat badan kamu saat hamil supaya ideal. 

Untuk kamu yang memiliki berat badan ideal sebelum hamil, dianjurkan untuk menambah berat badan sampai 11,5 sampai 16 kg selama hamil. Lalu, untuk kamu yang sangat kurus saat sebelum hamil, maka harus menambah berat badan sekitar 13 sampai 18 kg selama kehamilan. 

Naiknya berat badan ini sudah pasti memiliki pengaruh yang besar untuk kamu dan sang bayi. Namun, jangan sampai kamu terlalu banyak makan sampai mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan. Porsi makan juga harus benar-benar diperhatikan, sehingga tidak mengganggu kesehatan kamu karena berat badan yang berlebih. 

6. Banyak minum air putih 

Demi menjaga kesehatan kamu selama proses kehamilan, maka kamu disarankan untuk banyak minum air putih setiap harinya. Tercukupinya cairan dalam tubuh bisa membantu memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, tidak terkecuali pada janin. Lalu, menerapkan pola hidup sehat dengan banyak minum air putih juga dapat meningkatkan sistem imun kamu. 

Selain itu, kebiasaan baik ini pun bisa mencegah berbagai penyakit pada kamu. Beberapa penyakit yang dapat dicegah seperti anemia, kelelahan, dehidrasi, wasir, infeksi saluran kencing dan sembelit.

7. Tidur yang cukup 

Tidur menjadi salah satu hal penting dari pola hidup sehat para ibu hamil yang sering dianggap remeh. Sayangnya selama masa kehamilan, kamu menjadi sangat mudah mengantuk pada siang hari dan sulit untuk tidur di malam hari karena perubahan hormon. 

Masalah yang satu ini menjadikan kamu kurang tidur karena waktu tidur yang berantakan. Apalagi kurang tidur selama hamil dihubungkan dengan resiko lahir caesar dan komplikasi seppert preeklampsia. Solusinya, segeralah tidur saat kamu merasa ngantuk atau lelah. Selalu tidur siang agar kebutuhan tidur kamu tercukupi. 

Demikianlah, beberapa tips hamil sehat sampai melahirkan yang harus kamu terapkan mulai sekarang. Jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi selama masa kehamilan. Ketika hamil pastinya kamu mengurangi aktivitas melelahkan seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari, bukan? 

Tidak perlu khawatir, kamu bisa tetap berbelanja kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah. Cukup instal aplikasi Astro saja kamu sudah bisa berbelanja berbagai produk untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan untuk masa kehamilan, lho! Yuk, beli semua kebutuhan kamu hanya di Astro!

Referensi:

9 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin Dalam Kandungan

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu