Tidak Akan Lemas, Ini Tips Puasa Sehat

Tidak Akan Lemas, Ini Tips Puasa Sehat

Saat menjalani ibadah puasa ada beberapa tips puasa sehat agar tidak merasa lemas seperti yang biasa terjadi. Sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir untuk tetap beraktivitas seperti biasanya. Untuk itu, kamu dapat mencoba beberapa tips mencegah dan mengatasi rasa lemas. 

Misalnya, dengan minum air putih 3 gelas ketika sahur dan berbuka, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta tidak lupa untuk mengkonsumsi sayur setiap hari. Masih banyak tips lain yang harus kamu ketahui seperti berikut ini. 

Tips Cegah dan Atasi Lemas Ketika Puasa 

Masih banyak orang yang merasakan haus, mengantuk dan lemas ketika menjalani ibadah puasa. Dikutip dari Cleveland Clinic, saat berpuasa para umat Islam harus menahan minum dan makan dari subuh sampai waktunya berbuka. Oleh karena itu, sangat penting untuk mereka menyiapkan diri ketika ingin berpuasa. 

Di bawah ini ada sejumlah tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa lemas, ngantuk dan lapar ketika berpuasa. Lalu, kegiatan sehari-hari juga bisa tetap berjalan seperti biasanya. 

1. Tidak melewatkan makan sahur 

Sahur sama seperti sarapan di pagi hari, saat kamu ingin menjalani ibadah puasa, maka sangat penting untuk kamu makan sahur. Sebab, makan sahur bisa membantu kadar cairan dalam tubuh tetap stabil dan memberikan nutrisi dan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sampai waktu berbuka puasa. 

Selain itu, makan sahur juga bisa menghindari kamu dari makan berlebihan ketika berbuka puasa karena terlalu kelaparan. Makan sahur yang baik harus mempertahankan asupan gizi yang seimbang dan mencukupi kebutuhan cairan harian supaya dapat berpuasa dengan lancar. 

2. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi 

Hal ini merupakan salah satu tips yang bisa kamu lakukan supaya tidak lemas ketika puasa. Mengkonsumsi makanan manis dan berminyak saat puasa memang tidak ada larangannya. Tetapi, jangan mengkonsumsi secara berlebihan. 

Perlu diketahui, kamu hanya mempunyai waktu yang sebentar untuk minum dan makan ketika puasa. Sehingga, cobalah untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, maka tubuh kamu bisa berfungsi dengan baik, sehingga kamu terhindar dari rasa lemas ketika berpuasa. 

3. Banyak minum air putih 

Hal yang wajib kamu lakukan ketika sedang berpuasa adalah banyak minum air putih ketika sahur dan berbuka. Karena, walaupun sedang berpuasa, kebutuhan tubuh akan cairan harus dipenuhi. 

Tidak hanya minum air putih saja, kamu juga dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan cairan seperti sayuran, buah dan sup. 

4. Tidak makan berlebihan ketika buka puasa 

Ketika sedang menjalani ibadah puasa, maka kamu harus batasi jumlah makanan yang masuk ketika waktu berbuka. Hal ini juga menjadi salah satu tips supaya tidak cepat lemas ketika puasa. Karena, bila kamu terlalu banyak makan, rasa lelah dan kantuk akan datang lebih cepat. 

Memang ketika berbuka, seluruh makanan terlihat sangat menggiurkan. Tetapi, sebelum kamu mengkonsumsi semua makanan tersebut, lebih baik kamu mulai dengan mengkonsumsi makanan ringan seperti buah-buahan atau air putih. 

Kurma menjadi salah satu buah yang identik dengan bulan puasa. Kurma juga bisa menjadi sumber energi yang bagus untuk tubuh kamu. Buah ini pun bisa membantu mengeluarkan enzim pencernaan menjadi persiapan untuk masuknya makan ke dalam tubuh. 

5. Tetap berolahraga 

Bulan puasa tidak menjadi alasan untuk kamu tidak berolahraga. kamu tetap harus menjalani olahraga yang teratur. Namun, untuk terhindar dari dehidrasi, maka dianjurkan untuk berolahraga ketika sudah berbuka puasa. Dengan demikian, tubuh akan berada pada kondisi yang baik dan kamu juga bisa minum saat kehausan. 

Saat ingin berolahraga, maka kamu harus menunggu 2-3 jam sesudah makan untuk memulai olahraga. Hal ini pun guna memberikan waktu supaya tubuh bisa mencerna makanan yang masuk dengan sempurna. Tidak lupa untuk banyak minum air ketika sedang atau sesudah berolahraga agar cairan dalam tubuh tetap terpenuhi. 

6. Hindari tidur siang yang terlalu lama 

Tentu saja bangun pada waktu makan sahur dapat membuat beberapa orang menjadi kurang tidur, yang akhirnya membuat mereka lebih cepat mengantuk dan lemas ketika puasa di siang hari. Jika memungkinkan, kamu bisa mengurangi waktu tidur siang. 

Alasannya, sebab tidur siang bisa mengurangi kelelahan, relaksasi dan mengembalikan mood. Tetapi, usahakan waktu tidurnya hanya 10 sampai 20 menit saja. Waktu tidur siang yang terlalu lama bisa menyebabkan pusing saat sesudah bangun tidur. 

7. Tidak beraktivitas berlebihan 

Ketika sedang menjalani puasa, sebenarnya sah-sah saja untuk kamu melakukan aktivitas seperti biasanya sebab menjadi sebuah ibadah. Tetapi, keadaan yang tidak terlalu fit juga dapat membuat tubuh menjadi lemas ketika puasa. 

Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi aktivitas fisik yang berlebihan, seperti tidak perlu memaksakan diri untuk berolahraga, mengangkat benda berat dan lainnya. 

Nah, itu tadi beberapa tips puasa sehat yang bisa kamu lakukan agar tubuh tidak lemas dan lelah ketika menjalani puasa. Jangan lupa untuk konsumsi makanan sehat dan bergizi agar tubuh memiliki energi untuk beraktivitas saat berpuasa. Nah, untuk kamu yang ingin belanja makanan sehat, kamu bisa belanja di Astro! 

Astro merupakan sebuah aplikasi yang menawarkan lebih dari 3000 produk kebutuhan sehari-hari dan bisa kamu gunakan hanya dari ponsel saja! Khusus untuk kamu pengguna baru, maka kamu bisa mendapatkan potongan harga dan gratis ongkos kirim, lho! Tunggu apalagi, segera gunakan aplikasi Astro untuk rasakan berbagai manfaatnya sekarang juga!

Refrensi:

7 Cara yang Bisa Anda Lakukan Agar Tidak Gampang Lemas saat Puasa

Tips for Healthy Ramadan Fasting

10 Tips for Healthy Fasting

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu