25 Tips Agar Jantung Sehat, Perhatikan Jika Ingin Umur Panjang 

25 Tips Agar Jantung Sehat, Perhatikan Jika Ingin Umur Panjang 

Ketika kamu masih muda, menjaga kesehatan tubuh menjadi tanggung jawab utama yang harus kamu lakukan. Termasuk juga jantung, karena banyak yang beranggapan apabila masih muda tidak perlu mengkhawatirkan permasalahan serang jantung, tindakan tersebut sangat salah. Menurut beberapa penelitian, serangan jantung tidak mengenal umur. 

Orang yang berumur rentang 20 tahun hingga 40 tahun juga berpotensi bisa terkena serangan jantung, sehingga penting sekali untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mengalami dampak yang mengerikan. Apabila kamu ingin tetap menjaga tubuh, khususnya jantung ada 25 tips agar jantung sehat dan terhindar dari permasalahan kedepannya, simak penjelasan lengkapnya. 

Menjaga Kesehatan Jantung Usia Muda

Segala macam penyakit bisa saja menyerang seseorang tanpa mengenal umur. Untuk menjaganya tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit harus tetap menjaganya. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan, mari kita bahas. 

1. Pilihan Makanan yang Dikonsumsi

Makanan instan dan fast food memang paling banyak ditemui sekarang. Tetapi beberapa makanan yang ada tersebut mengandung sodium tinggi dan lemak jahat. Untuk menjaga kesehatan jantung, lebih baik kamu menghindarinya. Pilih dan ganti makanan dengan daging tanpa lemak, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran hijau yang segar. 

2. Melakukan Olahraga Teratur 

Apabila kamu melakukan olahraga memberikan dampak yang baik untuk jantung, karena membuat kinerja jantung dalam memompa darah lebih ringan. Apalagi jika kamu melakukan olahraga secara rutin, maka membuat resiko terkena penyakit jantung lebih berkurang. 

3. Mengurangi Minum Alkohol

Dilansir dari health.detik.com apabila minum alkohol berlebihan memiliki resiko besar terhadap seseorang dan potensi terkena serangan jantung semakin besar. Hal ini berpengaruh pada tubuh tubuh, terutama membuat tekanan darah tidak stabil dan bisa saja terkena stroke. Apabila kamu tidak bisa lepas dari minum alkohol, takaran yang bisa dicoba adalah dua gelas untuk pria dan satu gelas untuk wanita. 

4. Berhenti Merokok 

Aktivitas merokok membuat seseorang berpotensi lebih besar terkena serangan jantung. Karena saluran udara menyempit dan tubuh kesulitan mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Oleh karena itu, lebih baik untuk berhenti merokok dari sekarang. 

5. Pola Tidur 

Maksimalkan untuk bisa tidur yang cukup. Jika kamu sedikit sekali tidur membuat kinerja jantung akan jauh lebih berat, pastikan kamu tidur 7 jam hingga 9 jam setiap malamnya. 

6. Jangan Terlalu Stress 

Tekanan pekerjaan dan permasalahan lainnya membuat seseorang mengalami stress dan cemas, jika kamu membiarkannya dan tidak mampu mengatur, maka berdampak pada kesehatan. Karena membuat tekanan darah meningkat dan bisa saja merusak dinding arteri. Atasi permasalahan tersebut dengan teknik relaksasi dan melakukan beberapa aktivitas berkaitan dengan alam secara langsung. 

7. Melakukan Check Up 

Tidak ada salahnya melakukan check up secara rutin, karena tidak harus ketika sakit saja mengunjungi dokter. Lakukan pemeriksaan secara rutin, termasuk dari tekanan darah, kadar kolesterol dalam tubuh, dan beberapa bagian lainnya sebagai bentuk antisipasi dari serangan jantung. 

8. Melihat Kesehatan Keluarga

Penyakit jantung bisa saja diturunkan oleh anggota keluarga lainnya. Apabila ada salah anggota keluarga yang terkena penyakit jantung, baik orang tua atau kakek/nenek, langsung saja kamu periksakan ke dokter dan melihat seberapa besar resikonya. 

9. Perhatikan Kadar Kolesterol 

American Heart Association (AHA) menyarankan untuk rutin melakukan memeriksakan kadar kolesterol dalam tubuh dan bisa dimulai ketika memasuki usia 20 tahun. Untuk jadwal pemeriksaan sendiri bisa dilakukan rentang 4 tahun sampai 6 tahun sekali. Apabila resiko penyakit jantung lebih besar, maka pemeriksaan harus lebih sering dilakukan. 

10. Perhatikan Berat Badan 

Jika kamu memiliki berat badan yang berlebih, maka ada banyak kelebihan lemak yang berada dalam tubuh kamu tersebut. Lemak jahat dalam tubuh berpotensi akan membuat plak pada pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah tersumbat dan berpengaruh oksigen ke jantung, sehingga harus kamu perhatikan dan tetap jaga kondisi berat badan dalam keadaan yang ideal. 

11. Makanan Cukup Serat 

Kekurangan serat dalam tubuh membuat kamu lebih rentan terkena penyakit jantung. Untuk orang dewasa membutuhkan serat kisaran 25 gram hingga 30 gram serat. 

12. Membatasi Konsumsi Lemak 

Pada dasarnya tubuh membutuhkan kandungan lemak. Tapi perhatikan jumlah konsumsinya dan jangan sampai kamu terlalu berlebihan, apalagi pada lemak jenuh. Jika tidak kamu perhatikan, dampak yang terjadi, termasuk serangan jantung akan lebih besar. 

13. Aktif Bergerak 

Sebenarnya tidak harus olahraga setiap harinya, namun kamu tetap melakukan beberapa gerakan yang membuat tubuh kamu tidak diam saja setiap harinya. Mungkin kamu bisa berangkat kerja dengan jalan kaki atau memilih bersepeda, beberapa kegiatan tersebut membuat tubuh kamu tetap aktif. 

14. Perhatikan Konsumsi Obat

Minum obat memang dikhususkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Tetapi kamu harus melihat dan memperhatikan beberapa obat yang diminum. Jangan sampai salah dan sembarangan, karena dampaknya bisa membuat kamu terkena serangan jantung. 

15. Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut 

Mungkin kamu tidak beranggapan apabila gigi dan mulut juga memiliki potensi menyebabkan serangan jantung. Oleh karena itu, rawat dan jaga kondisi mulut dan gigi kamu, karena apabila bermasalah menyebabkan peradangan dan aliran darah menyebar ke jantung, sehingga memicu serangan jantung. 

16. Pelajari Informasi yang Tepat

Saat ini memang sangat mudah menemukan beberapa informasi, namun tidak semuanya benar dan bisa saja keliru. Oleh karena itu, apabila mendapatkan informasi lebih baik untuk pelajari terlebih dahulu dan konsultasi bersama ahlinya. 

17. Makan Asam Lemak Omega-3

Pilih makanan yang mengandung asam lemak omega-3, salah satunya bisa kamu temukan pada ikan yang kaya akan kandungan tersebut. 

18. Jaga Tekanan Darah 

Darah tinggi akan membuat pembuluh pecah, sehingga harus benar-benar diperhatikan. Jaga tekanan darah dengan rutin melakukan olahraga, hindari asupan garam yang berlebihan, dan tidak minum alkohol secara berlebihan. 

19. Lakukan Diet Sehat 

Orang yang melakukan diet sehat memberikan dampak positif untuk kesehatan jantung, tidak ada salahnya kamu melakukan aktivitas tersebut. 

20. Jangan Terlalu Tertekan 

Seseorang orang yang mengalami permasalahan pada kesehatannya, termasuk kesehatan jantung diakibatkan oleh tekanan yang terlalu tinggi. Setiap orang memang mempunyai permasalahan, namun semuanya harus kamu jaga dan jangan sampai membuat diri kamu bermasalah. Hibur dengan aktivitas positif, piknik ke alam, atau hangout bersama teman. 

21. Kurangi Konsumsi Garam 

Secara tidak sadar garam ternyata memberikan pengaruh terhadap kesehatan jantung, sehingga harus kamu kontrol dan kurangi kadarnya. 

22. Pilih Buah-Buahan 

Buah-buahan yang segar kaya akan kandungan serat yang dibutuhkan oleh tubuh, oleh karena itu membuat tubuh kamu akan terhindar dari permasalahan, khususnya penyakit jantung. 

23. Sayuran Hijau 

Ada banyak pilihan sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi. Pastikan kamu memenuhi kebutuhan tubuh dengan mengelola makanan sayuran hijau yang tepat, hindari pengelolaan minyak berlebih dan pilih dengan direbus, dikukus, atau dipanggang. 

24. Tingkatkan Konsumsi Ikan 

Ternyata ikan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan jantung, konsumsi ikan minimal 2 kali setiap minggunya. 

25. Memilih Makanan Sehat 

Atur pola makan, pilih makanan yang sehat, dan konsumsi air yang cukup membuat tubuh tetap segar dan sehat, hindari makanan berlebih, karena berdampak pada kesehatan jantung. 

Apabila kamu ingin mendapatkan beberapa bahan makanan yang sehat dan berkualitas, langsung saja download aplikasi Astro yang menawarkan banyak produk sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. 

Referensi:

5 Tips Mudah untuk Jantung Sehat demi Memperpanjang Usia

12 Cara Mencegah Penyakit Jantung di Usia Muda

Ingin Jantung Sehat hingga Usia Tua? Ini 5 Tips Menjaganya

8 Tips untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Dear Milenial, Ini 9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

Penting! Demi Kesehatan Jantung, Perhatikan Hal-hal Ini

7 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Membuat dan Menjaga Jantung Tetap Sehat

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu