Apakah Oat Milk Bagus Untuk Diet, Ini Jawabannya

Apakah Oat Milk Bagus Untuk Diet, Ini Jawabannya

Susu yang mengandung berbagai manfaat ini tidak kalah baiknya dengan produk susu hewani. Sehingga cocok dikonsumsi untuk para vegan. Susu yang terbuat dari gandum ini memiliki banyak manfaat, salah satu ini menjadi pengganti nutrisi untuk kamu yang pantang atau memiliki masalah saat mengkonsumsi produk hewani. 

Nah, apakah oat milk bagus untuk diet? Dan apa saja manfaat oat milk untuk kesehatan? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Oat Milk untuk Diet

Pada beberapa tahun belakangan ini, salah satu trend paling populer yaitu diet keto. Diet tersebut bukanlah diet rendah lemak tetapi diet untuk berhenti mengkonsumsi karbohidrat dan hanya boleh mengkonsumsi lemak dan protein saja. 

Hal ini tentunya tidak cocok untuk semua orang namun dietnya sudah memperoleh perhatian dan banyak juga orang yang jadi memperhatikan asupan karbohidratnya. Walaupun oat milk bukanlah karbohidrat langsung layaknya gula atau susu, namun tetap saja susu ini memiliki karbohidrat. 

Menurut Vandana Sheth selaku juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics mengungkapkan jika karbohidrat pada oat milk tentunya lebih tinggi daripada susu kacang atau susu sapi lainnya sehingga oat milk kurang bagus untuk seseorang yang sedang menjalani program diet keto. 

Manfaat Oat Milk 

Berdasarkan studi tentang oat dan oat milk, minum oat milk memiliki berbagai manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh kamu. Manfaat tersebut diantaranya yaitu: 

1. Sumber Vitamin B 

Oat milk memiliki berbagai macam vitamin B seperti vitamin B2 dan vitamin B12. Vitamin B bisa membantu memperbaiki perasaan kamu dan mengusir stres oksidatif. Lalu, nutrisi ini juga berguna untuk kesehatan kulit, kuku dan rambut, khususnya untuk kamu yang kekurangan banyak vitamin B. 

2. Membantu Turunkan Kolesterol 

Oat milk sendiri sudah kaya akan beta glucan yaitu zat yang sangat bagus untuk kesehatan jantung. Kandungan tersebut membentuk zat layaknya gel di usus yang mengikat kolesterol serta meminimalisir penyerapannya. Ini bisa membantu untuk turunkan tingkat kolesterol jahat atau LDL yang berhubungan dengan penyakit jantung. 

3. Menjaga Kesehatan Tulang 

Tidak hanya memiliki vitamin B saja, ternyata oat milk juga kaya akan vitamin D dan kalsium didalamnya yang bagus untuk kesehatan tulang. Kandungan dari vitamin B12 yang terdapat pada oat milk ini dianggap bagus untuk turunkan resiko terjadinya osteoporosis. 

4. Mencegah Penyakit Anemia 

Biasanya anemia terjadi dikarenakan tubuh tidak memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan guna sintesis sel darah merah, misalnya vitamin B12 dan zat besi. Satu gelas oat milk mempunyai sekitar 10% zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. 

Digabungkan dengan asupan makanan yang kaya akan zat besi lain, seperti coklat hitam, lentil dan spirulina. Menambahkan satu sampai dua porsi oat milk ke dalam asupan makanan kamu bisa membantu sel darah merah berproduksi secara maksimal dan mencegah kamu terkena penyakit anemia. 

5. Meningkatkan Imun Tubuh 

Rutin mencampurkan oat milk pada makanan kamu bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut tidak lepas dari adanya kandungan vitamin A dan D yang ada di dalam oat milk tersebut. 

Sebuah studi menunjukkan jika vitamin D berhubungan langsung kepada fungsi sel kekebalan. Sementara itu, vitamin A bisa mengubah respon dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk berbagai jenis penyakit yang bisa menular. 

6. Nutrisi pada Oat Milk 

Berdasarkan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), segelas oat milk mempunyai kandungan kalori sebanyak 130. Lalu, oat milk juga memiliki berbagai jenis nutrisi, mulai dari lemak, karbohidrat sampai protein. 

7. Lemak 

Oat milk memang memiliki kandungan sebanyak 2,5 gram lemak. Walaupun demikian, oat milk tidak memiliki lemak trans, lemak jenuh dan asam lemak. 

8. Karbohidrat 

Di dalam secangkir oat milk memiliki jumlah karbohidrat lebih banyak daripada produk susu hewani. Karbohidrat dari serat oat milk ini bisa membantu mengontrol pergerakan makanan di dalam usus, menyerap nutrisi dan mengurangi sembelit. 

9. Protein 

Jika dibandingkan dengan susu kedelai dan susu sapi, kandungan protein yang ada pada oat milk ini memang lebih sedikit. Tetapi, oat milk sangat membantu para vegan yang tidak bisa mengkonsumsi produk hewani seperti susu. 

10. Mikronutrien 

Oat milk memiliki kandungan folat dan thiamin, kedua kandungan tersebut adalah vitamin B yang sangat penting guna memproduksi energi. Lalu, ada pula kandungan mineral seperti magnesium, mangan, seng, tembaga di dalam oat milk. 

Sesudah membaca ulasan di atas tentunya sekarang kamu menjadi tahu jika oat milk kurang cocok untuk seseorang yang sedang menjalani diet keto. Tetapi, untuk kamu yang sedang tidak diet tetap bisa mengkonsumsi oat milk ini sebab kaya akan manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Untuk dapatkan oat milk, kamu bisa membelinya di Astro!

Dengan Astro, kamu dapat berbelanja kebutuhan harianmu dengan mudah, cepat, dan tanpa ribet. Tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam di pasar atau mengantri di kasir. Astro menyediakan berbagai produk segar dan berkualitas yang dapat kamu beli dengan kualitas terbaik dan pengiriman yang cepat.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Astro sekarang juga dan nikmati kemudahan berbelanja bahan makanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Kamu pasti akan puas dengan layanan dan produk yang disediakan Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu