Tips Hamil Sehat, Bumil Harus Tahu Ini

Tips Hamil Sehat, Bumil Harus Tahu Ini

Sebagai Ibu yang sedang hamil tentu memiliki kewajiban untuk memenuhi nutrisi dan juga menjaga kondisi tubuh dan janin agar tetap sehat selama masa kehamilan untuk sembilan bulan. Kondisi bayi atau janin sangat berpengaruh pada kondisi sang ibu yang sedang mengandung.

Bayi yang lahir dengan proses yang mudah serta lahir dalam kondisi sehat merupakan hasil dari kerja keras sang ibunda selama 9 bulan dalam menjaga dan merawat diri dan sang buah hati selama masa kehamilan. Menerapkan pola makan dan menerapkan pola hidup yang sehat adalah kunci kesehatan bagi sang buah hati dan sang ibu.

Dengan tetap menerapkan pola hidup sehat tentu saja akan membantu proses tumbuh dan proses bekembangnya janin dengan cara terbaik hingga nanti akhirnya lahir ke dunia. Sebagai ibu yang sedang hamil, tentu saja tidak hanya menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat secara fisik juga melainkan juga harus menerapkan pola pikir dalam pikiran yang baik dengan cara yang sehat.

Melakukan Pola Hidup Sehat, Cara Menjaga Kesehatan Ibu dan Janin

Sebagai ibu yang sedang hamil, kamu tentu saja wajib selalu menjaga pola hidup sehat yang harus selalu dilakukan secara konsisten pada setiap harinya agar janin dan kondisi sang ibu juga tetap dalam keadaan sehat. Berikut ini cara yang bisa kamu ikuti dalam proses mewujudkan pola hidup yang sehat sebagai ibu hamil.  Simak yuk!

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Gizi yang Cukup

Sudah menjadi hal wajib masuk dalam daftar kamu dalam menjaga pola hidup yang sehat sebagai ibu hamil. Keadaan sehat atau tidaknya kehamilan kamu akan sangat tergantung pada pola hidup yang sehat atau tidak. Pada hal ini, kamu bisa menambahkan beberapa makanan sehat yang macam-macam jenisnya.

Tentu harus mengandung gizi yang banyak, sebab itu akan membantu tumbuh kembang dan sehat atau tidaknya janin dalam perut. 

Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung gizi akan memudahkan ibu dan janin menerima stamina atau energi yang juga dapat terhindar dari adanya risiko komplikasi saat sedang hamil. Selain itu, makanan yang mengandung gizi yang baik akan membantu sang ibu dalam kontrol berat badan ketika masih hamil.

Ibu hamil adalah orang yang harus sangat dijaga dengan baik, baik itu menjaga keadaan fisik maupun menjaga keadaan pikiran. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan lezat tentu saja dapat membantu sang ibu dalam terhindar dari adanya kemunculan depresi. Sebab, dampaknya akan membuat perasaan ibu hamil jadi lebih stabil saat sedang mengandung.

Perlu diingat bahwa ibu hamil harus menghindari makanan berupa ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi. Contohnya ada pada ikan tuna, ikan pedang dan juga ada pada ikan makarel, alasannya supaya sang ibu tetap sehat.

2. Konsumsi Vitamin Prenatal

Disarankan pada semua ibu hamil untuk mengkonsumsi vitamin prenatal guna tetap menjaga kondisi tubuh tetap dalam kondisi prima. 

Menjaga pola makan dengan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi bisa tercukupi dari makanan setiap harinya. Kendati demikian, vitamin bisa juga bermanfaat dan menambahkan nutrisi dalam proses memenuhi nutrisi dalam tubuh yang akan sangat berguna untuk sang janin.

3. Olahraga secara Rutin

Ibu hamil juga perlu berolahraga, sebab olahraga sangatlah penting. Pola hidup sehat bagi ibu hamil dengan melakukan aktivitas olahraga tentunya dapat meringankan sirkulasi darah dan juga oksigen pada tubuh ibu. 

Olahraga juga membantu menguatkan otot-otot serta mampu mengurangi stress yang sering dihadapi ibu ketika sedang hamil. Tidak hanya sampai situ saja, kecerdasan sang buah hati juga dipengaruhi dari aktivitas sang ibu saat masih mengandung, sebab kecerdasan bayi sudah mulai ditentukan saat masih dalam rahim.

4. Tidak Mengkonsumsi Alkohol atau Merokok

Jika kamu adalah seorang perokok sebelum hamil, sebaiknya hentikan, demi kebaikan dan kesehatan ibu dan sang buah hati. Apabila kamu juga sebelum hamil sudah terbiasa mengkonsumsi alkohol sebaiknya hentikan saat sedang hamil. Sebab, bisa membuka kesempatan untuk keguguran pada janin. Tentunya kamu tidak ingin hal buruk tersebut terjadi pada diri kamu dan janin kamu.

Kedua hal tersebut apabila dilakukan saat sedang hamil tidak hanya risiko keguguran saja melainkan, juga bisa membuat bayi lahir meninggal, lahir dalam keadaan cacat, atau risiko janin atau bayi lahir dalam keadaan prematur, dan bisa juga bayi akan lahir dalam keadaan berat badan yang sedikit.

5. Menjaga Berat Badan 

Menjaga berat badan agar tetap ideal saat hamil juga diperlukan. Memang, ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi berbagai macam makanan dan minuman yang kaya akan gizi dan kandungan nutrisinya. Memakan makanan yang bergizi, pola hidup yang sehat dan makan di waktu dan dengan porsi yang teratur juga bisa membantu kamu agar tetap menjaga berat badan yang tetap ideal saat masih hamil.

Tentunya usahakan berat badan ibu hamil tidak boleh kurang dan tidak boleh berlebihan, guna mengatur pola hidup sehat dan menjaga janin dalam kandungan. Berat badan ibu yang sedang mengandung sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan sang buah hati dalam kandungan. 

Oleh sebab itu, sebagai ibu yang sedang mengandung tentu segala usaha demi menjaga kesehatan diri dan menjaga kesehatan sang buah hati harus tetap teratur. Kamu harus memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi memiliki kandungan nutrisi yang baik dan memiliki kualitas serta kondisi yang masih baik dan segar. Kamu bisa menambahkan buah-buahan yang masih segar dan berkualitas tinggi untuk kamu konsumsi dalam proses hidup sehat.

Kamu bisa membeli bahan makanan berupa buah-buahan di Astro yang merupakan aplikasi quick commerce terpercaya untuk keluarga kamu. Astro menyediakan buah-buahan dikenal dengan yang masih baru, masih segar dan tentunya mempunyai kualitas yang terjamin. Kamu tidak perlu khawatir sebab, saat hamil kamu yang tidak boleh terlalu banyak bergerak di luar bisa memesan buah-buahan segar di aplikasi Astro

Tidak perlu takut buahnya basi sebab pesanan yang kamu pesan akan sampai di depan pintu rumah kamu dalam hitungan waktu yang cepat dan terjamin kualitasnya masih terjaga. Bahkan pemesanan bisa kamu lakukan kapan saja karena pengantaran bisa dilakukan selama 24 jam penuh tidak berhenti sekalipun.

Referensi:

9 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin Dalam Kandungan

7 Langkah Mencapai Hamil Sehat

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu