Ikuti Resep Makanan Tinggi Protein Untuk Diet

Ikuti Resep Makanan Tinggi Protein Untuk Diet

Saat ini sudah banyak resep makanan tinggi protein untuk diet yang bisa kamu temukan di internet. Sehingga kamu dapat mengolahnya menjadi menu makanan diet yang lezat dan aman untuk dikonsumsi. Ada beberapa menu diet yang ramah untuk berat badan seperti dada ayam. 

Dada ayam kaya akan protein, sehingga aman untuk dikonsumsi saat kamu sedang diet, lho! Tetapi faktanya, hanya beberapa jenis makanan tinggi protein yang dapat mewujudkan tujuan diet kamu yang sedang dilakukan. Nah, apa saja jenis dan resep makanan tinggi protein yang bagus untuk diet? Mari simak ulasannya berikut ini. 

Berikut Jenis Makanan yang Cocok untuk Diet 

Untuk kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, maka kamu bisa lihat beberapa menu makanan di bawah ini. 

1. Telur ayam 

Sepertinya semua orang sudah tahu jika telur ayam dikenal menjadi sumber protein. Nyatanya tidak sembarangan, telur ayam mempunyai jumlah protein dan rendah lemak yang dapat membantu membentuk dan membangun otot tubuh. Selain itu, gizi yang terdapat didalamnya bisa membantu memperbaiki sel-sel tubuh. 

Tetapi, harus diingat, untuk memperoleh manfaat tersebut, pastikan kamu hanya mengkonsumsi putih telurnya saja. Karena kuning telur tidak disarankan untuk dimakan dalam jumlah yang banyak. Kuning telur mempunyai banyak kandungan kolesterol. Jika ingin mengkonsumsinya, kamu bisa makan 3 butir kuning telur dalam satu minggu. 

2. Ikan 

Ikan menjadi sumber protein paling sehat dan juga rendah lemak. Sebab kaya akan protein, namun rendah lemak sehingga kamu tidak perlu cemas ketika ingin mengkonsumsinya. Apabila diolah dengan benar, sebenarnya mengkonsumsi ikan tidak terlalu banyak memberikan lemak di dalam tubuh. 

Selain itu, ikan juga mempunyai kandungan omega-3 dan lemak tak jenuh. Kedua nutrisi ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi 25 gram ikan, maka bisa memberikan tubuh 7 gram protein, 50 kalori dan 2 gram lemak. 

3. Dada ayam 

Tidak hanya telur nya saja, mengkonsumsi dada ayam juga dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Nyatanya daging ayam termasuk jenis makanan rendah lemak dan tinggi protein. Tetapi, harus kamu ingat jika hal tersebut berlaku bila kamu mengkonsumsi bagian dagingnya saja.

Masih banyak orang yang mungkin mengkonsumsi kulit ayam. Padahal kulit ayam adalah sumber lemak yang menumpuk pada tubuh. Untuk mengolah dada ayam, kamu dapat memanggangnya, merebus dan mengukusnya. Hindari menggoreng ayam dengan minyak sebab hal ini bisa menggagalkan diet kamu. 

4. Kacang-kacangan 

Walaupun sebenarnya jenis makanan ini adalah sumber protein nabati, namun kacang-kacangan tetap disarankan untuk dikonsumsi. Khususnya untuk kamu yang sedang menjalankan program diet guna menurunkan berat badan dan menambah massa otot. Sebab, pada seporsi kacangan-kacangan hanya terdapat 3 gram lemak saja. 

Terdapat banyak jenis makanan sumber protein yang bagus untuk tubuh. Kamu dapat memperolehnya dengan mengkonsumsi tempe, tahu, kacang polong, kacang kedelai, kacang merah dan lainnya. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Makanan Tinggi Protein kamu di ASTRO!

Ikuti Resep Makanan Tinggi Protein Untuk Diet

Resep Makanan Makanan yang Bagus untuk Diet 

Sesudah kamu mengetahui menu makanan apa saja yang bagus untuk tubuh, maka berikutnya kamu perlu mengetahui resep dan cara mengolah bahan-bahan tersebut dengan benar. 

1. Telur ayam panggang

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, saat ingin mengkonsumsi telur ayam, maka makanlah bagian putihnya saja. Untuk itu, kamu dapat mencoba resep berikut ini untuk bisa menikmati telur rebus yang lezat. 

  • Siapkan 5 butir telur.
  • Pecahkan dan pisahkan dengan kuningnya. 
  • Kocok dan bumbui dengan garam atau penyedap rasa
  • Siapkan dandang untuk mengukus. 
  • Masukan kocokan telur tersebut. 
  • Kukus putih telur selama 15 menit. 
  • Panggang putih telur yang sudah dikukus hingga berwarna kecoklatan. 
  • Putih telur panggang siap untuk disajikan. 

2. Sandwich ayam 

Sandwich ayam bisa menjadi makanan lezat saat diet yang bisa kamu konsumsi dengan aman. Menu yang satu ini cocok untuk kamu konsumsi saat sarapan. Berikut ini resep yang bisa kamu coba di rumah. 

  • Siapkan dada ayam matang yang sudah dipanggang dengan merica, garam, dan olive oil
  • Siapkan selembar roti gandum untuk alas sandwich. 
  • Letakan bawang bombay, tomat dan selada segar yang sudah iris. 
  • Letakan dada ayam. 
  • Tumpuk dengan bombay, tomat dan selada. 
  • Tutup dengan selembar roti gandum
  • Sandwich dada ayam siap untuk dinikmati.

3. Salmon panggang teflon

Tentu saja semua orang suka dengan ikan, cita rasanya yang lezat dan gurih membuat kamu yang sedang diet tetap merasa nikmat saat menyantapnya. Karena kamu sedang menjalani diet, pastinya untuk mengolah ikan hanya bisa di panggang atau rebus saja. Berikut ini adalah resep ikan panggang lezat yang bisa kamu coba di rumah. 

  • Siapkan ikan salmon segar. 
  • Taburkan garam himalaya, merica dan jeruk nipis
  • Masukan minyak zaitun ke dalam tefon. 
  • Masukan ikan salmon yang sudah ditaburi bumbu dan daun parsley
  • Panggang hingga matang. 
  • Hidangkan dengan kentang rebus. 
  • Salmon panggang siap disantap. 

Itulah beberapa jenis dan resep makanan tinggi protein untuk diet yang bisa kamu coba di rumah. Untuk membeli semua bahannya, kamu bisa membelinya di Astro! Astro merupakan layanan belanja online yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. 

Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Astro di Play Store atau App Store. Lalu, kamu langsung bisa memesan berbagai produk untuk kebutuhan diet kamu. Mudah bukan? Yuk, langsung saja belanja di Astro sekarang juga!

Arie Wahyu
Arie Wahyu