Resep Mpasi Untuk Bayi yang Susah Makan, Bunda Harus Tahu

Resep Mpasi untuk bayi yang susah makan sekarang sudah banyak ditemukan di internet karena sesudah menginjak masa Mpasi, biasanya si Kecil menjadi sulit makan dan hal ini menjadi keluhan yang banyak dialami oleh orang tua. 

Tidak jarang juga hal tersebut mengakibatkan orang tua kebingungan dan frustasi untuk memilih menu Mpasi yang akan dibuat untuk sang buah hati. Pada umur lebih dari 8 bulan, anak-anak sudah mulai dapat mengenal dan memilih rasa. 

Apabila kamu berikan bubur yang teksturnya sama setiap harinya, maka anak akan merasa bosan dengan makanan tersebut. Bahkan sebagian anak tidak ingin memakan menu Mpasi yang rasanya hambar. 

Oleh sebab itu, sebelum kamu memberikan Mpasi untuk anak, ada baiknya kamu mencoba rasanya lebih dulu. Apabila menurutmu menu nya kurang enak, maka si Kecil juga akan merasakan hal yang sama, sehingga anak tidak ingin memakannya. 

Untuk membantu para ibu agar tidak kebingungan lagi, pada kesempatan kali kami sudah merangkumkan resep Mpasi untuk bayi yang susah makan. Mari simak ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: Ini Resep Mpasi Untuk Bayi yang Sedang Diare yang Lezat dan Mudah Dibuat

Ide Menu Mpasi untuk Anak yang Sulit Makan 

Supaya buah hati mu bersemangat untuk memakan Mpasinya, maka kamu bisa mencoba membuatkan menu Mpasi lain dari yang biasanya kamu sajikan. Di bawah ini ada beberapa ide menu Mpasi untuk anak yang bergizi dan lezat. 

1. Macaroni schotel dengan campuran tahu dan ayam 

Menu ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak yang telah mengkonsumsi bubur dengan tekstur yang kasar. Biasanya anak yang umurnya menginjak 8 bulan ke atas dan cocok untuk membantu menambah berat badan si Kecil. Bukan hanya untuk anak-anak, menu ini juga cocok dikonsumsi orang dewasa, lho. 

Bahan: 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Resep Mpasi kamu di ASTRO!

resep mpasi

Cara membuat: 

  • Rebus makaroni sampai lunak sekitar 20-30 menit
  • Tumis bawang putih menggunakan unsalted butter 
  • Masukan ayam cincang, wortel dan tahu 
  • Masukkan keju parut dan susu cair 
  • Tumis sampai matang 
  • Lalu, siapkan mangkuk dan masukkan telur 
  • Kocok lepas memakai garpu atau sendok 
  • Masukan adonan makaroni yang telah matang ke dalamnya 
  • Aduk sampai merata dan taburkan keju parut 
  • Kukus kurang lebih 30 menit 

Kamu bisa mengganti sayur atau daging yang lain sesuai selera anak agar mereka tertarik untuk memakannya. 

2. Mashed potato 

Menu yang satu ini sangat jarang untuk ditolak oleh para bayi dan anak-anak. Bayi berumur lebih dari 7 bulan bisa mencobanya. Kamu juga bisa ikut menyantap menu yang satu ini untuk sarapan di pagi hari atau malam hari. Menu ini pun cocok untuk kamu yang sedang diet, lho! 

Berikut ada beberapa bahan dan cara pembuatan yang perlu kamu simak agar tidak salah langkah dalam membuat menu makanan untuk Mpasi anak yang satu ini. 

Bahan: 

Cara membuat: 

  • Kukus kentang sampai lunak kurang lebih selama 20-30 menit. Sesudah matang, haluskan kentang 
  • Tumis bawang putih menggunakan unsalted butter. Sesudah harum, masukan brokoli dan daging
  • Masukan keju, susu dan garam jika perlu 
  • Masukan kentang yang telah dihaluskan ke tumisan daging 
  • Taburkan oregano dan masak sampai susu menyerap 

Untuk anak yang tidak suka dengan brokoli, maka kamu bisa menggantinya dengan sayuran lain seperti kembang kol atau wortel maupun sayuran lainnya yang anak-anak senangi agar mereka mau memakannya. 

Baca Juga: Ini Menu Mpasi Untuk Bayi Alergi Susu Sapi, Bunda Harus Tahu

3. Popsicle mangga-yoghurt 

Siapa yang mengatakan jika bayi tidak boleh mengkonsumsi es? Apabila kandungan di dalam es tersebut aman dan menyehatkan, maka bayi yang telah berumur lebih dari 8 bulan boleh untuk mengkonsumsi es. Jenis es yang aman dan bagus untuk bayi yaitu popsicle mangga-yoghurt. 

Menu yang satu ini sangat cocok untuk bagi yang tidak ingin makan karena gusinya tidak nyaman ketika proses tumbuh gigi. Dengan menggigit es, maka keluhan ketidaknyamanan pada gusi bisa berkurang. Tidak hanya itu, berbahan dasar dari buah mangga yang mempunyai kalori tinggi adalah hal yang baik untuk bayi. 

Bahan: 

Cara membuat: 

  • Haluskan mangga menggunakan blender 
  • Campurkan yogurt dan aduk hingga rata 
  • Masukan ke cetakan es dan pasang stik es 
  • Simpan pada lemari pendingin hingga beku 
  • Untuk mengeluarkan makanan ini dari cetakannya, kamu bisa merendam cetakan es di dalam tempat berisikan air hangat kurang lebih selama 2-3 menit. 
  • Lalu lepaskan popsicle dari cetakannya dengan cara menarik stik nya 

Masa tumbuh kemang anak memang memerlukan dukungan dari banyak lini, termasuk juga dari menu Mpasi yang dimakannya. Ketika anak sulit makan, maka kamu mencoba resep mpasi untuk bayi yang susah makan seperti di atas guna memenuhi kebutuhan nutrisinya. 

Tidak hanya praktis, resep masakan di atas juga tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya. Semoga ulasan ini bisa membantu kamu para ibu yang masih kebingungan untuk memilih menu Mpasi anak yang susah makan, ya!

Baca Juga: Kumpulan Resep Bubur Bayi Organik yang Menyehatkan

Nggak punya waktu luang untuk belanja bahan makanan untuk membuat Mpasi anak seperti di atas? Tenang aja, Astro siap bantu penuhi kebutuhan bahan masakan kamu. Cukup pesan bahan makanan lewat aplikasi Astro, lalu pesanan kamu akan diantar dengan cepat sampai di rumah kamu. Yuk, coba belanja sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu