Pilihan Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak Untuk Diet

Pilihan Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak Untuk Diet

Ketika sedang diet, biasanya kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein rendah lemak. Tentu saja saat kamu sedang menurunkan berat badan, asupan protein menjadi sebuah hal yang sangat penting dan harus kamu perhatikan. 

Sebab, protein bisa memberikan efek secara langsung untuk kamu yang sedang menjalani diet, seperti mempengaruhi tingkat metabolisme dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Nah, makanan yang mengandung banyak protein pun tidak bisa dikonsumsi sembarangan, karena harus rendah lemak. Biasanya makanan ini dikenal sebagai lean protein. 

Di bawah ini ada pilihan makanan kaya protein tetapi rendah lemak sehingga cocok untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan. 

Konsumsi Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak Ini untuk Turunkan Berat Badan kamu 

Untuk kamu yang sedang diet, konsumsi beberapa makanan di bawah ini bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan lebih cepat, lho! Apa sajakah makanan tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Ikan 

Ikan merupakan sumber protein yang sangat mudah ditemukan, diolah dan tidak perlu diragukan lagi soal rasanya. Ikan memiliki banyak sekali jenisnya yang dapat kamu konsumsi, seperti salmon, patin, tongkol, bandeng dan lainnya. Kamu dapat mengkonsumsi ikan dengan cara direbus, kukus atau panggang. 

Di dalam 100 gram ikan bandeng saja sudah mengandung 20 gram protein yang lemaknya hanya 4,8 gram saja, lho! Tidak hanya protein, ikan juga memiliki lemak omega 3. Kandungan ini sudah dijamin bisa menyehatkan jantung kamu sebab dapat menurunkan tekanan darah, resiko darah menggumpal dan kadar trigliserida. 

2. Dada ayam 

Jika kamu masih mengkonsumsi daging ayam dengan kulitnya, kamu harus tidak melakukannya sekarang. Karena kulit ayam merupakan sumber dari berbagai lemak yang akan menimbun dalam tubuh. Sehingga, daging ayam merupakan salah satu makanan yang rendah lemak dan tinggi protein bila dikonsumsi tanpa kulitnya. 

Harus diketahui jika di dalam 100 gram ayam terdapat 18,2 gram protein. Bagian ayam yang bagus untuk dikonsumsi adalah bagian dada. 

3. Daging tanpa lemak 

Tidak hanya daging ayam, daging sapi pun mengandung protein yang tinggi tetapi rendah lemak. Di dalam 100 gram daging sapi memiliki 55 gram protein dengan lemak hanya sebesar 9 gram saja. Apabila ayam harus dipisahkan lemaknya, maka daging sapi harus dipisahkan lemaknya. 

Sehingga, kamu hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi bagian tenderloinnya saja. Jika kamu penggemar steak, ada baiknya pilih daging sapi bagian ini sebab hanya memiliki sedikit lemak dibandingkan sirloin. Supaya gizi nya lebih sempurna, kamu bisa menambahkan brokoli, wortel, kentang, atau jagung. 

4. Putih telur 

Makanan tinggi protein rendah lemak selanjutnya adalah putih telur, sehingga dapat kamu konsumsi untuk memperbaiki sel tubuh dan membangun otot. Tetapi, kamu harus waspada dengan bagian telur yang memiliki kandungan kolesterol paling banyak. 

Apabila kamu mempunyai kadar kolesterol yang cukup tinggi atau mempunyai riwayat penyakit jantung, maka ada baiknya hanya mengkonsumsi putih telur saja guna mengontrol kadar kolesterol pada tubuh kamu. Telur putih dapat kamu konsumsi dengan cara direbus dan tambahkan bumbu penyedap sehingga lebih lezat. 

5. Kedelai 

Makanan yang satu ini kaya akan protein nabati dan rendah lemak. Di dalam 100 gram kedelai segar terdapat protein yang bisa menyehatkan tubuh kamu. Selain itu, ada pula kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin B3, fosfor, dan kalium.

Seluruh zat gizi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel saraf pada tubuh dan tulang. Kamu dapat menikmati kacang kedelai secara langsung maupun diolah menjadi tempe, tahu atau susu kacang kedelai. 

6. Sayuran 

Diet sangat identik dengan mengkonsumsi sayuran. Memang bila dibandingkan dengan makanan lainnya yang ada di atas, sayur tidak memiliki kandungan protein yang melimpah. Namun, bila sayuran dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, maka kamu dapat memperoleh protein yang lebih banyak. 

Secangkir kubis dapat memberikan kamu 4 gram protein, lho! Lalu, sayuran merupakan makanan rendah lemak sehingga cocok sekali untuk kamu konsumsi saat sedang menjalani diet. Selain kol, sayuran hijau seperti selada air, bayam, brokoli dan lainnya kaya akan protein dan rendah kalori. 

7. Produk susu 

Makanan rendah lemak dan tinggi protein selanjutnya adalah produk sisi. Tetapi, tidak ada di semua produk susu. Hanya ada sebagian produk susu yang dilabeli low fat yang dapat kamu konsumsi untuk memenuhi asupan gizi ketika diet. 

Tidak hanya sisi saja, ada pula produk olahan susu lainnya seperti keju dan yoghurt yang dapat kamu tambahkan pada makanan atau dijadikan sebagai camilan saat sedang diet. Saat ingin mengkonsumsinya, maka lebih baik konsumsi plain yoghurt, sehingga tidak menambahkan gula yang bisa menggagalkan diet kamu. 

Kamu bisa mendapatkan makanan tinggi protein rendah lemak untuk diet ini di Astro! Tidak perlu pergi mengantri di supermarket, kamu bisa memesan nya langsung melalui smartphone dan hanya perlu menunggu 15 menit saja, maka pesanan kamu akan sampai di rumah! 

Aplikasi Astro bisa kamu dapatkan di App Store atau Play Store secara gratis! Sebagai pengguna baru, kamu juga bisa mendapatkan promo-promo menarik, lho! Yuk, download aplikasi Astro sekarang!

Referensi:

7 Pilihan Makanan Tinggi Protein dan Rendah Lemak

21 Super Low Fat High Protein Foods for Weight Loss

13 High-Protein And Low-Fat Foods For A Healthy Diet

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu