Terhindar dari Jerawat dan Kusam, Ini Tips Kulit Sehat Dengan Buah

Terhindar dari Jerawat dan Kusam, Ini Tips Kulit Sehat Dengan Buah

Kulit yang sehat tentu menjadi dambaan, terlebih untuk kaum hawa. Memiliki kulit tubuh yang sehat membuat rasa percaya diri semakin meningkat. Berkaitan dengan hal tersebut, tidak heran apabila banyak cara dilakukan supaya mendapatkan kulit yang sehat. Dalam kaitannya mendapatkan kulit yang sehat, ternyata banyak tips yang bisa dijadikan pilihan. Salah satunya tips kulit sehat dengan mengonsumsi buah-buahan.

Pasalnya proses perawatan tubuh tidak tidak bisa hanya dengan mengoleskan produk perawatan dari luar saja. Keseimbangan antara terpenuhinya asupan makanan sehat dengan produk perawatan memberikan hasil yang lebih maksimal tentunya. Berikut ini rekomendasi buah-buahan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk membantu kulit semakin terawat.

Rekomendasi Buah-Buahan yang Baik untuk Kulit 

1. Alpukat 

Tips kulit sehat dengan buah yang pertama bisa dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat. Jenis buah satu ini dikenal akan kandungan lemak sehat yang tinggi. Kita ketahui bersama jenis lemak satu ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh, salah satunya membuat kulit menjadi sehat.

Rutin mengkonsumsi lemak sehat salah satunya dari buah alpukat bisa membuat kulit menjadi kenyal serta elastis. Tidak berhenti sampai disitu saja, kandungan dalam alpukat mampu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

2. Tomat 

Tomat kaya akan berbagai kandungan terbaik yang memiliki peranan penting untuk kulit. Kandungan tersebut seperti vitamin C, likopen serta karotenoid. Kandungan likopen dalam tomat mampu melindungi kulit akibat sinar matahari. 

Tomat bisa kamu konsumsi langsung, selain itu bisa kamu konsumsi dengan sumber lemak baik lain seperti minyak zaitun dan keju. 

3. Anggur Merah

Selanjutnya terdapat anggur merah yang bisa kamu jadikan pilihan makanan untuk kulit sehat. Anggur kaya akan kandungan resveratrol yang dikenal mampu mengurangi efek penuaan. 

Bukan hanya itu saja, kandungan resveratrol membantu memperlambat produksi radikal bebas sehingga memperlambat penuaan kulit. 

4. Kiwi 

Kiwi memiliki kandungan vitamin yang tinggi, bahkan kandungan vitamin C nya lebih besar dari buah jeruk. Seperti kita ketahui bersama, vitamin C mampu melindungi kulit akibat sinar UV, membuat kulit terhidrasi dengan baik serta memproduksi kolagen. 

Ketiga kandungan tersebut bisa membuat kulit menjadi sehat. Untuk itu, kiwi bisa menjadi salah satu jenis buah yang bisa kamu jadikan pilihan.

5. Jeruk 

Selain kiwi, terdapat jeruk yang dikenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk mampu membantu proses detox racun dan juga minyak berlebih dalam kulit. Alhasil kulit akan menjadi lebih sehat dan wajah tidak berminyak. 

Bahan Makanan Yang Perlu Dihindari Supaya Kulit Sehat Bebas Jerawat 

Tips kulit sehat bukan hanya dengan mengkonsumsi jenis bahan makanan sehat, namun penting juga untuk mengurangi asupan bahan makanan penyebab wajah kusam. Keseimbanga kedua hal tersebut menjadikan wajah sehat terawat bebas jerawat. Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari supaya wajah tetap sehat bebas jerawat.

1. Makanan junk food

Makanan yang melewati proses pengolahan panjang sebaiknya kamu hindari karena tidak baik untuk kulit. Makanan olahan memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga bisa membuat kulit menjadi kusam. Selain itu, konsumsi makanan olahan juga meningkatkan resiko peradangan dan dehidrasi.

2. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi

Jenis makanan seperti keripik kentang, donat, nasi putih serta minuman manis memiliki kandungan indeks glikemik yang tinggi. Kamu bisa membatasi asupannya sehingga mampu mengendalikan jerawat serta membuat kulit tetap sehat. 

3. Makanan olahan susu 

Makanan yang terbuat dari olahan susu dikenal mempercepat resiko peradangan. Tetapi hal ini belum tentu dialami semua orang. Sekalipun demikian, sebaiknya tetap mengurangi asupan makanan dari olahan susu. Terlebih jika kamu kerap mengalami jerawat yang parah. 

Setidaknya, ada lima jenis bahan makanan yang bisa membantu kulit tetap sehat. Dengan menerapkan tips kulit sehat ini semoga bisa membantu kamu semua mendapatkan kulit sehat dan terawat. 

Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai produk makanan terbaik dari Astro. Buah-buahan bisa kamu beli secara online dan langsung dikirim ke alamatmu tanpa harus nunggu lama!

Referensi:

16 Makanan yang Bagus untuk Kulit Sehat, Mulus, dan Cerah Bersinar

Atasi Wajah Berminyak dengan Konsumsi Makanan Ini

Perawatan Kulit Berjerawat yang Tepat agar Jerawat Tidak Semakin Parah

10 Tips Merawat Kulit dengan Cara Alami hingga Pakai Skincare

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu