Mengenal Manfaat Kangkung Bagi Tubuh 

Untuk kamu pecinta sayur kangkung, tentunya sudah tahu jika kangkung merupakan jenis sayur yang sangat mudah diolah dan memiliki banyak kandungan gizi serta manfaat kesehatan untuk tubuh. 

Ya, manfaat kangkung bagi tubuh ternyata sangat banyak macamnya, mulai dari merawat kesehatan mata, menghindari diabetes, menekan terjadinya penyakit hati dan lainnya. Selain itu, sayur kangkung pun mudah kamu temukan di pasaran sehingga mudah juga untuk mendapatkan khasiat baiknya. 

Nah, di bawah ini ada beberapa khasiat kangkung bagi kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui. 

Baca Juga: Sawi Hijau: Sayuran Super yang Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Berbagai Khasiat Kangkung untuk Tubuh 

Tidak hanya rasanya yang lezat saja, ada banyak khasiat kangkung yang dapat kamu peroleh jika mengkonsumsinya secara rutin, seperti: 

1. Merawat kesehatan mata 

Kangkung tinggi akan kandungan vitamin A yang bagus untuk merawat kesehatan mata. Sebab, vitamin A bisa menjaga lapisan dan kornea mata dari berbagai infeksi virus dan bakteri. Vitamin ini pun dapat memperbanyak produksi cairan untuk menghindari mata kering. 

2. Anti radang

Ternyata sayur kangkung memiliki manfaat anti radang yang sangat ampuh. Biasanya peradangan ditandai dengan adanya gejala pembengkakan dan rasa nyeri. Kangkung dianggap ampuh juga untuk menangkal peradangan karena infeksi bakteri Bacillus subtilis dan Staphylococcus aureus

Kedua bakteri tersebut dapat mengakibatkan keracunan makanan, bintitan dan penyakit MRSA. Untuk mengatasi penyakit tersebut, maka kamu bisa mengkonsumsi sayur kangkung yang satu ini. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Kangkung dan sayuran segar lainnya di Aplikasi ASTRO!

3. Menghindari terjadinya diabetes 

Di tahun 2013 para ahli berhasil mendapati manfaat rajin mengkonsumsi bayam air guna menghindari terjadinya diabetes pada ibu hamil dan janinnya yang dilakukan pada hewan tikus percobaan. 

Riset pada Journal of Diabetes tersebut mencatat jika sayur kangkung berguna menjadi antioksidan. Antioksidan ini bisa melawan oksidasi akibat diabetes dalam sel tubuh ibu hamil dan juga janinnya. 

4. Menangkal kerusakan hati 

Sudah sejak lama, khasiat kangkung dianggap ampuh guna menanggal rusaknya organ hati. Belum lama ini juga riset pada jurnal Molecules pun berhasil membuktikan khasiat tersebut. 

Bayam air digadang-gadang dapat melindungi organ bagian hati dari peradangan, luka dan kerusakan lainnya. Berdasarkan para ahli, hal ini sebab kangkung dapat mendorong produksi enzim yang bisa membersihkan hati dari berbagai racun dan zat sisa yang dapat mengakibatkan kerusakan di dalam tubuh mu. 

Baca Juga: Zucchini, Sayuran Berkhasiat Tinggi yang Harus Ada di Dapurmu

5. Menghindari dehidrasi 

Tingginya berbagai jenis kandungan mineral yang ada pada kangkung menjadikan sayur ini bagus guna menghindari dehidrasi. Hal ini sebab peran dari mineral seperti natrium dan kalium yang terdapat di dalamnya. 

Kandungan kedua mineral ini bertanggung jawab guna menjaga keseimbangan cairan dan pasokan elektrolit pada tubuh. Itulah mengapa, mengkonsumsi sayur bayam air dapat menghindari kamu kekurangan cairan secara berlebihan yang tentunya tidak bagus untuk tubuh. 

6. Mengatasi anemia 

Bukan hanya menjaga elektrolit dan cairan saja, mineral yang ada di sayur kangkung pun dapat membantu atasi berbagai gejala anemia. Hal ini sebab bayam air mempunyai kandungan fosfor dan zat besi. 

Zat besi dianggap sangat ampuh guna memperbanyak pembuatan sel darah merah atau biasa dikenal dengan hemoglobin. Sel darah merah dibutuhkan guna membawa oksigen ke semua organ dan sel tubuhmu, seperti otak dan jantung. 

7. Membangun kekebalan tubuh 

Khasiat kangkung lainnya tidak boleh dilewatkan adalah menurunkan risiko penyakit kronis dan membantu menghindari berbagai penyakit lainnya karena lemahnya kekebalan tubuhmu. 

Sebab, bayam air yang satu ini kaya akan vitamin C yang bisa membangun kekebalan tubuh dan menangkal rusaknya sel, mulai dari kerusakan sel sebab penyakit kronis seperti penyakit stroke dan jantung maupun sebab infeksi bakteri dan virus. 

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Sayur Pakcoy yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Mengolah Kangkung yang Aman untuk Dimakan

Mungkin sebagian orang senang memakan sayur mentah, baik dicampur dengan salad atau menjadi lalapan ketika makan. Mengkonsumsi sayuran mentah pun dianggap bisa memberikan kamu berbagai nutrisi yang masih sempurna sebab tidak melewati proses pemanasan terlebih dahulu. 

Sedangkan saat melewati proses pemasaran, nutrisi yang terkandung pada sayuran mentah ini mungkin bisa berkurang, bahkan hilang. Tetapi, kamu disarankan untuk selalu berhati-hati ketika makan sayur mentah, apalagi mengkonsumsi kangkung mentah. 

Hal ini tentunya mempunyai alasan, sebab sayur mentah beresiko memiliki kandungan parasit cacing dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit bila hingga termakan. Apalagi, tidak seluruh jenis sayuran aman dimakan mentah, termasuk kangkung. 

Dibandingkan memakannya secara mentah-mentah, ada baiknya kamu memasaknya lebih dahulu sebelum dikonsumsi. Tidak harus bingung untuk mengolah sayur kangkung sebab terdapat berbagai resep kangkung yang bisa kamu coba di rumah dengan bahan-bahan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasaran. 

Kamu dapat menumisnya, mengolahnya dengan tauco, merebusnya untuk dijadikan lalapan matang, menggorengnya menjadi keripik atau dibuat menjadi sayur berkuah. Yang paling penting adalah kamu harus memasaknya lebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. 

Itu dia beberapa manfaat kangkung bagi tubuh yang bisa kamu peroleh saat rajin mengkonsumsi kangkung. Semoga khasiat tersebut bisa membuat tubuh mu semakin sehat dan kuat, ya! 

Dapatkan sayur kangkung segar dan berkualitas di Astro. Astro menyediakan berbagai produk seperti sayuran, buah-buahan, dan lainnya sehingga kamu bisa berbelanja kebutuhan apapun hanya melalui aplikasi Astro. 

Tidak hanya kemudahan tersebut saja, Astro juga memberikan berbagai promo menarik untuk para pengguna baru. Untuk itu, tunggu apalagi langsung saja unduh aplikasi Astro hanya di App Store dan Play Store untuk menikmati semua keuntungan tersebut.

Referensi:

7 Manfaat Kangkung yang Punya Banyak Khasiat

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu