Manfaat Makan Buah Setiap Hari Untuk Tubuh

Ternyata, ada segudang keuntungan yang diperoleh untuk penduduk dari negara tropis seperti Indonesia. Salah satunya yaitu ada banyak jenis tumbuhan yang menghasilkan berbagai macam buah-buahan sehat yang dapat dimakan setiap hari. Seperti yang kita tahu jika ada banyak manfaat makan buah setiap hari.  

Buah seperti salak, mangga, nanas, anggur, apel sampai beberapa buah lainnya bisa memberikan segudang khasiat untuk tubuh mu. Tidak hanya bisa mencukupi gizi harian saja, buah ini bisa mencegah penyakit. Pada ahli juga menganjurkan supaya kamu mengkonsumsi buah-buahan setiap hari. 

Nah, di bawah ini ada sejumlah manfaat makan buah setiap hari yang perlu kamu ketahui. 

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Yuk, Jangan Lupa Konsumsi Buah-Buahan Ini!

Sederet Rutin Mengkonsumsi Buah-Buahan 

Ada sangat banyak keuntungan dan khasiat buah-buahan untuk tubuh. Bukan hanya menyehatkan, mengkonsumsi buah pun bisa membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan metabolisme. Manfaat yang bisa kamu dapatkan, diantaranya yaitu: 

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Buah-buahan merupakan salah satu sumber serat yang bagus sekali untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Manfaat mengkonsumsi buah yang tinggi akan serat ini bisa menjaga kesehatan usus, menghindari terjadinya sembelit dan gangguan pencernaan yang lainnya. 

Kebiasaan mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti pada buah-buahan pun bisa menurunkan resiko terserang kanker usus. Tidak hanya menjaga kesehatan pencernaan, mengkonsumsi makanan berserat pun membantu turunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. 

2. Menurunkan risiko terkena berbagai penyakit 

Manfaat lainnya dari mengkonsumsi buah-buahan secara rutin yaitu kemampuan buah untuk turunkan kadar risiko penyakit kronis. Seperti, kanker, gangguan jantung sampai diabetes yang menjadi penyebab utama dari kematian. 

Beberapa penelitian membuktikan, mengkonsumsi buah setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung sampai 7%. Rajin mengkonsumsi buah-buahan pun dapat membantu mengurangi stres dan turunkan tekanan darah. Keduanya berperan dalam mengurangi resiko terjadi penyakit jantung. 

Sedangkan sejumlah penelitian yang lain memperlihatkan, mengkonsumsi buah seperti blueberry, apel dan anggur terbukti bisa turunkan risiko penyakit diabetes. Sedangkan mengkonsumsi buah jeruk, bisa memberikan khasiat menurunkan risiko penyakit batu ginjal.

3. Membantu turunkan berat badan 

Buah bagus dikonsumsi secara teratur sebab mereka menjadi asupan rendah lemak dan rendah kalori. Tetapi, pastikan kamu mengkonsumsinya saat masih utuh atau jus yang tidak diberikan tambahan gula atau perasa lainnya. Tidak hanya itu, pastikan kamu memakan buah dalam keadaan segar atau bukan buah olahan. Ini demi mendapatkan manfaat yang optimal. 

Secara umum, buah mempunyai kandungan air dan serat yang tinggi, sehingga memakan buah bisa membuat rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan asupan lainnya. Buah jeruk dan apel pun menjadi jenis buah yang tinggi serat sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama. 

4. Sebagai sumber vitamin terbaik 

Kandungan vitamin pada buah-buahan segar sangat mencengangkan. Hal ini menjadi alasan kuat mengapa semua orang disarankan untuk memakan buah setiap harinya. 

Menurut MyPlate, orang yang rutin mengkonsumsi buah mempunyai penurunan risiko sejumlah penyakit kronis. Buah-buahan memberikan banyak nutrisi penting untuk memelihara tubuh dan kesehatan. 

Kamu mungkin tidak bisa mendapatkan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh selain pada sayuran dan buah-buahan. Hampir seluruh jenis buah-buahan memiliki vitamin A, B, C, dan E. 

Hampir semua nutrisi yang ada di buah-buahan segar adalah antioksidan. Misalnya kamu bisa mengkonsumsi blueberry, buah yang mempunyai antioksidan tinggi.

5. Sumber mineral 

Semua jenis buah segar hampir rendah kalori dan lemak. Namun, kandungan mineralnya cukup tinggi. Mineral seperti zat besi dan kalsium mempunyai peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Dikutip dari laman Nhsinform, mineral dibutuhkan guna membangun gigi dan tulang yang kuat, mengontrol cairan didalam tubuh serta mengubah makanan yang kamu konsumsi menjadi energi. 

Singkatnya, manfaat buah untuk tubuh salah satunya yaitu menjadi solusi menjaga kebutuhan mineral seperti asam folat, fosfor, zinc dan magnesium. 

6. Kaya akan antioksidan 

Berdasarkan Healthline, antioksidan merupakan senyawa yang membantu untuk mempertahankan sel-sel mu dari berbagai kerusakan karena molekul berbahaya, seperti radikal bebas. 

Buah-buahan seperti semangka, ceri, anggur dan jenis berry adalah sumber antioksidan yang bagus untuk tubuh. Dengan rajin mengkonsumsinya, maka khasiat buah-buahan untuk tubuh guna melawan radikal bebas bisa kamu rasakan. 

7. Merawat kesehatan kulit 

Belakangan ini, banyak buah yang dipakai menjadi bahan untuk produk perawatan kulit. Hal ini membuktikan jika kandungan buah bagus untuk kesehatan kulit. Vitamin C yang kerap kali ada dalam buah-buahan dapat merangsang produksi kolagen di dalam kulit. Kolagen dibutuhkan supaya kulit tetap kenyal, halus dan kencang. 

Kandungan vitamin E di sebagian jenis buah bisa mengontrol produksi minyak alami di kulit sehingga kelembapannya selalu terjaga. Vitamin C dan E pun bersifat antioksidan yang membuat kulit terlindung dari berbagai kerusakan karena paparan radikal bebas, seperti polusi dan sinar ultraviolet. 

Baca Juga: Daftar Buah yang Baik Untuk Lambung, Aman Untuk Penderita Asam Lambung

Demikianlah, ulasan mengenai segudang manfaat makan buah setiap hari yang perlu kamu ketahui. Untuk itu, mulai sekarang kamu wajib mengkonsumsi buah setiap hari untuk dapatkan semua manfaat di atas. Dapatkan buah segar dan berkualitas hanya di Astro! Yuk, download aplikasinya sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu