Tidak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Timun

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa timun kerap dihidangkan sebagai acar, lalapan maupun hiasan/ garnish pada nasi uduk atau nasi goreng. Bahkan banyak juga yang tidak mau mengkonsumsi timun karena rasanya yang tidak terlalu enak.

Padahal pada kenyataannya buah berwarna putih kehijauan ini mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan, karena mengandung nutrisi, vitamin dan mineral. Bahkan terdapat pula senyawa antioksidan di dalamnya.

Dikarenakan adanya senyawa antioksidan tersebutlah, timun menjadi salah satu dari buah-buahan yang bisa membantu mengobati serta mencegah ketika kamu dalam kondisi sedang tidak baik-baik saja dengan kesehatanmu.

Manfaat Timun bagi Kesehatan

Pernah ada sebuah riset yang dilakukan di Universitas Jadavpur, India mengenai buah yang satu ini. Para peneliti mengatakan jika timun mempunyai kalori yang rendah dan antioksidan tinggi, kemudian buah timun sendiri juga memiliki kandungan serat dan air yang terbilang banyak.

Karena hal tersebutlah, mengapa timun menjadi pilihan ketika seseorang ingin menjalani diet tetapi tetap terhidrasi dengan baik. Berikut merupakan manfaat timun yang bisa kamu peroleh saat mengkonsumsinya secara rutin:

1. Menambah asupan cairan

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 gelas atau 2 liter air tiap harinya yang mana untuk seperempatnya adalah berasal dari makanan. Bila kamu mengkonsumsi timun, maka dapat menutupi kebutuhan tersebut, sebab timun mengandung air sekitar 95%.

Seperti yang diketahui bahwa tubuh manusia membutuhkan air supaya dapat bekerja dengan optimal. Apabila kamu kekurangan mineral, maka hal yang bisa terjadi adalah sakit dan pusing. Bahkan kasus terberat disaat mengalami dehidrasi adalah memperoleh perawatan medis yang intensif.

2. Mengurangi kadar gula darah dalam tubuh

Tahukah kamu bahwa ternyata timun merupakan salah satu buah yang tidak mempunyai kandungan tepung di dalamnya, sehingga sangat bermanfaat bagi kalian yang ingin mengurangi kadar gula di dalam darah. 

Hal tersebut dikarenakan kandungan serat yang ada pada timun dapat membantu kamu menahan nafsu makan dan mengendalikan kadar gula. Jadi mengkonsumsi timun sangatlah disarankan bagi para penderita diabetes.

Selain itu juga timun memiliki manfaat mengurangi stres oksidatif dan mencegah terjadinya komplikasi pada penderita diabetes, tetapi harus diketahui bahwa hal ini masihlah diteliti secara lebih lanjut oleh para ahli.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat timun yang selanjutnya adalah dapat melancarkan pencernaan Hal ini dikarenakan terdapatnya kandungan serat dan juga air di dalam buah yang satu ini. Kandungan serat pada timun yang berupa pektin bisa membantu kamu dalam mengatur proses kinerja usus.

4. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat dari timbunan selanjutnya adalah bisa memelihara kesehatan jantung, Hal tersebut dikarenakan serat yang ada di dalam timun berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol. Selain itu kandungan kalium yang ada di buah ini memiliki manfaat menurunkan natrium sehingga resiko terkena penyakit jantung juga minim.

5. Menjaga kepadatan tulang

Tidak hanya kalsium kandungan vitamin k yang terdapat pada timun nyatanya memiliki manfaat dalam menjaga kepadatan tulang. Kamu harus tahu jika vitamin k adalah vitamin yang sangat mudah larut di dalam lemak dan karena hal tersebutlah bisa membantu dalam hal mengatur kadar kalium yang terdapat di dalam darah.

6. Meningkatkan fungsi kognitif

Apakah kamu tahu jika timun mempunyai kandungan yang bernama beta karoten tanda tanya di mana kandungannya sendiri memiliki manfaat yang baik guna membantu meningkatkan kinerja kognitif. Beta karoten sendiri termasuk senyawa antioksidan yang memiliki fungsi meningkatkan daya ingat.

Tetapi kamu harus tahu bahwa manfaat tersebut adalah efek jangka panjang yang mana jika kamu rutin mengkonsumsi buah sayuran dan juga suplemen di mana mengandung beta karoten, hal tersebut bisa berkhasiat menurunkan resiko terjadinya demensia ataupun alzheimer.

7. Memperbaiki keadaan kulit wajah

Tentu kamu tahu bahwa timun kerap dijadikan sebagai salah satu bahan untuk pembuatan masker wajah. Hal ini dikarenakan timun dapat menenangkan iritasi pada kulit serta mengurangi pembengkakan. Selain itu timun juga mempunyai efek menenangkan yang mana dapat meredakan rasa nyeri karena terbakar sinar ultraviolet.

8. Antioksidan

Terakhir adalah antioksidan yang merupakan molekul dimana dapat menghambat dan mencegah terjadinya radikal bebas, karena ketika hal ini terjadi dan menumpuk di dalam tubuh akan berdampak munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya. Salah satunya adalah stres oksidatif.

Hal ini muncul dari radikal bebas yang kerap dikaitkan ke penyakit kanker, paru-paru dan juga jantung. Bahkan kerap kali menjadi salah satu penyebab seseorang mempunyai penyakit autoimun. Oleh karena itu sangat disarankan bagi kamu untuk mengkonsumsi timun dikarenakan sayuran ini mempunyai antioksidan yang tinggi.Nah, itulah tadi beberapa manfaat timun yang harus kamu tahu. Siapa yang menyangka bahwa sayur yang kerap dijadikan lalapan atau acar ini, ternyata mempunyai segudang khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Referensi:

7 Manfaat Timun yang Perlu Anda Tahu

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu